Now Reading:

Rahasia Kuliner Chef Danny Yip, Pemilik “The Chairman”, Hong Kong


Restoran The Chairman besutan Chef Danny Yip adalah rekomendasi utama untuk menikmati hidangan Kanton di Hong Kong. Menyandang bintang satu Michelin, The Chairman juga telah meraih beberapa penghargaan global selama beberapa tahun terakhir. Yip memadukan konsep masakan tradisional yang filosofis dengan sentuhan modern yang ultra minimalis dan elegan. Apa rahasia suksesnya?

Melalui Hong Kong Tourism Board (HKTB), Yip mengajak para foodie untuk menyingkap bahan-bahan makanannya yang segar yang didapatnya dari pelosok Hong Kong. Yip percaya bahwa dengan menggunakan produk lokal, tidak hanya menghasilkan sebuah cita rasa dalam sebuah masakan, tapi juga akan tercipta hubungan emosional yang jauh lebih spesial.


Foto: HKTB


Bahan Alami

Tempat favoritnya adalah Aberdeen Wholesale Fish Market, yang merupakan pasar ikan terbesar dan tertua di Hong Kong. Yip juga memiliki seorang ahli yang setiap hari berbelanja ke pasar untuk memilih bahan-bahan terbaik. Salah satu hidangan Yip yaitu rajungan yang di kukus dan disiapkan dengan anggur tua Shao Xing dan minyak ayam, merupakan pilihan utama yang terkenal karena cita rasa umami yang sedap. Hidangan ini juga memiliki rasa segar karena penggunaan clam juice yang didapat dari kerang terbaik dan dipersiapkan khusus untuk hidangan ini.

TRENDING:  Lebih Dekat dengan Kuliner Hong Kong, Rumah Gastronomi Asia

“Saat menyantap makanan, cita rasa dari makanan tersebut akan selalu ada dalam ingatan,” terang Yip. Inilah tujuan utama dari ‘The Chairman yang selalu berusaha mencapai hal tersebut dengan filosofi dan resep mereka yang unik.

Salah satu hidangan unik lainnya adalah kerang yang dikukus dengan campuran fermentasi lemon dan rempah. Fermentasi lemon yang digunakan berasal dari Tai Mai Sauce Co., sebuah toko yang terletak di Kwun Tong. Toko yang berusia lebih dari 60 tahun ini menjual berbagai macam saus buatan sendiri, dan juga merupakan pemasok saus kedelai hitam dan saus lainnya untuk restoran milik Yip.

TRENDING:  FriendsWithYou Hibur Warga Hong Kong dengan Karakter Lucu

Filosofi Makanan Kanton

Restoran ‘The Chairman’ memiliki filosofi yang berbeda dari restoran Kantonis lainnya, di mana mereka berfokus kepada konsep-konsep unik dan kesegaran bahan yang mereka gunakan dibandingkan mengikuti resep yang sudah ada. Ini memungkinkan Yip untuk memadukan konsep tradisional dengan kreativitas serta inovasi baru. Para koki di The Chairman juga didorong untuk bereksperimen menggunakan bahan-bahan dan teknik tradisional untuk menyiapkan hidangan Kantonis yang unik untuk pelanggannya.

Salah satu pepatah yang ada di masakan Kantonis adalah “Ayam harus terasa seperti ayam, dan ikan harus terasa seperti ikan”.

Yip juga menekankan pentingnya teknik dasar saat menyiapkan hidangan yang ditumis atau dikukus dalam masakan Kantonis yang dapat menunjukkan cita rasa alami dari bahan yang digunakan. Selain memastikan bahwa “ayam terasa seperti ayam” dan “ikan terasa seperti ikan”, Yip juga ingin meningkatkan cita rasa dari ayam dan ikan yang digunakan dalam setiap hidangan.

TRENDING:  Ketika 4 Chef Michelin Berbagi Petualangan di Hong Kong Chef's Playbook

Bagi Yip, masakan Kantonis memerlukan kesegaran dari bahan-bahan yang digunakan, hal itu bisa dicapai dengan menggunakan produk lokal yang berasal dari pasar setempat yang berada di sekitar restoran The Chairman.

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles