Now Reading:

Kamboja, Kantor Impian Para Digital Nomad


Luput dari hingar-bingar pariwisata yang gemerlap di Asia Tenggara, diam-diam Kamboja berbenah untuk menjadi incara baru para ekspat. Mengandalkan biaya tinggal yang murah, akses visa yang mudah dan kedai kopi yang tumbuh subur, Kamboja kini menjadi agenda baru para digital nomad.

Jangan membandingkan Kamboja kini dengan Kamboja pada 2005 yang hanya menjadi persinggahan turis backpacker yang hanya ingin melihat Angkor Wat di Siem Reap. Era turis berdompet tipis kini sudah berakhir dan kini adalah masa subur buat para pekerja digital nomaden pemburu dolar.


Traveler’s Choice: 7 Untold Story K-Pop yang Jarang Diketahui Publik


Rumah pekerja digital

Phnom Penh diam-diam tak mau ketinggalan dengan primadona Asia Tenggara lainnya, seperti Singapura, Bangkok dan Kuala Lumpur. Infrastruktur dibangun dengan cepat dan fasilitas modern pun ditingkatkan. Sementara negara lain di Asia Tenggara sibuk dengan destinasi prioritas, Kamboja berfokus dengan pekerja digital nomaden yang berpotensi mendatangkan lebih banyak keuntungan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Cambodia Visit (@cambodiavisit) on

Pemerintah setempat menggiatkan pembangunan hunian apartemen dengan fasilitas yang tak kalah dengan dunia Barat namun tetap dengan harga ramah di kantong. Menurut situs pembanding biaya hidup, Expatistan, biaya sewa apartemen studio lengkap dengan perabotan adalah sekitar USD 400. Namun untuk lokasi di pusat kota memang sudah agak sulit ditemukan, jadi harus sedikit melipir ke luar kota.

TRENDING:  Kreatif Ala Fotografer Ivan Mario Saat #DiRumahAja, Begini Caranya

Advertisement


Banyak para pekerja digital nomaden yang juga memilih alternatif flatmates di pusat kota untuk biaya tinggal yang lebih murah. Internet kini telah menjadi tren utama di Kamboja dan ini didukung oleh melimpahnya kedai kopi yang menyediakan internet gratis berkecepatan tinggi.

TRENDING:  Draft Beer 2, Inovasi Baru Bali Hai Indonesia

Editor’s Choice: Bergaya Petualang, ini 10 Tato Inspiratif Bertema Traveling


CoWorking yang menjamur
Layaknya di Jakarta, Phnom Penh juga kebanjiran coworking yang digandrungi ekspat dan anak-anak muda yang memulai usaha rintisan. Impact Hub adalah salah satu coworking yang populer di kota ini dan berfungsi sebagai tempat bekerja bersama, inkubator bisnis dan ruang pertemuan.

TRENDING:  HERE WeGo, Aplikasi Anti Nyasar dari Huawei

Advertisement


 

Facebook Comments

POPULAR

Share This Articles