Now Reading:

7 Atraksi Wisata di Kuching, Sarawak yang Tak Kalah Seru dengan Kuala Lumpur


Banyak wisatawan yang hanya mengingat Kuala Lumpur atau Penang saja saat berkunjung ke Malaysia. Dengan keanekaragaman budaya yang dimiliki, Malaysia juga punya destinasi yang jarang terdeteksi radar turis namun tetap menarik untuk disambangi.

Berada satu pulau dengan Indonesia, Sarawak yang juga bertetangga dengan Brunei Darussalam dan Sabah, sebetulnya lebih mudah dikunjungi terutama untuk warga Indonesia yang berdomisili di Kalimantan Barat. Menawarkan Kuching sebagai destinasi utamanya, mengunjungi Sarawak sepertinya layak diagendakan untuk liburan berikutnya.

Lalu, apa saja yang menarik untuk dikunjungi dan dilakukan di Kuching?


Travelers’ Choice: 11 Tempat Wajib Kunjung di Central Market Kuala Lumpur


Jelajah kota tua
Ingin lebih dekat dengan suasana lokal? Arahkan peralanan ke Main Street yang merupakan jalanan tertua di Kuching. Selain deretan bangunan klasik, di sini juga terdapat kuil-kuil bersejarah yag berusia lebih dari 200 tahun, Old Court House dan Central Post Office dengan bangunan bergaya Renaissance. Jangan lupa mampir ke Carpenter Street untuk belanja oleh-oleh.

TRENDING:  Courtyard by Marriott Penang, Kenyamanan Baru di Kota Kuliner Malaysia

Bertualang di taman nasional
Bagi pecinta alam, sempatkan untuk mampir ke Taman Nasional Bako yang merupakan rumah dari bunga terbesar, Rafflesia. Bila masih kurang puas, Taman Nasional Gunung Gading juga bisa diagendakan.

View this post on Instagram

A post shared by Sarawak #MoreToDiscover (@sarawaktravel) on

Bersantai di Kuching Waterfront
Sambil menikmati pemandangan, di sini juga bisa naik sampan untuk mengeksplor kampunng-kampung sekitar atau sekadar jalan santai di Jembatan Darul Hana yang ikonik. Kawasan yang lokasinya dekat dengan Main Bazaar Street ini juga memiliki benteng kuno dan Chinese Museum yang kaya sejarah.

View this post on Instagram

A post shared by Sarawak #MoreToDiscover (@sarawaktravel) on

Mengunjungi Sarawak Culture Village
Kampung wisata yang berkonsep living museum ini adalah tempat yang menarik untuk mengenal lebih jauh suku-suku asli yang mendiami Sarawak. Ras mayoritas yang ada di Sarawak adalah Iban, Bidayuh, Melanau, Ulu, Melayu dan Tiongkok. Di tempat inilah pengunjung bisa menyaksikan teater dan pentas budaya sambil mencicipi makanan lokal yang autentik.

TRENDING:  Eksplor Kuala Lumpur Naik Sepeda? Begini Caranya

Belanja di Pasar Satok
Salah satu cara paling menyenangkan untuk mengenal masyarakat lokal adalah dengan mengunjungi pasar tradisional. Pasar Satok adalah pasar akhir pekan yang populer dan merupakan pasar basah terlengkap yang ada di Kuching. Mulai dari sayuran, daging hingga jajanan kuliner lokal yang menggoda selera ada di sini.

View this post on Instagram

A post shared by Yee Ming Hwa (@mhwa76) on

Bertamu ke rumah panjang
Rumah Panjang Annah Rais adalah tempat terbaik untuk mengenal lebih dekat kehidupan Suku Bidayuh. Mulai dari bangunan hingga beberapa perengkapan rumah tangganya terbuat dari bambu dan kayu, dan bila menyukai minuman alkohol, tuak Suku Bidayuh juga direkomendasikan untuk dicoba.

View this post on Instagram

A post shared by Sarawak #MoreToDiscover (@sarawaktravel) on

Memuaskan selera dengan kuliner lokal
Beberapa makanan lokal yang harus dicoba adalah Kolo Mee, mi yang bercampur sayuran disajikan dengan daging cincang dan daging barbekyu; Laksa dengan rasa yang cenderung pedas dan bagi yang bisa mengkonsumsi makanan non-halal bisa mencoba Kueh Chap, sup daging babi yang disajikan dengan kuah kaldu yang kaya rasa.

TRENDING:  Menikmati Seni di Penang International Container Art Festival

Gambar utama oleh travelphotographer dari Pixabay

Facebook Comments

POPULAR

Share This Articles