Now Reading:

Wajib Tahu! 8 Hal Penting Sebelum Naik Kereta di Jepang

Jepang dikenal dengan moda transportasi masalnya yang lengkap di semua rute, terintegrasi, modern dan tepat waktu. Menembus kemacetan dan memburu waktu akan sangat mudah bila menggunakan kereta di Jepang. Selain menyediakan banyak rute, transportasi ini juga dijamin tepat waktu. Namun sebelum beranjak ke stasiun ada baiknya memperhatikan hal berikut agar naik kereta di Jepang makin nyaman dan tak mengganggu orang sekitar.


Traveler’s Choice:
5 Tempat Romantis di Jepang Untuk Libur Bareng Pasangan
5 Gerai Busana ini Cuma Ada di Jepang


Tertib Mengantre
Bagi yang sudah pernah atau sering menggunakan transportasi MRT Jakarta, kira-kira seperti itulah budaya mengantre yang berlaku di Jepang. Antre kereta tidak langsung di depan pintu gerbong, tapi di dua area terpisah yang ada di samping kereta dan mengutamakan penumpang yang keluar. Tenang! Kereta berhenti dengan waktu yang sudah diperhitungkan dan Anda tak bakal ketinggalan kereta dengan mengantre tertib.

 

Jangan Berisik
Bila di dalam gerbong, jangan bicara dengan nada tinggi atau tertawa kencang-kencang. Orang Jepang sangat terganggu bila ada mengobrol dengan suara keras di dalam kereta. Mengumbar topik pembicaraan pribadi di tempat umum bukanlah hal yang sopan di Jepang.



 

Jangan Bicara di Telepon
Percaya atau tidak, adalah hal yang tak sopan bila berbicara di telepon seluler saat berada di dalam kereta. Bahkan ketika telepon berdering pun ada baiknya untuk tidak menjawab panggilan, Jangan lupa untuk menyetel telepon dengan mode silent agar deringnya tak mengganggu orang lain.

View this post on Instagram

A post shared by TOKYO.IG (@tokyo.ig) on

Jangan Egois Saat Duduk
Rata-rata kereta di Jepang memiliki deretan kursi yang mampu menampung tujuh hingga delapan orang. Karena tergolong sempit, harap perhatikan posisi duduk. Jangan sampai posisi duduk menghalangi orang lain, membuka kaki terlalu lebar atau meletakkan tas di kursi samping dan berlagak ketiduran. Selain orang lain juga butuh duduk, tentunya Anda akan dianggap egois.


Editor’s Choice:
Usai Keliling Tokyo, Jangan Lupa Segarkan Diri di Tempat-Tempat Onsen ini
7 Tempat Wajib Kunjung di Jepang Rekomendasi Warga Lokal


Hati-Hati Bila Bawa Tas Besar Saat Jam Sibuk
Di kota-kota besar seperti Tokyo dan Osaka, berhati-hatilah pada jam sibuk yaitu jam 07:00 hingga 09:00 dan jam 17:00 hingga 19:30. Pada jam tersebut biasanya penumpang kereta jumlahnya meningkat 200 persen dan menjadi sangat padat. Bila harus membawa ransel besar, posisikan di depan karena akan menghalangi orang lain bila berada di punggung. Bila membawa koper, hindari bepergian menggunakan kereta pada jam-jam tersebut.



 

Jangan Makan dan Minum di Kereta
Di Jepang peraturan makan dan minum ini sangat ketat. Penumpang diizinkan makan dan minum hanya di kereta Shinkansen dan tidak di kereta lainnya. Mengudap makanan atau minum di dalam gerbong dianggap sebagai sesuatu yang melanggar sopan santun dan budaya setempat.

 

Jangan Main HP Saat Sedang Berjalan
Ini terdengar klasik, namun warga Jepang menaruh perhatian amat serius dengan isu ini mengingat sudah beberapa kali terjadi musibah akibat orang yang berjalan sambil meihat telepon seluler di stasiun. Menggunakan telepon seluler sebenarnya diizinkan di stasiun, namun jangan menggunakannya saat berjalan apalagi berjalan di peron.

View this post on Instagram

A post shared by TOKYO.IG (@tokyo.ig) on

Waspada Saat Ramai
Meskipun Jepang diklaim sebagai salah satu negeri paling aman di dunia, namun ada baiknya untuk selalu hati-hati di tempat ramai seperti stasiun dan gerbong kereta. Warga setempat malah merekomendasikan agar selalu membawa ransel di posisi depan saat stasiun dan kereta sedang ramai.



Facebook Comments
Share This Articles