Now Reading:

Usai Keliling Tokyo, Segarkan Diri Dulu di Tempat-Tempat Onsen ini

Meski Jepang kini menjadi salah satu destinasi idola turis Indonesia, namun untuk melakukan relaksasi di onsen masih banyak yang menghindar karena alasan sungkan dan masih malu-malu. Onsen sendiri adalah ritual leluhur Jepang yang selain berkaitan dengan kesehatan juga spiritual.

Pemandian air panas alami ala Jepang atau onsen jelas berbeda dengan di tempat lain. Onsen memiliki pakem-pakem yang harus ditaati, seperti harus dilakukan tanpa busana, dan harus membersihkan diri dulu sebelum berendam. Tanpa busana sendiri sebetulnya mengartikan bahwa saat berendam di onsen, semuanya sama tanpa ada perbedaan, tak ada baju mewah si kaya atau baju dekil si miskin. Aslinya pun onsen dilakukan bersama oleh wanita dan pria, namun untuk keperluan pariwisata, kini hampir semua onsen memberlakukan pemisahan ruang antara wanita dan pria. Ada juga onsen untuk keluarga atau hanya merendam kaki saja.



Di Tokyo, bila sudah lelah berkeliling kota seharian, mampirlah di tempat-tempat onsen berikut ini. Selain manjur menghilangkan lelah, ini juga akan menjadi penglaman baru saat traveling di Jepang.


Traveler’s Choice:
5 Tempat Romantis di Jepang, Untuk Liburan Bareng Pasangan
7 Tempat Wajib Kunjung di Jepang, Rekomendasi Warga Lokal


Heiwajima Natural Hot Spring

Meski penampakannya serupa bangunan modern, namun air untuk berendamnya berasal dari aliran air panas alami di bawah tanah. Onsen ini buka 24 jam jadi tak perlu khawatir kemalaman untuk datang ke sini. Selain onsen, tempat nyaman ini juga menawarkan layanan pijat refleksi, sauna, dan spa. Istimewanya tempat ini juga menyediakan antar jemput dari bandara Haneda di pagi hari. Ideal untuk yang sedang transit seharian di Tokyo agar bugar lagi di penerbangan selanjutnya. (Lokasi: 1 1, 1-chōme, Heiwajima Ōta-ku)

View this post on Instagram

A post shared by 天然温泉平和島 (@tennenonsenheiwajima) on

Oedo Onsen Monogatari

Pemandian onsen berkonsep taman ini memiliki beberapa jenis kolam untuk berendam, salah satunya adalah khusus untuk anjing kesayangan. Ada juga kolam pendingin yang selalu laris saat musim panas tiba dan kolam untuk sekadar merendam kaki. Mengandalkan air panas vulkanik dari dari perut bumi, tempat yang berlokasi di Odaiba ini juga buka 24 jam. (Lokasi: 3 6, 2-chōme, Aomi Kōtō-ku)

View this post on Instagram

A post shared by Giulia Breschi 💜 (@giuliabreschi_ph) on



Toshimaen Niwa no Yu

Onsen yang dirancang khusus orang dewasa ini memiliki batasan umur untuk pengunjungnya, yaitu minimal 13 tahun. Pemandian pria dan wanita dipisah dan airnya diyakini mengandung natrium klorida yang ampuh meredakan nyeri sendi. Suasananya menyenangkan berkat keberadaan taman yang mengelilinginya. (Lokasi: 1 25, 3-chōme, Kōyama Nerima-ku)

View this post on Instagram

A post shared by 豊島園 庭の湯【公式】 (@niwanoyu_official) on


Editor’s Choice:
Hotel-Hotel Kapsul di Kyoto, Bikin Liburan Makin Berkesan
5 Gerai Busana ini Cuma Ada di Jepang


Myojin no Yu

Bergaya tradisional, pemandian ini mengandalkan bak mandinya yang tersusun dari kayu dan air kaya mineral yang mengalir dari perut bumi. Usai berkeliling Tokyo seharian, tempat ini adalah pilihan tepat untuk memulihkan diri berkat lokasinya yang berada agak menjauh dari pusat kota. (Lokasi: 1 18, 1-chōme, Ōyata Adachi-ku)

Foto: Myojin no Yu



Somei Onsen Sakura

Tempat yang dikelilingi pohon ceri ini menjadi favorit warga lokal saat musim semi tiba berkat daun-daunnya yang mulai berubah warna menjadi cerah. Selain onsen, berbagai pilihan lain yang bisa dinikmati adalah kelas yoga, pijat tradisional. lounge yang nyaman dan menu makanan sehat.

View this post on Instagram

A post shared by かげりえ (@rierica5519) on

Facebook Comments
Share This Articles