Now Reading:

Mencerahkan Diri di Rupadhatu, Amanjiwo


Amanjiwo kali ini mengajak tamunya untuk menikmati seni sembari bermalam di resor mewah di kawasan Borobudur ini. Terinspirasi dari kebesaran nama Candi Borobudur sendiri, pameran seni bernama Rupadhatu akan digelar pada 3 Juli hingga 3 September 2021.

Rupadhatu yang diambil dari literatur Sansekerta diartikan sebagai “bentuk semesta” yang menggambarkan kehidupan manusia yang sudah terbebas dari nafsu dunia namun masih terikat dengan bentuk fisik atau rupa.

Rupadhatu Art Exhebition

Candi Borobudur, monumen Buddha terbesar di dunia, dilambangkan dengan tiga tingkat kehidupan manusia. Salah satu tingkatannya adalah Rupadhatu, yang artinya alam transisi dimana individu dibebaskan dari masalah kehidupan sehari-hari.  Tingkat Rupadhatu berada di tengah monumen dan berisi 1.212 dekorasi simbolik serta 1.300 relief cerita. Tingkat ini melambangkan alam antara alam bawah dan alam atas.


Amanjiwo. (Foto: Amanjiwo)


Amanjiwo juga menghadirkan dua seniman lokal untuk mengkurasi pameran ini, yaitu Wawan Geni dan Yasumi Iishi. Penafsiran karya seni ini dipengaruhi oleh pandemi saat ini untuk menciptakan emosi baru dalam memaknai hidup dan kesadaran akan keberadaan banyak dunia dalam kehidupan ini.

Wawan Geni adalah salah satu pelukis Indonesia dan karya-karyanya yang unik telah mendapat perhatian media global. Dengan menggunakan rokok yang dibakar dan obat nyamuk sebagai medianya, Geni telah menghasilkan berbagai lukisan yang indah dengan budaya Jawa sebagai sumber inspirasi, yaitu mulai dari kehidupan pedesaan hingga Candi Borobudur yang megah, dan pemandangan sekitarnya.

Lahir di Jepang, Yasumi Ishii telah tinggal di Indonesia selama 26 tahun. Tinggal di dekat Candi Borobudur, Ishii mengambil inspirasi dari latar belakang multikulturalnya. Proses budaya yang dialaminya sepanjang hidupnya diekspresikan melalui penggunaan benda dan warna tradisional antara Jepang dan Indonesia.

Untuk informasi dan reservasi, bisa melalui email amanjiwo@aman.com atau telepon +62 361 846 8585.

Facebook Comments Box

POPULAR

TRENDING:  Menari #DiRumahAja Bareng Galeri Indonesia Kaya
Share This Articles