Now Reading:

Menikmati Irlandia di Jantung Jakarta


Irlandia – Kedutaan Besar Irlandia untuk Indonesia menggelar “Ireland’s Eye 2024,” episode ketiga dari serangkaian pameran yang memberikan ruang bagi para seniman Irlandia. Sebagai bukti semakin maraknya dampak seni kontemporer Irlandia di panggung global, pameran ini akan berlangsung di lobi World Trade Centre 2, Jakarta Pusat mulai 18 Maret hingga 12 April 2024 dan buka setiap hari dari pukul 09:00 hingga 18:00.

Digarap oleh ISA Art and Design di Jakarta, pameran ini merupakan sebuah pernyataan atas beraneka ragam ekspresi yang ditunjukkan di dalam pameran. Didukung oleh Kedutaan Besar Irlandia untuk Indonesia dan PT Jakarta Land, acara seni kolaboratif ini dikoordinasi dan dikurasi oleh Mark Joyce, seorang seniman Irlanda yang juga menjabat sebagai dosen. 

Lingkungan Hingga Teknologi

Lima seniman muda berbasis di Irlandia, yaitu Patryk Gizicki, Katerina Gribkoff, Ethan McGarry, Asha Murray, dan Jan O’Connell, mengeksplorasi pertanyaan seputar lingkungan, globalisasi, kesenjangan sosial, dan perubahan teknologi yang cepat. Para seniman muda ini mengeksplorasi gagasan seni visual dengan ‘mata’ kritis dunia di sekitar mereka, menggunakan pendekatan lintas disiplin untuk menciptakan karya yang resonan, dengan kompleksitas masyarakat global yang saling terhubung namun terpolarisasi.

irlandia

Foto: Dok. Traveletc

Seiring dengan Irlandia yang tengah mengalami pergeseran generasi yang pesat, para seniman muda sedang merekonstruksi tradisi budaya dan ekspresi khas pulau tersebut dalam bentuk baru — membawanya kepada audiens internasional melalui musik, tari, seni, sastra, dan film. 

TRENDING:  Laila Gohar, Global Explorer Pertama dari The Luxury Collection yang Fokus pada Kuliner

Evolusi dalam lanskap seni dan budaya ini tidak unik hanya bagi Irlandia, tetapi merupakan bagian dari fenomena global. Negara-negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia, sedang menghadapi perubahan dalam demografi, urbanisasi, kemajuan teknologi, dan sikap budaya yang terus berkembang. 

Para Seniman

Kelima seniman muda ini adalah lulusan baru dari sekolah seni Irlandia termasuk termasuk Universitas Teknologi Dublin www.tud.ie, Sekolah Seni Belfast www.ulster.ac.uk/, Sekolah Seni dan Desain Limerick www.tus.ie , Sekolah Seni dan Desain Nasional www.ncad.ie, dan The Burren College of Art https://www.burrencollege.ie/

TRENDING:  Instaworthy!, ini Mural-Mural Ikonik di Tembok Berlin

Patryk Gizicki berasal dari Polandia dan menghabiskan masa kecilnya di County Mayo, Irlandia. Praktik kekaryaannya difokuskan pada hubungan antara fotografi dan pengalaman pribadi. Ia menggunakan teknik analog dalam proses pembuatan gambar dan warna yang memiliki peran fundamental dalam karyanya.

Katerina Gribkoff memiliki gelar Sarjana Seni Rupa (BFA) dalam bidang Seni Menggambar dari Pratt Institute di New York pada tahun 2017. Penelitiannya bertujuan untuk menemukan cara-cara alternatif dan berkelanjutan dalam membuat dan mencipta sejalan dengan sistem pertumbuhan, dan secara langsung menghubungkan praktik studio-nya dengan taman pewarna dan pigmen di daerah Burren.

Ethan Mc Garry adalah seorang seniman berbasis di Dublin. Praktik seninya berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, mencerminkan kehidupan sosial, ia menciptakan dan menyusun berbagai gambar melalui fotografi yang diperluas dan media digital menjadi gambar bergerak.

Asha Murray lulus dari The Limerick School of Art & Design pada tahun 2023. Ia menciptakan film eksperimental seiring dengan karya tekstil berupa kolase wol yang ditutupi rumbai.

TRENDING:  Destinasi Instagenik Baru di Hong Kong: Hong Kong Palace Museum

Jan O’Connell adalah seorang fotografer yang berbasis di Kota Cork. Pada tahun 2022, ia memutuskan untuk berpindah bersama dengan keluarganya ke wilayah West Kerry yang terpencil di Irlandia. Sebuah langkah yang memungkinkannya untuk sepenuhnya terlibat dalam lanskap yang kuat ini, sambil menyelesaikan gelar Master of Fine Arts dalam fotografi seni rupa di Ulster University.

 

 

POPULAR

Share This Articles
Input your search keywords and press Enter.