Now Reading:

Simran Lal, Merayakan Keindahan India dengan Brand Nicobar


Brand Nicobar mungkin kurang akrab di telinga fashionista Indonesia. Pasalnya, brand besutan Simran Lal yang bermarkas di India ini mengusung konsep slow fashion yang menjadi antitesis dari fast fashion dengan produk-produknya yang digunakan orang setiap hari secara masif.

Nama ‘Nicobar‘ sendiri mengacu pada nama sebuah kepulauan di Lautan Hindia. Betul, Kepulauan Nikobar! Lalu, apa yang menjadi keistimewaan pada produk slow fashion Nicobar besutan Simran Lal?


Travelers’ Choice: Hanbok, Bicara Lewat Warna


“Saya lahir dan besar di keluarga wirausaha,” terang Simran seperti dikutip theculturetrip.com. Sejak dini, Simran terbiasa dengan mindset menciptakan brand sendiri dan bukan bisnis yang bersifat masal. Simran juga dididik dengan penemuan ide-ide baru, gagasan yang segar dan inovasi. Namun yang paling mendasar dari semua itu adalah kecintaan akan tanah airnya, India.


Advertisement


“Saya terpapar pada nilai merawat planet ini, peduli pada negara dan bangsa, nilai-nilai akan kemurahan hati dan rasa hormat pada orang lain,” terang Simran. “Saya selalu mengapresiasi secara mendalam untuk kecantikan, estetika dan tentu saja wirausaha yang segmented,” tambahnya.

Lahir dari keprihatinan
Nicobar diawali dari sebuah keprihatinan Simran akan borok industri fashion. Kebutuhan sandang yang masif melahirkan industri tekstil yang berproduksi secara cepat untuk mengisi gerai-gerainya di seluruh dunia. Stabilitas lingkungan terabaikan dan limbah pun menjadi resikonya.

TRENDING:  Teknologi Baru Wakai, Bikin Traveling Jadi Makin Nyaman

Simran lalu memutuskan untuk membangun brand sendiri yang menganut konsep slow fashion. Industri ini ibarat slow cooking dalam jagad gastronomi. Tak terburu-buru dibuat secara masal dan menaruh perhatian khusus pada industri yang berkelanjutan serta peduli pada estetika produknya. Slow fashion juga menjanjikan produk yang lebih tahan lama dipakai.


Advertisement


Nicobar dirancang khusus untuk mewakili nilai-nilai kehidupan India modern yang tak melupakan sejarah leluhurnya dengan memadukan kreativitas, budaya dan bentuk yang harmonis.

TRENDING:  Kimono, Dipuja Kamakura, Dibenci Meiji

Lahir pada 2016, Nicobar mencoba menggali sisi sederhana India yang dinamis. “Intinya adalah cara hidup India yang lebih modern dan bijaksana yang berakar pada kesadaran,” terang Simran.

 

View this post on Instagram

 

Our Boat Culottes are built for travels, but are equally good for everyday lounging at home.

A post shared by Nicobar (@nicojournal) on

Inspirasi dari traveling
Selain orientasinya yang kuat pada satwa liar, alam, dan planet bumi, Nicobar juga terinspirasi dari hasil perjalanan Simran ke banyak tempat di India. Pengalaman dan refleksi diri selama melakukan perjalan itulah yang kemudian membuat Simran bersama Raul Rai, suaminya, memutuskan untuk membangun Nicobar.


Travelers’ Choice: Hyogo, Penghasil Kulit Incaran Hermes


“Saya banyak terlibat di Good Earth (brand fashion milik ibunya) namun dalam perjalanan saya melihat banyak hal sederhana yang begitu indah tentang India dan saya rasa Good Earth bukan ruang yang sesuai untuk merayakan itu,” aku Simran.

TRENDING:  Bergaya Petualang, ini 10 Tato Inspiratif Bertema Traveling

“Saat itulah kami merasa perlu membuat brand baru untuk merayakan sisi lain dari India. Sisi sederhana yang indah,” tambahnya.

Berangkat dari India, Simran melanjutkan kreasinya dengan inspirasi dari tempat-tempat lain, seperti Sri Lanka dan China. “Tempat-tempat di Samudera Hindia terus menjadi inspirasi kami,” jelas Simran.

 

 

Facebook Comments

POPULAR

Share This Articles