Now Reading:

Kreatif dan Ramah Lingkungan, 7 Inovasi Sustainable Tourism di Dunia


Wisatawan masa kini tak sekadar pergi liburan. Banyak yang ingin merasakan petualangan berbeda meski dengan harga yang terjangkau. Tren juga bergeser cukup signifikan. Bila dulu orang hanya bersenang-senang, kini ada kepedulian lain yang lebih bertanggungjawab, seperti wisata berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Memang tak semuanya murah meriah, tapi inovasi wisata berkelanjutan global berikut ini layak diapresiasi.


Travelers’ Choice: 20 Foto yang Bikin Rindu Traveling di Indonesia


Copenhill, Denmark
Main ski di pusat kota biasanya membutuhkan ruangan besar yang boros energi. Tapi tidak dengan Copenhill. Resmi dibuka pada 2019, lereng ski buatan ini berada di luar ruang dan lokasinya berada di pembangkit listrik tenaga sampah, Amager Bakke. Kompleks ini juga punya fasilitas panjat dinding dan aprés-ski bar yang seru. Maklum, ambisi Kopenhagen untuk menjadi kota bebas karbon pertama di dunia membuat kota ini banyak berinovasi seputar energi bebas karbon.

View this post on Instagram

A post shared by CopenHill Urban Mountain (@copenhilldk) on


Kereta energi surya, Australia
Byron Bay Solar Train menghubungkan kota Byron Bay dengan North Beach sejak 2017. Kereta klasik yang sepenuhnya menggunakan energi surya ini bahkan tidak menggunakan mesin tiket di stasiunnya, tapi kembali ke cara lama dengan pengecekan manual oleh petugas kereta saat kereta berjalan.

View this post on Instagram

A post shared by Byron Bay Train (@byronsolartrain) on


Travelers’ Choice: Berburu Kuliner di Singapura? Datangi 7 Tempat ini


Jewel Changi, Singapura
Sukses dengan Gardens by the Bay yang dihidupkan oleh energi ramah lingkungan, kini Singapura menghadirkan taman raksasa di kawasan bandara Changi. Jewel Changi dilengkapi dengan taman rimbun yang luas lengkap dengan labirin, kanopi dan air terjun indoor tertinggi di dunia. Semuanya digerakan dengan energi berkelanjutan.

View this post on Instagram

A post shared by Jewel Changi Airport (@jewelchangiairport) on


Kereta gantung Table Mountain, Afrika Selatan
Mendaki Table Mountain memang jadi pengalaman wajib saat mengunjungi Afrika Selatan. Namun bagi yang lebih suka naik kereta gantung, jalur kereta gantung Table Mountain sudah sertifikasi bebas karbon sejak 2016 dan mempertahanan kebijakan pemerintah lokal tentang pariwisata berkelanjutan.


Travelers’ Choice: 10 Tempat Wajib Kunjung di Baku, Azerbaijan


Eden Project, Inggris Raya
Berlokasi di Cornwall, Eden Project menawarkan taman, tempat bermain dan hutan besar dalam ruangan berupa biome raksasa. Tempat ini juga sekaligus tempat liburan yang menyenangkan bagi anak-anak karena terdapat zipline terpanjang di Inggris dan jembatan kanopi di sela-sela rimbunnya pohon. Anak-anak juga bisa menikmati edukasi tentang alam, seperti proses penyerbukan dan mengenal tanaman tropis.

View this post on Instagram

A post shared by Eden Project | Cornwall, UK (@edenprojectcornwall) on


Azurmendi, Spanyol
Restoran bintang tiga Michelin ini sudah dua kali memenangkan penghargaan World’s 50 Best Restaurant untuk kategori Sustainable Restaurant. Bangunannya berada di atas bukit dan memanfaatkan energi matahari dan panas bumi. Menu-menunya diolah dari bahan-bahan alami yang ditanam di kebun rumah kaca.

View this post on Instagram

A post shared by Azurmendi Restaurant (@azurmendi_atxa) on


Wunderland Kalkar, Jerman
Menyusul tragedi Chernobyl pada 1986, pemerintah jerman memutuskan untuk menghentikan operasional reaktor nuklir barunya yang bernilai miliaran Euro di dekat perbatasan Belanda. Namun itu bukan akhir segalanya. Pada 1990 reaktor ini berubah jadi taman bermain Wunderland Kalkar dengan fasilitas lengkap termasuk wahana menara ayunan di tengah menara pendingin reaktor yang ikonik.

View this post on Instagram

A post shared by Wunderland Kalkar (@wunderlandkalkar) on

Gambar utama oleh Scott Bentley dari Pixabay

Facebook Comments

POPULAR

TRENDING:  10 Destinasi Wisata yang Paling Dirindukan Selama Pandemi
Share This Articles