Now Reading:

Selain Nicholas Saputra, ini Dia Para Pembicara di KEMBALI20


Ubud kembali menyiapkan gelaran. Menggabungkan dua acara paling ditunggu, yaitu Ubud Food Festival dan Ubud Writers & Readers Festival, kini Festival KEMBALI20 akan mengajak para pecinta sastra dan gastronomi untuk menikmati gelaran virtual pertama yang tetap diramaikan para pembicara global.

 

View this post on Instagram

 

Karena pandemi global, Yayasan Mudra Swari Saraswati dengan terpaksa harus menunda Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) dan Ubud Food Festival (UFF), untuk pertama kalinya dalam 17 tahun. Kini, Yayasan kembali hadir dengan acara baru dan menarik yang dikemas dalam bentuk yang baru. Kembali adalah festival sastra, kuliner, seni, dan budaya, yang menyatukan elemen-elemen paling sukses dari UWRF dan UFF. KEMBALI20 akan menjadi perayaan terpenting tahun ini dari seni kreatif dan kekayaan kuliner Indonesia, pilar ketahanan dan kelangsungan hidup manusia. #KEMBALI20 akan menyajikan program-program yang berfokus pada jajaran figur-figur terbaik di industri seni kreatif, dari sastra hingga film, desain, fesyen dan jurnalisme, serta mereka yang berkecimpung di dunia kuliner. Dari Sabang hingga Merauke, Singapura hingga Meksiko, semua acaranya dapat diakses oleh para pengunjung Festival di Indonesia dan negara-negara lainnya di seluruh dunia melalui beragam sesi berbasis donasi. Diskusi, lokakarya, peluncuran buku, pembacaan puisi, program anak-anak, dan pemutaran film akan dihadirkan dalam bentuk digital. Beberapa program di lapangan akan dipersiapkan untuk audiens lokal dengan batasan tertentu, mengikuti semua prosedur standar keselamatan COVID-19 yang diwajibkan oleh pemerintah. Nantikan informasi terbaru mengenai Kembali melalui akun media sosial ini karena kami akan meluncurkan deretan program dan jadwal lengkapnya pada September mendatang. Informasi lebih lanjut mengenai KEMBALI20 dapat diakses melalui Linktree di bio kami. #KembalikeBali #ARebuildBaliFestival #KEMBALIPresentedbyABC

A post shared by Ubud Food Festival (@ubudfoodfest) on

Dari Oakland hingga Oxford, Singapura hingga Sydney, Denpasar hingga Dubai, para pembicara akan berbagi kisah-kisah dan resep  diskusi panel, pertunjukan musik dan seni, demo memasak, dan lokakarya pada 29 Oktober hingga 8 November 2020.

“Festival kami melampaui batas budaya dan geografis untuk menciptakan komunitas yang benar-benar global” – Janet DeNeefe

“KEMBALI20 adalah tempat di mana para pencinta sastra, seni, budaya, dan kuliner dapat saling berdiskusi mengenai inspirasi, ide, dan hal-hal yang diperhatikan bersama,” terang Janet DeNeefe,Pendiri dan Direktur KEMBALI20 melalui siaran pers.

TRENDING:  Tahun Baru, Menu Baru di Uni Restaurant & Bar Bali

Travelers’ Choice: Fitur Baru Fivelements Retreat Ubud


Pembicara Indonesia
Dari dunia sastra Indonesia, akan hadir Eka Kurniawan, penulis Indonesia pertama yang dinominasikan untuk Man Booker International Prize. Dalam panelnya yang didukung oleh WritingWA, penulis Cantik Itu Luka tersebut akan membahas seluk beluk lanskap sastra Indonesia. Hadir pula Dee Lestari, yang akan membuka diskusi mengenai proses penelitian di balik buku terbarunya, Aroma Karsa.

Dari dunia film Indonesia, Nicholas Saputra akan ambil bagian dalam diskusi mengenai kekuatan film dan status selebriti dalam menciptakan perubahan positif di Indonesia.

Festival juga akan menyambut dunia seni dan budaya dari Bali seperti penerima Southeast Asian Writers Award tahun 2012, Oka Rusmini dan pelestari budaya Bali yang pernah menerima Lifetime Achievement Award dari Ubud Writers & Readers Festival tahun 2019, Made Taro.

 

View this post on Instagram

 

#KEMBALI20 is a celebration of literature, food and culture, combining the best elements of UWRF and UFF. Over 100 storytellers and culinary figures will join intimate discussions and other interesting performances from 29 October – 8 November in KEMBALI20. Keep swiping left to meet some of the faces of KEMBALI20 — #KEMBALI20 adalah perayaan sastra, kuliner, dan budaya, menyatukan elemen-elemen terbaik dari UWRF dan UFF. Lebih dari 100 pembicara sastra dan budaya, serta figur kuliner akan bergabung dalam diskusi mendalam dan acara menarik lainnya dari 29 Oktober – 8 November dalam KEMBALI20. Geser ke kiri untuk menemukan beberapa wajah para pembicara KEMBALI20. #KembalikeBali #ARebuildBaliFestival

A post shared by Ubud Writers & Readers Fest (@ubudwritersfest) on

Pembicara global
Sementara untuk pembicara internasional, sederet nama sudah dijadwalkan tampil, seperti penulis laris trilogi Crazy Rich Asians, Kevin Kwan yang akan membahas tentang novel terbarunya, Sex and Vanity, buku terlaris menurut New York Times. Penulis Haiti-Amerika Edwidge Danticat juga akan membahas buku terbarunya, Everything Inside.

Sosok sastra dan film Israel, Etgar Keret, akan berbagi pengalaman dan pengetahuannya dalam menulis karakter secara detail. Pengisi suara paling favorit dari Australia Richard Fidler, juga Konsultan untuk Girls Opportunity Alliance and Leaders: Asia Pacific Program dari Obama Foundation yang merupakan adik perempuan Barack Obama dari pihak ibu, Maya Soetoro-Ng juga dijadwalkan tampil.

TRENDING:  Menyapa Alam di Nirjhara Tabanan

Travelers’ Choice: Menyepi di The Westin Resorts & Spa Ubud


Dunia kuliner
Festival juga akan menampilkan sosok yang memadukan cita rasa Prancis dan Bali, Chris Salans, salah satu pendiri dan Head Chef Pengalaman Rasa, Ayu Gayatri Kresna, James Oseland yang telah menulis budaya-budaya internasional dan beragam hidangannya selama beberapa dekade, pendiri Locavore Restaurant yang juga telah bekerja di dapur sejak berusia 14 tahun Eelke Plasmeijer, hingga penulis The Fruit Hunters asal Kanada Adam Leith Gollner.

 

View this post on Instagram

 

#KEMBALI20 is a celebration of literature, food and culture, combining the best elements of #UWRF and #UFF. Over 100 storytellers and culinary figures will join intimate discussions and other interesting performances from 29 October – 8 November in KEMBALI20. Meet one of KEMBALI20’s culinary figures, Chris Salans. Chris Salans hailed from three Michelin-starred restaurants in France and the USA. His pioneering style of French cuisine-meets-Balinese flavors can be found at Spice by Chris Salans and Ubud’s award-winning Mozaic Restaurant Gastronomique. He is a dedicated mentor and one of Bali’s top culinary ambassadors, representing Indonesia in media and at international food events. Do you want to know more about his program? Head over to our website via link in our bio. — #KEMBALI20 adalah perayaan sastra, kuliner, dan budaya, menyatukan elemen-elemen terbaik dari #UWRF dan #UFF. Lebih dari 100 pembicara sastra dan budaya, serta figur kuliner akan bergabung dalam diskusi mendalam dan acara menarik lainnya dari 29 Oktober – 8 November dalam KEMBALI20. Temui satu dari figur kuliner KEMBALI20, Chris Salans. Chris Salans awalnya bekerja untuk restoran bintang tiga Michelin di Prancis dan Amerika Serikat. Gaya pionirnya dalam memadukan cita rasa Prancis dan Bali dapat dijumpai Spice by Chris Salans dan restoran peraih berbagai penghargaan Mozaic Restaurant Gastronomique di Ubud. Ia adalah seorang mentor yang penuh dedikasi dan salah satu duta kuliner terbaik Bali, mewakili Indonesia dalam publikasi media dan acara makanan internasional. Ingin tahu lebih banyak mengenai program yang menghadirkan Chris Salans? Kunjungi situs web kami melalui tautan di bio. #KembalikeBali #ARebuildBaliFestival

A post shared by Ubud Food Festival (@ubudfoodfest) on

Selain panel diskusi, lokakarya, dan peluncuran buku, Festival juga rencananya akan menghadirkan demo memasak bersama sosok-sosok kenamaan Indonesia.

Facebook Comments

POPULAR

Share This Articles