Now Reading:

Membedah Surga Kuliner Yau Ma Tei Bersama Chef Vicky Lau


Dikenal dengan perpaduan hidangan Cina-Prancis dan menjembatani masakan tradisional dengan modern, pemilik sekaligus koki dari restoran berbintang Michelin, Tate Dining Room, Vicky Lau dianggap sebagai ikon dalam dunia kuliner Hong Kong. Tate Dining Room sendiri populer dengan konsistensinya menyajikan makanan warisan budaya Hong Kong dengan presentasi kreatif.

Bila merindukan keriuhan suasana Hong Kong yang dipadukan dengan kuliner khasnya yang autentik, nisa menyimak seri video Hong Kong Chef’s Playbook yang dirilis oleh Hong Kong Tourism Board (HKTB) bersama Michelin dan bisa disaksikan di akun Facebook @DiscoverHongKong dan @MichelinGuideWorldwide mulai 21 September 2021.


Chef Vicky Lau (kiri) menemukan inspirasi di Yau Ma Tei. (Foto: HKTB)


Surga Para Chef

Dalam episode ini, Lau bersama dengan pembawa acara, Debbie Wong, membedah kawasan Yau Ma Tei, distrik bersejarah yang ramai di pusat West Kowloon. Tempat ini sangat sempurna untuk dijelajahi oleh setiap koki yang berjiwa petualang untuk menemukan tempat tersembunyi sebagai pusat bagi para koki dan restoran di Yau Ma Tei.

TRENDING:  Ketika 4 Chef Michelin Berbagi Petualangan di Hong Kong Chef's Playbook

Dijuluki sebagai surga para juru masak, Shanghai Street di Yau Ma Tei dipadati dengan toko-toko yang penuh dengan panci, wajan, dan hampir semua yang mungkin dibutuhkan di dapur. Terkenal dengan kualitas dan harga yang terjangkau, sepanjang jalan ini merupakan surga bagi siapa saja yang suka memasak.

Menyusuri jalan ini, pengunjung akan menemukan toko-toko legendaris yang menjual peralatan untuk berbagai jenis makanan, mulai dari kayu hingga stainless steel. Jenis peralatannya pun beragam, mulai dari pembuat adonan, blender, pengaduk, penggorengan, dan mesin lain untuk segala kebutuhan dapur.

Man Kee Chopping Board adalah tujuan utama setiap koki dalam perjalanan ke Shanghai Street. Tempat ini telah berdiri selama lebih dari setengah abad untuk menawarkan talenan berkualitas yang dibuat secara khusus menggunakan berbagai jenis kayu. Menurut Mike Au, pemiliknya, talenan kayu sudah tidak sepopuler dulu. Itu sebabnya tempat ini merupakan surga tersembunyi bagi para foodie yang hobi masak.

TRENDING:  FriendsWithYou Hibur Warga Hong Kong dengan Karakter Lucu

Man Kee Choping Board, toko yang menjual peralatan masak dari kayu. (Foto: HKTB)

Belanja Buah di Masa Lalu

Hanya selang beberapa menit berjalan kaki dari Shanghai Street, terdapat Pasar Buah Yau Ma Tei. Didirikan pada tahun 1913, pasar ini diakui sebagai Bangunan Bersejarah Tingkat II pada 2009. Meskipun telah melalui banyak penambahan dan renovasi, bangunan tersebut masih mempertahankan bentuk aslinya dari masa lalu. Satu hal yang sangat disukai Vicky Lau, bangunan klasik yang seolah membawanya ke masa lalu.

Pasar Yau Ma Tei paling sibuk pada dini hari ketika buah-buahan keluar masuk pasar untuk pengiriman dan jelas tempat ini merupakan tempat terbaik bagi koki seperti Lau untuk menemukan inspirasi masakannya. Setelah perjalanan ke pasar, Chef Vicky merekomendasikan  tempat favoritnya untuk membeli nasi yang dimasak dengan pot gerabah (clay pot) dan restoran ini adalah restoran yang selalu dia rekomendasikan ke teman-temannya yang berkunjung ke Hong Kong.

TRENDING:  Rahasia Kuliner Chef Danny Yip, Pemilik "The Chairman", Hong Kong

Terletak di Temple Street, restoran Hing Kee Claypot Rice memiliki lebih dari 60 variasi hidangan dengan cita rasa khas penuh kehangatan selama lebih dari 40 tahun.


Pasar Buah Yau Ma Tei (Foto: HKTB)


Setiap koki pasti memiliki rahasia mereka sendiri untuk membuat hidangan terbaiknya. Menggunakan bahan-bahan istimewa yang tersedia dari pasar lokal hingga pisau yang dibuat oleh pengrajin paling berbakat, perjalanan hidangan yang disajikan untuk seseorang dimulai dari perencanaan konsep di kepala para chef hingga tersaji di atas meja merupakan perjalanan yang panjang dan namun terasa hangat.

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles