Now Reading:

Teh Tarik, Minuman Pemersatu Malaysia


Persatuan tak hanya lahir dari sejarah pertempuran dan politik. Dalam jagad gastronomi, tak sedikit sebuah bangsa justru menemukan semangat persatuannya pada kuliner tertentu. Di Malaysia, selain nasi lemak yang melegenda, teh tarik adalah contoh menarik.

Lahir dari racikan teh hitam, susu manis dan gula, teh tarik adalah bahasa universal di Malaysia. Dari pekerja super sibuk, pejabat, pelajar hingga selebriti, semuanya intim dengan teh tarik di kedai-kedai mamak hingga kopitiam.


Advertisement


Traveler’s Choice: Instagrammer Wajib Kesini: 8 Hotel Instagenik di Melaka


Teh tarik, siapa punya
Saling klaim kepemilikan sepertinya hal biasa antar negara tetangga. Teh tarik mengalami nasib serupa saat Singapura juga mengklaim bahwa minuman manis legit ini sebetulnya berasal dari Negeri Singa. Namun yang penting untuk diingat adalah minuman ini tercipta dari imigran Muslim India saat mereka mendiami Malaya untuk mengadu nasib.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by RM Kencrotnikmatjivva (@johncopelow) on

Di zaman kolonial, permintaan tenaga kerja untuk Asia Tenggara cukup tinggi. Maka Imigran Muslim India juga datang ke kawasan Temasik (kini Singapura) untuk bekerja. Tentu saja Temasik saat itu masih menjadi bagian dari Malaya sebelum berpisah pada 1965.

TRENDING:  Pantai-Pantai Eksotis di Malaysia Buat Liburan Keluarga

Editor’s Choice: 7 Tempat Wisata di Malaysia ini Jarang Diketahui Turis Indonesia


Para imigran inilah yang kemudian meramu teh dan menjualnya pada para penambang, buruh bangunan hingga orang kantoran. Jualan teh ini disebut sebagai sarabat, yaitu sebuah tradisi menjual minuman di warung-warung dan pedagangnya disebut chai wallah. Awalnya hanya berjualan untuk para pekerja, akhirnya warung-warung ini dipenuhi segala lapisan warga tanpa memandang ras dan profesi.


Advertisement


Rasa dari sisa-sisa
Banyak orang bertanya-tanya apayang membuat rasa teh tarik begitu berbeda dan istimewa. Dan tak sedikit orang yang salah paham mengira bahwa teh tarik menggunakan teh berkualitas tinggi. Kenyataannya justru sebaliknya!

Awalnya para chai wallah yang tak punya banyak uang ini kesulitan mendapatkan bahan-bahan membuat teh sesuai resep di kampung halaman mereka di India yang menggunakan aneka rempah. Tak habis akal, teh pun dibuat dari debu teh alias sisa-sisa pemrosesan daun teh untuk menghindari harga teh yang mahal.


Traveler’s Choice: 6 Aktivitas Seru Saat Wisata Belanja di Kuala Lumpur


Masalahnya, debu teh ini rasanya kelewat pahit. Untuk mengakalinya, mereka menggunakan susu kental manis yang lebih mudah didapat dibanding rempah-rempah ala India.

TRENDING:  6 Aktivitas Seru Wisata Belanja di Kuala Lumpur

Advertisement


Ditarik bukan diaduk
Darimana asalnya seni membuat teh tarik yang khas itu? Konon para chai wallah ini setelah sukses menemukan ramuan pengurang rasa pahit, mereka juga melakukan banyak teknik untuk proses pembuatannya. Salah satunya adalah dengan mencampur teh, gula dan susu kental manis dengan menarik-narik antara dua pitcher dan bukan mengaduknya.

View this post on Instagram

A post shared by Jeremy Chew Photography (@jeremychewcs) on

Teknik tak lazim ini diklaim lebih bagus daripada mengaduk karena rasa manis dan aroma tehnya lebih merata dan lebih nikmat. Satu lagi yang menarik dari teknik ini adalah menghasilkan busa halus mirip bir pada teh yang dihidangkan. Tentu saja ini menjadi ciri tersendiri dibanding sajian teh pada umumnya.

Gaya para chai wallah yang menarik-narik teh ini kemudian mebuat penduduk lokal menjuluki teh yang dijual sebagai ‘teh tarik’ dan nama ini tetap lestari hingga kini.

TRENDING:  5 Alasan Shopaholic Harus Mampir dan Belanja di KWC Kuala Lumpur

Traveler’s Choice: 11 Tempat Wajib Kunjung di Central Market Kuala Lumpur


Di Malaysia sendiri kini tak hanya kaum India yang menjual teh tarik, namun di kedai-kedai kopitiam Cina pun tersedia teh tarik ala Cina. Tak banyak bedanya, hanya di takaran susunya saja yang menjadi penanda. Muslim India biasanya lebih suka menyajikan teh tarik di gelas kaca dengan rasa lebih manis. Teh tarik ala kopitiam Cina disajikan dalam cangkir dengan rasa yang tak terlalu manis.


Advertisement


Gambar utama oleh Sharon Ang dari Pixabay

Facebook Comments

POPULAR

Share This Articles