Now Reading:

5 Fakta Menarik Tata Krama Makan di Korea Selatan


Gastronomi Korea punya sederet tata krama. Layaknya bersantap di Asia, di Korea Selatan ada pakem-pakem yang harus ditaati atau setidaknya dipahami agar petualangan gastronomi tetap terasa nyaman.  Sepintas, makanan Korea terlihat mirip dengan Jepang. Tapi ada perbedaan mendasar yang harus dimengerti.


Traveler’s Choice: 7 Mitos Unik yang Masih Dipercaya Warga Korea Selatan


Menghormati orang tua
Bila menghadiri jamuan makan malam, orang tua atau yang punya jabatan tinggi adalah sosok yang penting. Orang yang berusia paling muda duduk dekat pintu dan orang tua duduk di tempat yang paling jauh dari pintu. Jagalah kecepatan makan, jangan makan terlalu lambat dan biarkan orang yang lebih tua memulai makan lebih dulu. Jangan meninggalkan meja makan sebelum orang tua meninggalkannya.

TRENDING:  Trendi dengan Harga Terjangkau, ini 10 Hostel Nyaman di Korea Selatan

Advertisement


Fungsi peralatan makan
Meskipun sama-sama menggunakan sumpit seperti di Jepang dan China, namun orang Korea juga masih mewajibkan sendok dalam set makannya. Sendok digunakan untuk nasi dan sup, sementara sumpit untuk yang lainnya. Menggunakan sendok dan sumpit bersamaan dianggap tidak sopan, apalagi makan dengan tangan langsung. Ini hal terlarang! Jangan meletakkan sumpit di atas makanan atau nasi karena selain tidak sopan juga dianggap bawa sial. Letakkan sumpit di sisi piring saat tidak digunakan selama makan.


Editor’s Choice: 7 Lokasi Wajib Kunjung di Korea Buat Fans Drakor


Jangan mengangkat piring atau mangkuk
Biasanya saat makan disediakan mangkuk kosong yang berfungsi untuk meletakkan semua makanan sebelum dimakan. Mangkuk harus terus berada di meja dan sangat tidak sopan mengangkat mangkuk atau piring untuk mendekatkan makanan ke mulut. Jauh lebih sopan bila mulutlah yang menghampiri makanan dengan cara sedikit membungkuk.

TRENDING:  Menu Baru SHIN the Korean Grill Jakarta

Advertisement


Minuman di sebelah harus penuh
Mungkin ini salah satu empati sederhana yang dilakukan orang Korea dalam kehidupan sehari-hari. Saat makan, minuman orang di sebelah harus dipastikan penuh. Jangan khawatirkan minuman kita sendiri karena orang di sebelah juga pasti akan memastikan minuman kita penuh.


Traveler’s Choice: Dulu Sepi, 5 Jalanan ini Sekarang Jadi Incaran Turis di Korea 


Jangan sebarkan kuman
Bila hendak batuk atau bersin, palingkan wajah dari meja makan. Dan bila ingin membuang lendir hidung, pergilah ke toilet dulu. Kunyahlah makanan dengan mulut tertutup dan jangan membuat suara saat sedang mengunyah karena dianggap sebagai perilaku buruk.

TRENDING:  7 Mitos Unik yang Masih Dipercaya Warga Korea Selatan

 

Gambar utama oleh Chanwit Voraakan dari Pixabay

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles