Now Reading:

“Timeless Harmony”, Sebuah Perayaan Arsitektur Bali di Amandari


Rasanya, ini adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Bali, terutama bagi para pecinta arsitektur dan fotografi. Amandari akan menjadi tuan rumah dari peluncuran buku dan pameran foto bertajuk “Timeless Harmony Photo Exhibition“. Sebuah acara yang memberikan pencerahan perihal makna dan filosofi di balik arsitektur Bali dan berlangsung dari 17 hingga 30 Oktober 2021.

Rusdi Sanad, fotografer sekaligus pembuat buku “Timeless Harmony” juga direncanakan akan hadir pada acara tersebut. Buku tersebut menceritakan 10 tahun perjalanan yang menggabungkan filosofi dan pendekatan budaya Bali yang unik ke dalam desain arsitektur modern oleh SHL Asia, salah satu konsultan arsitektur dan seni yang berbasis di Bali.

Merayakan momen ini, para tamu Amandari akan dimanjakan dengan suasana khas Desa Kala Patra yang terdapat di restoran di lantai dua sambil menikmati sajian lokal sebelum menyaksikan peluncuran buku fotografi ini. Seremoni yang menarik ini merupakan kolaborasi dengan Ubud Writers & Readers Festival 2021 yang akan berlangsung pada 8 hingga 17 Oktober 2021.


Foto: Amandari


Sebuah Penghargaan Pada Alam dan Budaya

Tujuan dari buku “Timeless Harmony” ini adalah untuk mengenang filosofi Bali dan kembali memperkenalkan budaya Bali melalui desain. Buku ini juga merupakan kontribusi SHL Asia dan Rusdi Sanad dalam melestarikan budaya asli setempat dengan memberikan perspektif baru dan sebagai media untuk mewariskan nilai budaya lokal kepada generasi yang akan datang.

TRENDING:  Eksplor Budaya & Kuliner Jawa Tengah Bersama Amanjiwo

Bab-bab dalam buku “Timeless Harmony” dinamai menurut frasa Bali, yaitu Desa, Karang Awak, Wana dan Pesisi yang menampilkan karakter arsitektur yang berbeda di Bali dari vila, hotel, dan resor. Bab Desa bercerita tentang kehidupan desa, yang menekankan pada pemanfaatan bahan, pola, pemilihan tumbuhan, dan implementasi karya seni. Bab Karang Awak mengadaptasi geguritan (puisi) lama yang ditulis oleh seorang perajin kata Bali yang sangat terkenal pada abad ke-20, Ida Pedanda Made Sidemen. Bab terpenting dari buku ini, Karang Awak juga menceritakan kisah kultivasi dan refleksi diri yang tercermin melalui setiap desain yang ditampilkan.


Foto: Amandari


Sedangkan bab Wana menyoroti unsur-unsur alam dalam desain arsitektur yang berpadu dengan alam sekitar untuk mencerminkan hubungan antara manusia dan alam. Bab Pesisi menekankan peran dan makna penting air bagi Bali dan bagaimana ia ditempatkan secara strategis dalam desain yang terinspirasi oleh suasana pantai yang khas.

TRENDING:  Come Sail Away! Saatnya Jelajahi Indonesia Bersama Amandira

 

Para Kurator

Tak kalah menarik dari acara ini adalah para kurator yaitu:

I Kadek Agus J. Sastaparamartha

Dikenal juga dengan nama Sasta Jelantik, sangat menyukai alam dan seni. Pengenalan pada lanskap dimulai ketika dirinya bekerja di Bensley Design Studio, dimana ia mengagumi desain dan gaya Bill Bensley yang sangat indah dan berhasil mendapatkan kepercayaan untuk memimpin sebuah proyek di Shanghai, China di mana ia bertemu dengan rekannya, I Gusti Agung Ngurah Widianingrat yang juga dikenal sebagai Jung Yat. Bersama, mereka berbagi semangat dalam seni dan lanskap serta mendirikan SHL Asia.


Foto: Amandari


Rusdi Sanad

Telah menjadi fotografer profesional sejak 2007 dan berfokus pada fotografi komersial untuk korporasi dan arsitektur dengan spesialisasi di bidang perhotelan. Karya-karyanya telah dipamerkan secara global, termasuk di China, Maladewa, Uni Emirat Arab, Sri Lanka, Malaysia, dan Singapura.

TRENDING:  Merayakan Self-Healing Ala Amanjiwo

Kemampuannya dalam menangkap karakter dari suatu objek menghasilkan berbagai kolaborasi antara dirinya dengan brand-brand ternama di Bali termasuk Aman. Karya fotografinya dipamerkan di Amandari dalam rangka peluncuran buku “Timeless Harmony” dan pameran foto yang terbuka untuk umum. Sanad terus berkontribusi kepada masyarakat dengan menyelenggarakan lokakarya fotografi untuk fotografer muda dan calon fotografer.

 

Untuk informasi selengkapnya bisa menghubungi amandari@aman.com atau +62 361 84 68585 serta mengakses situs www.amandari.com

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles