Now Reading:

Belajar Pastry di grandkemang Jakarta

Sepertinya memang wajar bila saat ini bisnis boga sedang menjamur. Pasalnya, acara Sriboga Bakery & Pastries Fiesta yang digelar di grandkemang Hotel Jakarta pada Kamis (5/9/19) memang sukses menarik perhatian para aktivis pastry untuk lebih berinovasi.

Acara besutan Sriboga Four Mill ini menghadirkan Chef Riyandi Suherman dari Sriboga Customer Center (SCC) Jakarta, Chef Deny Panca dari SCC Surabaya dan Chef Roni dari SCC Semarang untuk menggelar aksi mereka meramu beberapa kudapan.

“Tren pastry saat ini sangat beragam, contohnya soft dough, croissant, fusion cake atau kue tradisional yang dibuat kontemporer dan variasi bentuk, seperti cake yang berwarna-warni,” papar Chef Riyandi dalam sesi jumpa media.

Dalam ajang Sriboga Bakery & Pastries Fiesta, ketiga chef membuat Chicken Croissant Cheese, Bluder Cheese, Pao Beef Maranggi dan Palmsuiker Cupcake. Sekaligus juga ajang ini memperkenalkan pentingnya produk frozen agar bisa lebih berinovasi, dan bagaimana membuat kemasan yang menarik agar dilirik di dunia maya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Rachma Ida (@rachma.ida) on

“Tren pastry sekarang itu back to basic, taste-nya original tapi aromanya dibuat berbeda,” tambah Chef Deni Panca.

Chef Riyadi juga menjelaskan bahwa dalam ilmu pastry, pendekatannya lebih ke science dan lebih banyak ilmu yang dipelajari. “Kalau masak biasa kurang bumbu tinggal ditambah. Tidak demikian dalam pastry,” tegasnya.



 

Belajar Mengenal Pastry

Sriboga Four Mill tak hanya menggelar acara ini di Jakarta, tapi juga di beberapa daerah lain seperti Semarang (16 Juli 2019), Surabaya (27 Juli 2019), Tegal (21 Juli 2019), Bandung (29 Agustus 2019), Malang (19 Spetember 2019), Solo (3 Oktober 2019), Denpasar (19 Oktober 2019), Purwokerto (14 November 2019) dan Yogyakarta (5 Desember 2019).

Di setiap kota pun ada tema khusus yang diangkat dalam demo baking, seperti Pao Telor Asin di Tegal dan Chicken Croissant Cheese di Jakarta. Ini dilakukan sesuai dengan tren kuliner yang sedang populer di daerah setempat atau terinspirasi dari budaya lokal.

Ajang ini juga memberikan ilmu yang lebih detil perihal bahan-bahan pembuatan pastry , teknis pembuatan dan bagaimana cara membuat resep. “Kalau biasanya pelaku UKM dunia pastry itu selalu mengandalkan dunia startup, kini saatnya mereka belajar menangani produk mereka sendiri,” terang Rike Sundari, General Manager PT Sriboga Four Mill.

Sriboga Four Mill juga memiliki pelatihan khusus bagi yang berminat merintis usaha di bidang pastry dengan dukungan berupa mentoring, belajar membuat pastry, mengatur keuangan dan pemberian modal usaha.



Facebook Comments
Share This Articles