Now Reading:

Jimbaran Puri Ajak Pengrajin Lokal Kenalkan Budaya Bali Lebih Dekat


Jimbaran Puri, A Belmond Hotel – Rasanya jadi semakin tak sabar untuk kembali merencanakan liburan ke Bali. Pasalnya, Jimbaran Puri, A Belmond Hotel baru saja mengumumkan program terbarunya dengan kolaborasi bersama para pengrajin lokal untuk memberikan pengalaman otentik buat para tamu yang menginap.

 

Nelayan Restaurant yang Terinspirasi Alam

Rangkaian selebrasi ini ditandai dengan dirampungkannya renovasi Nelayan Restaurant pada September 2022 hasil kerjasama dengan Sanss Studio, Ong Cen Kuang, Kevala Ceramics dan Werdhi Budaya. 

Memasuki areanya, tamu akan disambut dengan karya tangan dari Sanss Studio yang menampilkan dekorasi kain berpola dan linen. Hampir semua aksesoris di ruangan ini dibuat secara manual dengan tangan dan mengambil inspirasi dari alam serta budaya sekitar, seperti melati air, pohon palm, hingga pasir pantai.

Restoran ini juga dirancang sedemikian rupa untuk memanjakan tamunya dengan bunyi syahdu deburan ombak di pesisir, pemandangan eksotis dan cita rasa Bali. Restorannya sendiri dan Puri Bar didominasi oleh warna biru dan cokelat keemasan yang mengambil inspirasi dari suasana pantai. 

jimbaran puri

Nelayan Restaurant (Foto: Dok. Jimbaran Puri)

Didirikan pada 2021, Sanss Studio memperjuangkan pengrajin wanita dari desa-desa sekitar yang mencerminkan inspirasi desain modern dalam karya mereka. Tertarik dengan seni tekstil, Sanss Studio kemudian memproduksi kain berkualitas tinggi yang mewujudkan keindahan budaya Indonesia, khususnya Bali.

TRENDING:  Mengejar Ombak di Mamaka by Ovolo Bali

Nelayan Restaurant juga berkomitmen untuk menggunakan bahan-bahan segar yang diambil dari para nelayan di Teluk Jimbaran dan diolah dengan ragam rempah Indonesia yang kompleks dan kaya rasa. Tentu saja ini semua demi menghadirkan pengalaman gastronomi yang otentik dengan sentuhan modern yang memukau.

Untuk sayuran, buah dan bumbu rempah, restoran ini mengandalkan asupan segar dari para petani di Bedugul serta berkolaborasi dengan penyalur daging lokal pilihan yang memiliki pasokan daging sapi dan unggas cukup berlimpah dan berkualitas.

Restoran ini sendiri tak hanya menawarkan beragam menu pilihan yang diolah dengan konsep keberlanjutan, tapi juga memanjakan tamunya dengan pemandangan dari jantung Pantai Jimbaran. Ramah lingkungan dan ramah bagi mata yang rindu pemandangan pantai!

jimbaran puri

The Beach Spa (Foto: Dok. Jimbaran Puri)

Nuansa Kerajaan Bali

Untuk memperkaya pengalaman bermalam, Jimbaran Puri juga berkolaborasi dengan Werdhi Budaya, sebuah pusat seni yang dikelola oleh keluarga di Bali. Werdhi Budaya berperan besar dalam menciptakan suasana tradisional Bali melalui perlengkapan seperti bantal dan alas tidur dengan tenun ikat.

TRENDING:  7 Jalur Trekking di Bali untuk Lebih Dekat dengan Alam

Menariknya, Werdhi Budaya juga memiliki keterikatan dengan keluarga Kerajaan Klungkung dan memiliki pemahaman yang mendalam tentang budaya yang dianggap sebagai salah satu yang paling dihormati di Bali. Werdhi Budaya menorehkan karya-karyanya secara otentik langsung dari tangan dan ini yang membuat Puri Jimbaran terasa begitu kental dengan tradisi Bali.

Jimbaran Puri juga memastikan secara rinci untuk memberikan sentuhan tradisional termasuk peralatan makan yang dirancang oleh Kevala Ceramics, produsen keramik lokal yang memiliki 100 pengrajin. 

jimbaran puri

Foto: Jimbaran Puri

Komitmen Keberlanjutan

Jimbaran Puri memprioritaskan komitmennya untuk mengembangkan program keberlanjutan untuk berkontribusi pada perlindungan lingkungan melalui berbagai proyek termasuk pengadaan produk lokal, bekerja sama dengan pemasok dan pengrajin lokal untuk meminimalkan jejak karbon, mengembangkan menu keberlanjutan yang dibuat dengan cermat dan kebijakan yang efektif dalam pengelolaan sampah.

jimbaran puri

Foto: Dok. Jimbaran Puri

Tim in-house juga berinovasi dengan eko-enzim, cairan zat organik kompleks yang dihasilkan melalui proses fermentasi organik dan sisa makanan. Dengan program ini, Jimbaran Puri mampu memproduksi kompos organik sendiri untuk pupuk alami dan menjernihkan air tanah, mengurangi penggunaan bahan kimia sambil mengelola sampah organiknya sendiri.

TRENDING:  Selo Group Berpartner dengan Chef Will Meyrick Kembangkan Proyek Real Estate

Jimbaran Puri juga berkolaborasi dengan seniman yang berbasis di Bali untuk membawa pengalaman otentik ke resor, sementara pada saat yang sama memberdayakan dan mendukung industri pengrajin lokal. Melanjutkan dukungan jangka panjang untuk kerajinan Bali, Jimbaran Puri juga mengoptimalkan bahan-bahan lokal seperti bambu, jati dan alang-alang jerami di langit-langit balok tinggi di setiap vila resor.

 

 

POPULAR

Share This Articles