Now Reading:

5 Sajian Manis Ala Timur Tengah Buat Buka Puasa


Di luar gorengan sebagai makanan wajib buka puasa, sajian khas Timur Tengah tentu bisa menjadi pelengkap saat buka puasa tiba. Menu-menu kudapan Timur Tengah cenderung memiliki rasa manis namun tidak sampai mengganggu tenggorokan dan yang penting, tak boros minyak seperti gorengan yang memicu penyakit.

Sebagai pengisi kalori yang terbuang setelah puasa seharian, sajian-sajian ini rasanya perlu tersedia di bulan puasa. Beberapa di antaranya bahkan sudah familiar di Indonesia dan mudah didapat.


Traveler’s Choice: Menikmati Teh Mint Ala Maroko


Umm Ali
Puding pastry asal Mesir ini banyak disukai para foodie global berkat rasa manis dan gurihnya. Meskipun sering tersedia dalam berbagai versi, namun bahan utamanya terbuat dari roti puff pastry, kacang-kacangan seperti almon dan pistachio dan tentu saja gula.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Nims Innovations (@nimsinnovations) on


Bastani
Es krim ala Iran ini sangat digemari para pemburu dessert. Meskipun sekilas tampak sama dengan es krim pada umumnya, namun bahan untuk membuatnya cukup banyak, apalagi untuk tambahan topping-nya. Es krimnya sendiri terbuat dari susu, air mawar, gula dan bahkan kunyit. Diolah dengan teknik khusus, Bastani tak hanya populer di Tehran, tapi di seluruh dunia.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Dizin Fruttiberri (@dizinfruttiberri) on


Editor’s Choice: Buka Puasa #DiRumahAja Bersama Fairmont Jakarta


Knafeh
Kue keju ala Timur Tengah ini adalah makanan asli Palestina dan sangat terkenal di seantero Arab. Adonannya didominasi oleh keju, kacang-kacangan dan gula. Cukup mudah menemukan kue keju ini di kedai-kedai jazirah Arab, seperti di Suriah, Lebanon dan tentunya Palestina sendiri.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Zeina Halabi (@healthyfoodiezeina) on


Advertisement


Mshabak
Hidangan asal Lebanon ini tak hanya populer saat bulan puasa, karena di Lebanon sendiri ini adalah semacam kue nasional, pemersatu umat Islam dan Nasrani. Bahannya sederhana, hanya tepung, gula dan ragi, namun rasanya membuat banyak orang ketagihan. Di Eropa kue ini bisa didapat di kedai-kedai roti milik warga keturunan Arab.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Julie (@loeffelleicht) on


Traveler’s Choice: Chef Matt White, Si Pemburu Pizza


Baklava
Saking populernya kudapan manis paling populer ini juga bisa ditemukan di Indonesia, terutama di restoran bertema Timur Tengah.  Pertama kali hadir di zaman Kekaisaran Ottoman, baklava terbuat dari adonan filo, kacang pistachio, madu dan sirup. Selain bisa jadi teman minum teh, baklava juga sering dijadikan oleh-oleh.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by BAKLAVACİ KARAGOZ (@baklavacikaragoz) on


Advertisement


Gambar utama oleh gate74 dari Pixabay

Facebook Comments

POPULAR

TRENDING:  Ramadan Tiba, Saatnya Menikmati Kuliner Tradisional di Wyndham Casablanca
Share This Articles