Now Reading:

Menikmati Seni di Penang International Container Art Festival

Bila selama ini Penang populer sebagai rumah dari kekayaan kuliner Malaysia, maka kali ini Penang punya daya tarik khusus pecinta seni melalui ajang Penang International Container Art Festival (PICAF) yang akan berlangsung hingga Mei 2020. Kabaranya, ini adalah untuk pertama kalinya di Asia menjadikan kontainer sebagai instalasi seni urban untuk dinikmati publik.


Traveler’s Choice: 7 Tempat di Malaysia ini Jarang Diketahui Turis


Tidak seperti festival biasanya, festival ini tersebar di lima lokasi di penjuru pulau untuk memudahkan publik menikmatiny. Ada 12 seniman lokal dan internasional yang akan bergabung di ajang ini dan masing-masing akan menorehkan kreasinya di sisi berbeda pada kontainer yang sama.

Berikut adalah beberapa tempat untuk menikmati instalasi kontainer tersebut:



Kampung Terang
Berlokasi di kawasan persawahan yang luas, instalasi ini dibuat sebagai penghormatan untuk dedikasi para petani setempat. Mural petani membawa durian dan jagung menjadi simbol dari semangat pertanian di sini.


Traveler’s Choice: 7 Alasan Melupakan Kuala Lumpur dan Beralih ke Ipoh


Prangin Mall, Georgetown
Di tengah situasi sibuk Georgetown, instalasi ini diharapkan mampu mengajak orang untuk kembali mengenang keseharian hidup di Penang yang diwakili oleh mural tukang becak yang sedang menjelaskan tentang sebuah situs wisata di pusat kota.

Batu Kawan
Seniman dari Kanada memajang hasil karyanya di kawasan Aspen Vision City di daerah Batu Kawan. Muralnya menggambarkan seorang nelayan yang bersiap hendak mencari ikan di Selat Penang. Di sisi lainnya, seniman lokal Caryn Koh melukis seorang gadis yang sedang memegang tali yang kokoh. Menggambarkan hubungan yang kuat antar sesama warga Penang dan visualisasi dari Penang Bridge yang menghubungkan Batu Kawan dan Batu Maung.

TRENDING:  7 Alasan Melupakan Kuala Lumpur dan Beralih ke Ipoh


Jelutong

Dikenal juga dengan nama Karpal Singh Drive, di tempat ini bisa dilihat instalasi kontainer dengan mural seorang gadis Melayu yang sedang membangun sturktur kota dengan blok mainannya. Mural ini menggambarkan harapan warga setempat beberapa tahun lalu untuk membangun daerah ini menjadi maju seperti sekarang.

Gambar utama oleh Kerstin Herrmann dari Pixabay

Facebook Comments

POPULAR

Share This Articles