Now Reading:

Menikmati Kuliner Peranakan di Singapura, ini Tempatnya


Salah satu kekayaan kuliner Singapura adalah hidangan Peranakan yang tetap lestari dan terjaga antar generasi. Katong, adalah lokasi yang harus diagendakan bila ingin mengenal lebih jauh sensasi rasa dari menu-menu Peranakan ini. Beberapa makanan dan tempat makan yang harus disinggahi adalah:

Laksa

Laksa dari Katong merupakan makanan yang mewakili Singapura dan membedakannya dari jenis laksa dari negara lain. Laksa katong  terkenal akan sajian mi putih dari tepung beras dengan kuah kaldu udang yang memiliki rasa gurih dan pedas yang segar. Biasanya, laksa katong disajikan dengan kerang dan fish cake atau dikenal sebagai otak-otak di Indonesia. Ciri khas lain dari laksa katong adalah isiannya berukuran sekali gigit, jadi dapat dimakan dengan mudah tanpa  bantuan sumpit untuk makan laksa.

Ada dua kedai laksa legendaris di area Katong yang sama-sama menyajikan rasa laksa autentik, yaitu 328 Katong Laksa dan Kedai Janggut Laksa.

328 Katong Laksa
Alamat: 328 Katong Laksa: 51 East Coast Road, Singapura 428770
Telepon: +65 8754 6847

Kedai Janggut Laksa
Alamat: Queensway, #01-59 1, Singapore 149053
Telepon: +65 9669 6010

laksa peranakan singapura

Foto: Singapore Tourism Board


Kueh Peranakan

Jangan lupa untuk mencicipi kueh Peranakan di Katong. Camilan klasik ini cocok untuk sarapan atau minum teh sore. Kueh juga menjadi salah satu ciri khas budaya makanan Peranakan di Singapura, karena banyak resepnya yang tetap bertahan antar generasi.

TRENDING:  5 Gerai di Singapura Buat Pecinta Gaya Vintage

Rekomendasi kueh Peranakan yang bisa dicoba di Katong seperti Ang Ku Kueh. Kue berbentuk cangkang kura-kura ini terbuat dari bahan tepung beras ketan yang kenyal dan isian kacang hijau yang dihaluskan. Bentuk Ang Ku Kueh yang unik, dipercaya merupakan lambang kemakmuran.

Ada juga Sugee Cake yang merupakan kue bolu almond yang dilapisi gula icing di atasnya. Camilan ini merupakan kue khas komunitas Eurasian, yang mendapatkan pengaruh kue Eropa. Inovasi kueh Peranakan dengan bahan premium seperti durian juga populer di Singapura. Kueh salat yaitu kue dengan lapisan ketan, krim pandan, dan kelapa kini juga dibuat versi durian. Kueh lapis, pineapple tart (nastar), dan mooncake (kue bulan), juga dikreasikan dengan isian durian di Singapura.

Makan kueh Peranakan di Rumah KimChoo (Foto: Dok. Kimchoo)


Micro Bakery & Kitchen Red House

Dari penampakan bangunan, kafe ini terlihat begitu menarik berkat bangunan klasiknya yang berwarna merah gelap.  Restoran dan toko roti ini pertama kali buka sejak 1960-an. Gedung sempat beberapa kali berubah kepemilikan dan fungsi. Namun, pemilik terbaru mengembalikan fungsi gedung menjadi restoran dan toko roti. Spesialiasi Micro Bakery & Kitchen Red House adalah roti swiss roll.

Saat ini, menu kafe semakin beragam, dengan aneka roti klasik seperti sourdough, tartine, sandwich, dan brownies. Roti di sini dibuat dalam jumlah sedikit untuk menjaga kesegaran dan kenikmatan rasa.

TRENDING:  6 Cara Merayakan Budaya di Little India, Singapura

Alamat: 63 East Coast Road #01-06 Singapore 428776
Telepon: +65 8339 4133
Website: https://www.microbakerykitchen.com/

Foto: Singapore Tourism Board


Old Bibik’s Peranakan Kitchen

Salah satu restoran dengan konsep yang unik, yaitu makanan Peranakan klasik halal. Kamu bisa mencoba makanan ala Nyonya seperti chincalok omelette, telur dadar dengan campuran fermentasi udang. Ada juga jiuhuchar atau lobak iris dengan juhi dan selada dan ayam pongteh, yaitu ayam yang dimasak dengan pasta kedelai, kentang, dan jamur.

TRENDING:  Super Mewah! 4 Fitur Baru yang Disiapkan Singapore Airlines di Bandara Changi

Alamat: 328 Joo Chiat Road, #01-02, Singapura 427585
Telepon: +65 8450 7996
Website: www.oldbibik.com

Jiuhuchar di Old Bibik’s Peranakan Kitchen (Foto: Dok. Old Bibik’s)


Mr and Mrs Mohgan’s Super Crispy Prata

Toko prata legendaris ini terkenal akan pelanggan setia yang rela antre panjang. Saat akhir pekan lama antrean untuk mendapatkan roti prata renyah ini bisa sampai 45 menit. Mr Moghan sang pemilik, belajar membuat prata sejak usianya 12 tahun dan hingga kini masih tetap konsisten menjalankan keahliannya meracik prata yang lezat.

Alamat: 300 Joo Chiat Road, Singapore 427551
Telepon: +65 9794 3124

Foto: Singapore Tourism Board

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles