Banyak bahan pangan Indonesia yang kini tak lagi populer atau bahkan terlupakan. Termasuk salah satu di antaranya adalah sorgum yang dulu pernah mendominasi pilihan makanan pokok Nusantara sebelum tergantikan oleh nasi. Sesuai dengan misi dari KAUM untuk membangun kembali warisan kuliner Indonesia termasuk bahan pangan yang mulai terlupakan, KAUM menggandeng Sorghum Foods Indonesia dan Cahaya Naturals untuk kembali mengangkat popularitas sorgum sebagai bahan pangan utama.

Sorgum layak untuk tampil kembali menjadi bintang pangan mengingat kekayaan nutrisi, serat, mineral dan protein yang dikandungnya. Penelitian pun membuktikan bahwa ternyata sorgum memiliki antioksidan yang lebih tinggi dari delima dan blueberry termasuk aman untuk dikonsumsi para penderita diabetes.



Program kolaborasi untuk kembali menghadirkan sorgum ini akan berlangsung dari 1 hingga 31 Maret 2019 dengan beberapa menu kreatif hasil racikan tim kuliner KAUM.

Dengan harga mulai Rp 25.000++ hingga Rp 85.000++, beberapa menu yang bakal ditampilkan adalah trancam sorgum (makanan khas Jawa Tengah dengan bahan sorgum matang, mentimun, kacang polong, kacang panjang, rempah dan kelapa parut), nasi goreng sorgum daging se’i (nasi goreng dari sorgum yang dimasak dengan daging asap khas Nusa Tenggara Timur), nasi campur sorgum (sorgum kukus dimasak dengan bunga jahe obor, cabai merah, rampah, dan ikan teri kering), angsle sorgum (sorgum matang dimasak dengan irisan roti, mutiara tapioka, nangka dan lidah buaya dalam saus santan manis), bolu gulung sorgum dan kue pandan sorgum panggang.



Facebook Comments