Now Reading:

Melepas Rindu di Ubud Food Festival 2022


Ubud Food Festival (UFF) akhirnya kembali digelar secara offline setelah sempat tampil online selama pandemi. Berlangsung pada 24 hingga 26 Juni 2022, UFF akan menampilkan rangkaian acara khasnya, seperti demonstrasi memasak, berbagai acara dengan hidangan spesial yang disiapkan oleh chef-chef ternama, sesi diskusi tentang kuliner Indonesia hingga keberlanjutannya, serta lokakarya, food tours, pasar makanan, live music dan pemutaran film.

“Selama festival, kami akan meramaikan tiga hari festival dengan lebih dari 70 program acara, menjadikan Ubud sebagai pusat dan tujuan kuliner di Indonesia. Kami sudah tidak sabar lagi,” tegas pendiri dan direktur UFF Janet DeNeefe saat sesi jumpa media di Jakarta pada Selasa, 21 Juni 2022.

Janet juga menjelaskan bahwa tak ada sesi khusus untuk membahas soal pandemi, namun ia memastikan bahwa UFF kali ini adalah ajang pelepas rindu para foodies yang sudah rindu bertualang kuliner di festival. “Tidak ada sesi khusus terkait pandemi, namun kali ini kami sediakan ruang yang lebih luas untuk menikmati kuliner,” terangnya.

Foto: Ubud Food Festival


Makanan Indonesia Jadi Bintang

Deretan nama bintang kuliner dan chef dari Indonesia yaitu Fernando Sindu dari Cork and Screw Jakarta, chef Ray Adriansyah dan chef Mac Gyver dari AKAR Restaurant & Bar akan bergabung dalam sebuah makan malam spesial yang terinspirasi dari petualangan kuliner Nusantara.

TRENDING:  Warna Baru di Uni Restaurant & Bar Bali

Untuk makan siang spesial, pelopor masakan Indonesia modern, Chef Petty Elliott, akan menyajikan makanan khas yang menampilkan bahan-bahan unik, resep yang terlupakan, dan rempah-rempah khas Indonesia dalam perayaan hidangan tradisional Indonesia yang dikumpulkan dari relief Borobudur.

Foto: Ubud Food Festival


Pengunjung festival juga akan berkesempatan untuk bertemu dengan chef muda Indonesia di Suku, bersama Vivi Millian dari Riung Rasa, Parti Gastronomi dari Bandung dengan ketekunannya terhadap warisan kuliner melalui bahan-bahan fermentasi asli dan kearifan dapur tradisional yang dikumpulkan dari perjalanan mereka bertemu masyarakat desa.

TRENDING:  Chef Matt White Si Pemburu Pizza

Pemutaran fim juga menjadi salah satu program festival, salah satunya film Lingsir Wengi dari sutradara Indonesia, Hanung Bramantyo. Film ini melibatkan para chef, musisi, penari dan desainer ternama dimana mereka mempunyai hubungan erat dengan kearifan lokal yang terkandung pada relief Borobudur dan disatukan dalam tampilan yang apik.

Foto: Ubud Food Festival


Perjalanan Kuliner Dunia

Para pecinta makanan Meksiko tidak akan mau melewatkan meet-and-eat dengan chef Meksiko terkenal Diana Baltran dan Tamara Chevez, yang akan membawa pengunjung menuju penjelajahan rasa kelezatan Latino.

Pemenang ‘Top Chef’ dan veteran dari dapur Michelin-starred di Los Angeles, Nyesha Arrington bergabung dengan jejeran bintang UFF tahun ini. Chef dan TV personality ini akan menghadirkan empat menu plant-based unik dengan sentuhan klasik Prancis, dikombinasikan dengan latar belakang darah Korea dan Afrika-Amerikanya, yang berakar pada kecintannya dengan masakan California, disajikan dalam sebuah Special Event di Five Elements.

TRENDING:  Chef Tantra: Mau Sehat? Beralih ke Plant-Based Food

 

POPULAR

Share This Articles