Now Reading:

Obati Rindu Traveling, Mural Singapura Hadir di Sudut Jakarta


Singapore Tourism Board (STB) memulai kampanye “SingapoReimagine” di Indonesia dengan meluncurkan karya mural yang terpisah antara Singapura dan Indonesia di M Bloc Space Jakarta pada Kamis, 8 April 2021. SingapoReimagine merupakan bagian dari kisah pariwisata Singapura dalam menghidupkan kembali impian perjalanan wisatawan dengan perspektif yang segar dan menyenangkan.

“COVID-19 juga menawarkan kami kesempatan untuk mengatur ulang dan menghidupkan kembali industri kami dengan cara yang tidak pernah kami bayangkan. Perjalanan untuk menata kembali industri perjalanan telah dimulai di Singapura,” jelas Chief Executive STB, Keith Tan melalui siaran pers.

Kolaborasi Mural di Jakarta dan Singapura
Bertajuk “Under the Same Sun”, kolaborasi ini merupakan gagasan seniman Stereoflow dari Indonesia dan ZERO dari Singapura yang terpisah secara geografis, namun digambarkan bermimpi di bawah matahari yang sama. Kedua karya mural lintas negara tersebut memiliki satu makna, yakni meski saat ini terpisah dan tidak dapat melakukan perjalanan, kita semua melalui situasi tersebut bersama, dan bersatu di bawah matahari yang sama.

TRENDING:  Super Mewah! 4 Fitur Baru yang Disiapkan Singapore Airlines di Bandara Changi

Karya mural yang dilakukan kedua seniman ini dipenuhi dengan berbagai simbol yang mencerminkan keinginan orang untuk kembali berwisata dan terhubung kembali dengan keluarga dan teman setelah pandemi berakhir. Para seniman menggunakan garis dan simbol yang bertindak sebagai pintu gerbang untuk perjalanan waktu dan ruang.


singaporeimagine

Stereoflow dalam proses melukis mural di M Bloc Space


ZERO memilih untuk menampilkan gapura dalam karya seninya, sedangkan Stereoflow memilih Marina Bay dan Gardens by the Bay. Mereka memproyeksikan harapan untuk masa depan perjalanan melintasi perbatasan melalui landmark yang dapat dikenali, sementara gambar diri yang didekonstruksi, mewakili skenario saat ini untuk lebih melakukan perjalanan ke dalam diri daripada ke luar.

TRENDING:  Destinasi Liburan Family-Friendly di Singapura

Karya mural ini juga merupakan bagian dari proyek Hall of Fame di Kampong Gelam, Singapura yang tersebar di Bali Lane dan Ophir Road. Proyek ini menampilkan 17 mural, termasuk karya seni ZERO untuk menambah warna dan karakter pada semangat Kampong Gelam.

Ini juga merupakan Hall of Fame grafiti pertama di Asia Tenggara, tempat dengan beberapa dinding di mana seniman dapat melukis dengan bebas. Dengan adanya setengah lukisan mural yang dilakukan Stereoflow di M Bloc Jakarta, diharapkan masyarakat Indonesia dapat membayangkan berwisata kembali ke Singapura dan mengunjungi setengah lukisan mural lainnya yang dilakukan ZERO di Bali Lane, Kampong Gelam, pada saat yang tepat.

Menurut hasil studi COVID-19 Impact Analysis yang dilakukan STB di 15 negara, tingkat kepercayaan diri wisatawan Indonesia dalam bepergian ke luar negeri terus meningkat, dengan 68% wisatawan leisure dan 88% wisatawan BTMICE (Business Travel and Meetings, Incentive Travel, Conventions and Exhibitions) dari Indonesia mengindikasikan kemungkinan untuk melakukan perjalanan internasional dalam 12 bulan ke depan.

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles