Now Reading:

Samarkand, Surga Pecinta Arsitektur Islam


Bukan tanpa alasan ketika UNESCO memasukkan Samarkand sebagai Situs Warisan Dunia. Ibu kota Uzbekistan ini dipenuhi bangunan bergaya Islam dengan ornamen detail dan pernuh warna yang tak hanya memesona bagi warga lokal, tapi juga para pejalan global.


Traveler’s Choice: 7 Alasan untuk Jatuh Cinta dengan Kosovo


Konteks Samarkand sendiri merajuk pada kenangan akan kejayaan era Jalur Sutra yang dipenuhi dengan kemakmuran, bangunan dengan ubin-ubin berwarna cerah, kubah-kubah megah berwarna biru dan suasana kosmopolitan klasik yang tak kalah elegan dengan masa kini.

Pesona tempo dulu ini masih terasa romantis hingga sekarang bila menyambangi kota ini berkat bangunan-bangunan tuanya yang tetap lestari meski sudah melewati banyak zaman dan peperangan. Pesona Samarkand bsa dibilang mewakili jiwa dari penduduk lokal.


Advertisement


Megahnya Makam Emir Timur 

Emir Timur dikenal sebagai penakluk yang disegani di abad-14 dan berjasa membawa Samarkand menjadi kota maju dan pusat pemerintahan kekaisarannya.

TRENDING:  Mulai Dilirik Turis, ini 7 Alasan untuk Jatuh Cinta dengan Kosovo

Makam Emir Timur atau dikenal dengan Gur-e-Amir dalah berupa bangunan super megah dengan ornamen detail yang fotogenik. Sang penakluk dari Samarkand tersebut dimakamkan di bangunan ini beserta banyak keturunannya.

View this post on Instagram

A post shared by @samarkand (@samarkand.today) on

Bentuk kubah biru yang ikonik dan motif berwarna yang memenuhi dinding dan kaligrafi di bagian dalamnya menunjukkan betapa di masa kejayaan Emir Samarkand begitu mumpuni menguasai ilmu arsitektur dan seni.


Editor’s Choice: Kopi Turki yang Bikin Jatuh Hati


Konon dalam masa penaklukannya, Emir selalu membawa hasil rampasan perang berupa buku dan harta kekayaan lainnya ke Samarkand. Itu sebabnya sang Emir begitu dipuja hingga kini karena kehebatannya menjadikan Samarkand sebagai kota yang sangat indah.


Advertisement


Madrasah Biru di Registan Square
Ada tiga madrasah besar yang berdiri di Registan Square, yaitu Madrasah Tilya Kori, Sher-Dor dan Ulugh Beg. Pada masanya, tempat pendidikan ini banyak melahirkan para pemikir Islam. Ulugh Beg adalah madrasah tertua yang dibangun abad 15 oleh cucu Emir Timur, Mirza Ulugh Beg yang juga seorang peneliti dan astronom.

View this post on Instagram

A post shared by Registan square (@registanuz) on

Ulugh Beg memiliki menara yang menjulang seperti seruling besar, sedangkan Sher-Dor memiliki hiasan berupa gambar singa besar yang sedang berburu rusa dengan latar matahari terbit di belakangnya. Gambar ini mewakili inspirasi para siswa untuk selalu berburu ilmu.

TRENDING:  Butuh Persiapan Matang, ini 5 Destinasi Impian Setelah Pandemi Corona

Masjid dan Makam
Samarkand dipenuhi masjid dan makam kuno yang masing-masing memiliki karakter gaya berbeda. Inilah yang membuat UNESCO kemudian jatuh hati hingga kini semua situs klasik ini masih terawat dengan sangat baik.

Shah-i-Zinda Necropolis adalah salah satu kompleks makam yang megah dan memiliki kombinasi spiritual dan estetika mewah. Situs yang menaungi makam-makam paling bersejarah di Uzbekistan ini dipenuhi dengan warna dan garis-garis geometris. Sebuah bukti bahwa Asia Tengah dulu pernah menjadi kiblat dari seni rupa yang menakjubkan.

TRENDING:  Tetap Tampil Mewah, ini 5 Tempat Glamping Paling Terpencil di Dunia

Advertisement


Gambar utama oleh falco dari Pixabay

Facebook Comments

POPULAR

Share This Articles