Now Reading:

Ragam Kebugaran ala Penyembuhan Tradisional


Bicara soal wellness, kawasan Asia-Pasifik adalah ladang subur bagi ritual penyembuhan. Bagi budaya setempat, wellness bukanlah soal penyembuhan fisik semata. Bila di anggapan umum tentang wellness selama ini identik dengan spa, meditasi, yoga dan berbagai terapi lainnya, wellness di Asia-pasifik adalah budaya turun-temurun yang mengakar kuat dan sebagian masih lestari hingga kini.

 

Thai massage

Teknik acupressure yang digunakan pada pijat tradisional Thailand adalah ritual kesehatan yang sudah diturunkan antar generasi selama berabad-abad. Masyarakat Thailand di pedesaan sudah mempraktikkan teknik ini sejak lama dan diajarkan pada anak-anak di rumah. Kebiasaan ini sebetulnya untuk membantu pemulihan kesehatan pada para orang tua yang lelah karena bekerja keras seharian. Anak-anak diajari cara untuk menarik beberapa bagian tubuh untuk meregangkan otot serta cara menginjak punggung untuk mengusir rasa pegal.

Photo by Mahdi Bafande from Pexels

 

TRENDING:  3 Jurus Kebugaran Ala Kagi Maldives Spa Island

Luluran

Perawatan kesehatan dan kebugaran dari tanah Jawa ini mulai diperkenalkan ke Bali pada sekitar abad-16. ‘Lulur’ yang artinya kurang lebih adalah ‘melapisi tubuh’ ini adalah serangkaian aktivitas perawatan kebugaran yang dimulai dari pemijatan menggunakan minyak aroma, membersihkan kulit dengan ramuan scrub dari bahan alami seperti beras, bahan herbal dan bunga, dan dilanjutkan dengan mandi menggunakan air bunga. Sebagai pelengkap, setelah luluran juga kadang dilanjutkan dengan menyesap minuman herbal (jamu) dan berpuasa dengan pola tertentu.

Image by Heike Frohnhoff from Pixabay

 

TRENDING:  Rehat di Rumah Sehat, VERDE TWO

Romiromi

Suku Maori di Selandia Baru punya warisan tradisi pijat yang sudah diturunkan oleh nenek moyang selama berabad-abad. Disebut romiromi, ritual penyembuhan ini diawali dengan doa (kaupere) dan dilanjutkan dengan prosesi pemijatan yang dipandu oleh pemimpin spiritual. Secara teknis, penyembuhannya dilakukan dengan pijatan di titik-titik tertentu untuk membantu melepaskan energi yang tersumbat akibat stres. Dampak buruk dari stres yang terakumulasi adalah disfungsi pada tingkat fisik, emosi dan spiritual. Romiromi diyakini ampuh untuk mengembalikan keseimbangan kesehatan tubuh.

 

Akupuntur

Ini adalah salah satu praktik penyembuhan tertua di dunia. Akupuntur adalah teknik penyembuhan yang didasarkan pada konsep yang meyakini bahwa penyakit datang dari gangguan aliran qi (energi) dan ketidakseimbangan yin dan yang. Penyembuhan ini menstimulasi titik-titik tertentu pada tubuh dengan berabagai teknik termasuk dengan jarum yang ditusukkan ke tubuh. Cara ini bertujuan untuk menghilangkan penyumbatan aliran qi (energi).

TRENDING:  Meditasi dengan Menatap Lilin, Apa Manfaatnya?

 

Image by 5petalpics from Pixabay

Featured Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles