Now Reading:

Menikmati Teh Mint Ala Maroko


Jangan kaget bila penduduk Maroko menawarkan ‘Berber Whiskey‘. Itu cara mereka menyebut mint tea atau teh daun mint ala Maroko yang terkenal. Teh mint adalah minuman wajib saat bertandang ke Maroko atau setidaknya bila impian ke Maroko belum tercapai, menyesap teh mint ala Maroko niscaya bisa melegakan hati.

Teh mint Maroko dibuat dari daun mint yang dibeli di pasar-pasar tradisional dan teh hijau. Biasanya disajikan dengan rasa manis yang cukup kuat dan disajikan dalam teko dan gelas kosong. Bila ingin  menikmati teh ini tanpa gula, bersiaplah dengan rasa pahit yang agak berlebih karena pengaruh daun mint. Itu sebabnya ppenduduk Maroko jauh lebih suka teh mereka terasa manis.

Ada beberapa hal penting yang dianut warga Maroko perihal menikmati ‘Berber Whiskey’ ini, seperti berikut:


Traveler’s Choice: Menikmati Thailand Selama #DiRumahAja, ini Caranya


Tak perlu mewah
Meskipun kafe dan kedai teh sudah banyak terdapat di kota-kota besar Maroko, tapi warga lokal penggemar teh sejati tak akan mempersoalkan tempat untuk menikmati minuman wajib ini. Teh ini bisa ditemukan di kedai gang-gang sempit di pasar tradisional, di antara deretan rumah penduduk atau bahkan penjaja teh keliling. Ini yang sesungguhnya menjadi pengalaman menikmati teh seperti warga lokal.

TRENDING:  Essaouira, Jejak Portugis di Maroko

Advertisement


Diminum kapan saja
Beda dengan cappucino di Italia yang hanya disajikan di jam-jam tertentu di kedai kopi, teh mint Maroko bisa disesap kapan saja sepanjang hari sesuai keinginan. Di musim dingin bahkan teh mint disajikan setiap saat untuk membuat tuubuh tetap hangat, terutama saat memesan makanan di  restoran. Teh mint adalah rekomendasi terbaik untuk mendampingi semangkuk besarra (sup kacang) atau seporsi daging domba dalam tangia.

View this post on Instagram

Girlzz enjoying a #moroccantea in the medina of #eljadida #mazagan #girlstrip #visitmorocco @jessiquednau

A post shared by Visit Morocco (@visit_morocco_) on


Ritual wajib
Tak hanya dijual di kedai teh atau kafe, teh mint juga ditawarkan saat berkunjung ke rumah seseorang atau saat melakukan tawar menawar di pasar. Bagi warga lokal, teh mint adalah jati diri dan bagian dari tata krama mereka yang kental. Saat menuangkan di gelas pertama biasanya akan dituangkan tiga kali untuk memastikan rasa manisnya tercampur dengan baik dan orang tertua di dalam ruangan atau di meja akan dilayani lebih dulu.

TRENDING:  Kopi Turki yang Bikin Jatuh Hati

Bukan minuman cepat saji
Teh mint bukanlah minuman cepat saji yang mudah tersedia dan sengaja disiapkan dalam bentuk jadi. Minuman ini butuh diseduh secara konvensional dengan bahan-bahannya yang alami, seperti teh, daun mint dan gula. Airnya juga harus dipanaskan hingga mendidih dan dipastikan agar setiap tamu menerimanya dalam keadaan segar dan baru. Perlu sekitar 15 menit untuk menyiapkannya.

TRENDING:  5 Sajian Manis Ala Timur Tengah Buat Buka Puasa

Editor’s Choice: 7 Jalur Trekking di Bali untuk Lebih Dekat dengan Alam


Bersama kudapan manis
Teh mint biasanya disajikan dengan kudapan manis sebagai pendampingnya. Kue-kue tradisional Maroko biasanya terbuat dari kacang pistachio dan almon yang dibalur madu dengan tekstur yang lengket. Di kedai-kedai teh Maroko, beberapa sajian manis ini adalah teman sempurna untuk menyesap teh mint.

View this post on Instagram

A post shared by Visit Morocco (@visit_morocco_) on


Suasana masa lampau
Meskipun sudah banyak terdapat kafe-kafe modern dengan bangunan kontemporer dan mewah, namun menikmati teh mint ala Maroko yang terbaik adalah dengan menyesapnya di tengah suasana otentik. Turis dan warga lokal justru banyak memilih tempat-tempat bergaya lokal seperti  Café de France di Jemaa el Fna, Patisserie Driss di Essaouira kafe-kafe di sekitar Bab Boujloud.


Advertisement


Gambar utama oleh congerdesign dari Pixabay

Facebook Comments
Share This Articles