Now Reading:

KAUM Jakarta Punya Menu Baru dari Siak, Riau

Nama Siak mungkin terdengar asing bahkan di telinga para pejalan Indonesia sendiri. Kabupaten yang berada di Provinsi Riau ini bisa ditempuh dari Pekanbaru, ibukota Riau dalam dua jam perjalanan. Selain mengandalkan keindahan alam dan sejarahnya yang kental dengan budaya Melayu, Siak ternyata juga punya banyak resep warisan leluhur yang belum dikenal para foodie di Indonesia.

KAUM Jakarta belum lama ini melakukan perjalanan kuliner ke Siak untuk menemukan menu-menu langka dan ide baru dalam meracik hidangan. “Saya terkejut ternyata Siak sangat bersih dan rapih. Kulinernya pun kaya. Mereka banyak menggunakan ikan air tawar dan ikan laut sebagai bahan dasarnya,” papar Lisa Virgiano, Brand Director KAUM Jakarta pada sesi jumpa media, Rabu (27/11-2019)

Didominasi Ikan

Ada beberapa menu khas Siak yang diperkenalkan dan bahkan telah resmi menjadi menu utama di KAUM Jakarta. Sup Ikan Senapelan, Cakalang Asap Sambal Balacan yang diramu dengan terasi Bengkalis, Ikan Salai Juaro dan Ayam Masak Kurma.

Bila menggandrungi tomyum, Sup Ikan Senapelan sepintas penampilannya mirip dengan makanan khas Thailand tersebut. Namun Sup Ikan Senapelan lebih memiliki rasa yang kaya berkat ramuan beberapa rempah. Tak hanya ikan, sup ini juga berisi otak-otak dan udang.

Keunggulan rasa ini juga bisa ditemukan pada Ayam Masak Kurma yang juga diluki “Opornya orang Sumatera Timur”. Namun berbeda dengan racikan opor, Ayam Masak Kurma mengandalkan cengkeh, kapulaga putih dan kulit kayu kasia sebagai campuran pembuat kuah kentalnya. Tentu saja ini menimbulkan sensasi rasa yang lebih kaya.


Minuman khas Siak. Foto: KAUM Jakarta


Ikan tak hanya mendominasi menu makanan, namun juga disisipkan pada minuman yang diracik Pius Ebang, Bar Manager KAUM Jakarta. Dibuat dengan teliti dan hati-hati, Pius menerjemahkan kekayaan gastronomi Siak dengan dua minumannya yaitu Salam lestari dan Kunyit Bejanggo.

Untuk pilihan koktail, Pius meracik Basamo Juaro yaitu koktail berbasis gin yang dicampur dengan Martini Bianco, daun pohpohan, bumbu rujak, jeruk nipis dan jeruk purut. Perpaduan unik ini masih ditambah Pius dengan menyandingkan ikan asin yang dibungkus daun pohpohan dan bumbu rujak.

Sajian kuliner Siak ini sudah tersedia dan bisa dipesan sejak pertengahan November 2019.

Facebook Comments
Share This Articles