Now Reading:

Menikmati Seni Virtual di Art Moments Jakarta


Pertama kali diluncurkan pada 2019, Art Moments Jakarta akan hadir kembali secara daring dan luring pada 22 November hingga 21 Desember 2021 di artmomentsjakarta.com serta di tiga galeri seni di Jakarta. Kembali mengusung nama Art Moments Jakarta Online (AMJO), Art Moments Jakarta berharap untuk mengulang kesuksesan acara daring AMJO yang sempat terlaksana pada 1-30 Juni 2021. Pada jilid pertama tersebut, AMJO berhasil menggaet 65 galeri dengan jumlah pengunjung daring hampir 50,000 kunjungan yang terdiri dari berbagai negara selain Indonesia, seperti Singapura, Filipina, Taiwan, Korea Selatan, Swiss, Italia, Republik Rakyat Tiongkok serta masih banyak lagi.

AMJO2 yang mengusung filosofi Art Moments Jakarta yaitu “Yesterday since Tomorrow is Today” memberikan beragam tambahan acara menarik dibandingkan dengan acaranya yang pertama. Pada jilid keduanya, pagelaran seni ini mengadakan NFT Art Prized Moments menggunakan blockchain Tezos yang ramah lingkungan. Kegiatan ini merupakan kompetisi karya seni NFT berskala nasional pertama di Indonesia dengan hadiah uang tunai sejumlah Rp 30.000.000.

AMJO2 juga akan menggandeng Jakarta Biennale dalam acara penggalangan dana yang menampilkan karya para peserta UOB Painting of The Year Indonesia 2021 secara luring dan daring. Dalam kesempatan ini, pengunjung dapat membeli karya seni di mana hasilnya akan disumbangkan kepada Yayasan Jakarta Biennale yang dikelola oleh Dewan Kesenian Jakarta.

Dari Galeri ke Galeri

Selain menggelar pameran secara daring, AMJO2 juga merancang beragam acara luring bertajuk Encounter Moments yang dilaksanakan di tiga galeri ternama di Jakarta, yaitu:

TRENDING:  Menikmati Sesi Lembut Guinness di Smooth Session Collaboration

Art:1 New Museum, 19-21 November 2021

AMJO2 melakukan kolaborasi dengan MISSAO Corporation untuk melahirkan program bersama tentang seluk-beluk layanan penanganan karya seni, mulai dari tata cara penyimpanan, perawatan, pengiriman, hingga cara pengepakan karya seni berharga secara benar. MISSAO Corporation sendiri merupakan konsultan bisnis seni dan budaya yang berasal dari Tokyo, Jepang. Karya seni dari UOB Painting of The Year Indonesia 2021 juga akan ditampilkan bersama lebih dari 100 karya seni di Art:1 New Museum, Kemayoran.

ISA Art & Design Gallery, 10 -12 December 2021

Sebuah acara seni yang berlokasi di Wisma 46, Kota BNI di Jl. Jendral Sudirman yang menampilkan karya seni oleh Alexander Sebastianus dan Mira Hoeng serta art-print dari Mira Hoeng dan Chang Jui Pin. BCA memberikan fasilitas payment link dan cicilan 0% sampai dengan batas waktu 12 bulan, khusus untuk pemegang kartu kredit BCA. Dalam kesempatan ini juga akan diumumkan para pemenang dari NFT Art Prized Moments yang telah diluncurkan pada tanggal 30 Oktober 2021 yang juga 10 karya terbaik akan ditampilkan di ISA Art & Design.

TRENDING:  Tampil Beda, Ini Keunggulan Mercure Jakarta Batavia

Galeri Zen1 dan D Gallerie

Pada kesempatan luring yang lain, Art Moments Jakarta bekerja sama dengan Galeri Zen1 dan D Gallerie menggelar acara tribut bersama untuk perupa kontemporer asal Bali, I Made Wianta. Pameran di D Gallerie ini hanya menampilkan karya-karya spesial dari mendiang I Made Wianta yang belum pernah dipamerkan secara fisik dengan tajuk The Hidden Wild Triangle. Terbagi menjadi dua sesi, tanggal 16-19 November 2021 khusus didedikasikan untuk nasabah Bank Central Asia terpilih serta 20-30 November 2021 untuk publik.

Sementara itu AMJO2 juga akan menggelar pameran secara virtual bertajuk “Collectors’ Curated Moments” yang diprakarsai oleh sejumlah kolektor seni muda dimulai tanggal 23 November 2021. Acara tersebut bertujuan untuk mempererat hubungan antara galeri, kolektor, dan seniman. Beberapa galeri yang tergabung dalam program ini adalah Artsphere (Jakarta), ISA Art and Design (Jakarta), Museum of Toys (Jakarta), dan Galeri Zen 1 (Denpasar).

TRENDING:  Art Moments Jakarta, Kini Makin Milenial

“Pagelaran AMJO1 Juni silam menuai sukses dan kini kami hadir kembali dengan menambahkan sejumlah acara luring dan NFT Art Prized Moments untuk mendukung para seniman digital,” ujar Leo Silitonga, Fair Director Art Moments Jakarta Online dalam sesi jumpa media secara virtual. Leo menambahkan, kehadiran pameran kali ini diharapkan mampu mempopulerkan karya seni di Indonesia sekaligus mendukung kiprah para seniman Indonesia di mancanegara.

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles