Now Reading:

Tak Makan Daging? 5 Kota di Jepang ini Punya Kejutan untuk Para Vegan


Jepang sebetulnya tak mewarisi tradisi vegan. Tren menjadi herbivora inipun tak sesubur di negara-negara Barat karena warisan kuliner Jepang yang umumnya mengkonsumsi hidangan laut dan daging-dagingan.

Namun budaya vegan di Jepang teryata ditumbuhkan dalam kehidupan para  biksu yang santapan sehari-harinya dijamin cruelty-free alias tak menyakiti hewan. Tradisi leluhur bernama shojin-ryori ini mengharuskan seseorang menyantap hidangan non-hewani dan hanya olahan dari tanaman saja yang boleh disantap.

Sulitkah mendapatkan tempat yang ramah vegan di Jepang? Berikut lima kota yang bisa jadi kejutan bagi kaum vegan di Negeri Sakura ini:


Travelers’ Choice:  7 Streetwear ala Jepang, Bekal Bergaya Saat Traveling


Osaka
Bagaimana bisa? Osaka yang dijuluki “dapurnya Jepang” ini terkenal sebagai ibukota pecinta daging. Kuliner favorit di sini adalah takoyaki gurita dan okonomiyaki yang terbuat dari telur. Saking foodie-nya, di Osaka sampai ada istilah “kuidaore” yang menggambarkan kecintaan mereka pada makanan.

Namun beberapa restoran bebas hewani mulai bermunculan. Paprika Shokudo di kawasan Shinsaibashi menghadirkan menu-menu Barat yang ramah vegan, seperti pizza dan parfait yang bebas susu hewani. Rocca juga menyediakan set menu klasik Jepang yang terdiri dari sayur-sayuran yang ditanam sendiri. Megumi juga menjadi restoran klasik Jepang yang berkomitmen bebas hewani, dengan menu andalannya okonomiyaki tanpa telur.


Kamakura
Kamakura memang tak sepopuler kota-kota besar lainnya di Jepang. Kota ini juga tak mengenal shojin-ryori secara umum, tapi menengok keberadaan restoran Kamakura Hachinoki yang dikelilingi kuil, peenganut vegan rasanya harus menyediakan waktu khusus untuk mampir ke sini.

TRENDING:  6 Lokasi Nyata yang Jadi Inspirasi Animasi Studio Ghibli

Kamakura Hachinoki masih setia menyajikan menu shojin-ryori otentik yang sama persis dengan menu para biksu di kuil-kuil kuno. Restoran ini adalah satu dari dua tempat makan yang khusus menyediakan menu vegan di Kamakura.

View this post on Instagram

A post shared by 鎌倉 鉢の木 (@hachinoki.kamakura) on


Kyoto
Para vegan tak mungkin melewatkan pusat kultural Jepang yang satu ini. alah satu pengalaman terbaik menikmati hidangan ala shojin-ryori di sini adalah di Shigetsu yang berada di dalam kawasan kuil Tenryuji. Suasananya pun mewakili budaya Jepang yang otentik dengan ruangan tatami yang menghadap ke kolam ikan koi.


Travelers’ Choice: Romantis dan Fotogenik, ini 7 Taman Nasional Wajib Kunjung di Jepang 


Sedikit blusukan, kota ini juga banyak memiliki restoran yang menyediakan oshinko-maki (sushi sayur acar) dan sayuran tempura. Pasar Nishiki menyediakan beberapa kios yang menjual sate nasi bakar dan es krim kedelai. Restoran Tousuiro menyajikan kaiseki berbahan utama tahu yang diperkenalkan oleh para biksu pada abad 8.

TRENDING:  Manhole Unik Bertema Pokémon, Cuma Ada di Jepang

Bila punya dana terbatas, pergilah ke Nara, kota kecil tetangga Kyoto yang populer dengan shojin-ryori dengan harga yang lebih terjangkau dibanding Kyoto.

View this post on Instagram

A post shared by Nastasha Alli (@nastashaalli) on


Sapporo
Ibu kota Hokkaido ini sebetulnya bukan kota vegan karena ia terkenal dengan seafood, produk susu dan jingisukan (Genghis Khan) – makanan lokal yang dibuat dari daging kambing. Namun di dekat Taman Maruyama terdapat jaringan restoran populer, Itadakizen yang terkenal dengan menu-menu organik yang mengandalkan mi, tahu dan sayuran. Di restoran ini tak ada gula, bahan kimia, dan pastinya tak ada daging. Sapporo juga terkenal dengan produk bir yang bernama sama dengan nama kotanya dan diproduksi dengan bahan-bahan bebas zat hewani.


Tokyo
Tak sulit menemukan makanan vegan di Tokyo karena kota ini adalah melting-pot dari semua penjuru dunia. Ume onigiri (nasi plum), mochi, pasta kacang merah dan daigaku imo (manisan ubi jalar) cukup mudah ditemui di kota ini.

View this post on Instagram

A post shared by 8ablish (@8ablish) on

Beberapa restoran yang direkomendasikan untuk para vegan adalah T’s Tantan di Stasiun Tokyo yang menyajikan ramen vegan dan 8ablish di Minato City menyajikan berbagai kudapan manis berbahan alami khusus kaum vegan. Sisanya, Tokyo masih menyimpan banyak sekali restoran vegan dengan menu-menu otentik dan kontemporer.

Facebook Comments

POPULAR

Share This Articles