Now Reading:

Berkenalan dengan Kuliner Basque di Txoko Jakarta

Chef Oskar Urzelai mungkin menjadi salah satu pelopor yang mempopulerkan masakan Basque di Jakarta. Melalui restoran besutannya, Txoko (baca: Cho-Ko), di kawasan Senopati, Jakarta, Chef Oskar tak hanya menawarkan masakan kampung halamannya, tapi juga suasana hangat khas Mediterania.

Memasuki area makannya, pengunjung disambut dengan perpaduan warna putih cerah dan biru teduh yang diselingi dengan motif Mediterania klasik di beberapa ubin. Selain dapur yang berkonsep terbuka di sisi kiri, pengunjung juga dihibur dengan mural berwarna cerah di sisi kanan. Sekilas, interiornya mewakili makna kata ‘Txoko’ itu sendiri yang dalam literatur Basque berarti ‘sudut yang nyaman’.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Txoko Jakarta (@txokojakarta) on

Txoko Jakarta menyediakan dua lantai untuk menampung tamu-tamunya yang penasaran dengan racikan Chef Oskar. Lantai dasar mampu menampung 40 orang, sedangkan lantai dua mampu menampung 67 orang termasuk ruang pertemuan privat yang bisa memuat hingga 18 orang dan dilengkapi dengan televisi dengan koneksi HDMI.

 

Kreasi Chef Oskar

Chef Oskar tak cuma lihai meramu resepnya, tapi juga perihal presentasi dan inspirasi meski ia mengaku tak ada inspirasi khusus dalam masakannya. “Semuanya mengalir begitu saja saat bekerja di dapur,” tegasnya.

Vegetarian Red Carpaccio menjadi hidangan pembuka. Dengan tampilan yang fotogenik, sajian ini mampu mengecoh dan membuat penasaran para foodie. Pasalnya, banyak yang menduga bahwa tomat atau daging sapi adalah bahan utamanya, padahal daging buah semangka yang dilembutkan.

Begitu juga dengan Beef Striploin Salad with Popcorn and Black Sesame Dressing. Sepertinya Chef Oskar tak ingin menghidangkan salad dengan tampilan standar, sehingga ia menaburinya dengan popcorn yang memperkaya tekstur menu.

Grilled octopus with Boletus Cream

Chef Oskar juga bermain-main dengan kenangan di masa kecilnya saat menghidangkan Granma’s Recipe Basque Seafood Soup yang tampil sederhana namun meninggalkan jejak rasa hidangan laut yang cukup tajam di mulut.

Apresiasi kami tertuju pada Marinated Salmon with Avocado Foam and Mustard Ice Cream yang selain fotogenik, juga membuat kami harus bereksperimen dengan salmon yang lembut dan es krim mustard yang diolah dengan aroma wasabi dalam satu suapan.

Soal rasa, Grilled Octopus with Boletus Cream menawarkan irisan daging gurita yang padat namun lembut dan saus jamur yang digiling halus. Nyaris tak meninggalkan rasa hidangan laut yang tajam. Kami juga menyarankan Black Rossejas Seafood with Alioli Sauce. Menu ini berupa mi tipis dengan saus hitam yang disajikan dengan potongan cumi, udang dan ikan. Buat yang suka hidangan laut, ini adalah menu pamungkas sekaligus idola.

 

Kekayaan Kuliner Basque

Basque sendiri adalah sebuah otorita di perbatasan Spanyol dan Prancis. Disebut juga sebagai Negara Basque, negeri mungil ini punya tradisi untuk menjunjung tinggi kuliner mereka sehingga kreativitas warganya dalam mengolah makanan menjadi salah satu ciri warga Basque.

Itu sebabnya Basque memiliki 16 restoran berbintang Michelin yang tersebar di kota-kota eksotisnya yang sebagian besar ada di kawasan pesisir, Berkat keuntungan geografis dan perpaduan budaya yang kaya, Basque populer dengan kekayaan gastronominya dan itulah yang ingin dikenalkan Chef Oskar Urzelai di Jakarta.

Txoko Jakarta berlokasi di Jl. Suryo No. 6, Jakarta Selatan. Untuk reservasi bisa menghubungi +6221 2708 2215 atau Whatsapp +62815 1106 8587. Buka dari Senin sampai Sabtu pukul 08:00 hingga 00:00 dan Minggu pukul 11:00 hingga 17:00.

Facebook Comments
Share This Articles