Now Reading:

Belmond dan Parley for the Oceans Galang Komitmen Jaga Ekosistem Laut

Klook.com

Belmond – Juli 2024 menandai langkah besar bagi Belmond dan Parley for the Oceans. Kedua organisasi ini mengumumkan kemitraan baru yang bertujuan mendukung dan menginspirasi jaringan Ocean Guardian, menciptakan warisan abadi untuk lautan melalui pendidikan, konservasi aktif, dan menetapkan standar baru dalam perhotelan. Berlandaskan kecintaan pada planet ini dan rasa keterhubungan dengan tempat, waktu, dan komunitas, Belmond menegaskan bahwa “sebagai penghubung dan kurator, kita harus terlebih dahulu menjadi pengasuh”.

Kolaborasi yang Menginspirasi

Belmond dan Parley for the Oceans berkomitmen memperluas kerangka kerja mereka untuk menjadi penjaga setia ekosistem dan komunitas yang mereka layani. Maroma, A Belmond Hotel, Riviera Maya, menjadi simbol perubahan dan pilot project dari kemitraan ini.

Lautan adalah esensial bagi semua kehidupan di Bumi, menutupi 70% planet kita dan menampung 99% biosfer.

Lautan mengatur iklim, memproduksi setengah oksigen dunia, serta menyediakan makanan dan mata pencaharian bagi jutaan orang. Sayangnya, aktivitas manusia telah mengancam lautan dengan polusi plastik, emisi gas rumah kaca dari bahan bakar fosil, dan hilangnya keanekaragaman hayati.

Belmond dan Parley for the Oceans memahami ancaman ini dan berupaya bersama menuju masa depan yang lebih berkelanjutan.

belmond

Parley for the Oceans (Foto: Dok. Belmond)

Inisiatif Berkelanjutan di Maroma

Riviera Maya di Meksiko, yang dikelilingi hutan zamrud dan Laut Karibia, adalah rumah bagi terumbu karang terbesar kedua di dunia dan empat spesies penyu laut yang terancam punah: Putih, Loggerhead, Hawkbill, dan Leatherback. Maroma telah menjalankan berbagai inisiatif keberlanjutan selama dekade terakhir, termasuk program konservasi penyu, kemitraan dengan Amigos de Sian Ka’an, dukungan bagi nelayan lokal, serta perlindungan sarang lebah Melipona yang dianggap sakral oleh budaya Maya.

TRENDING:  Liburan di Jakarta: Ada Promo Staycation dari ARTOTEL Suites Mangkuluhur

Dengan kolaborasi Parley, Maroma akan memperkuat komitmennya terhadap konservasi melalui Strategi Parley AIR (Avoid, Intercept, Redesign). Inisiatif ini melibatkan komunitas dan menghormati budaya Maya serta penduduk lokal sebagai penjaga alam.

Mengambil Tindakan Nyata

Kemitraan ini mencakup berbagai inisiatif, mulai dari konservasi aktif hingga perubahan operasional dan pendidikan laut. Di antaranya adalah program pendidikan untuk anggota tim hotel yang bertujuan menumbuhkan pemahaman mendalam tentang lautan, serta Parley AIR Talks yang disesuaikan dan diadakan di Maroma. Program ‘Ocean Guardian’ Maroma juga akan melibatkan peran karyawan dalam melindungi lingkungan lokal mereka, bekerja sama dengan jaringan para pakar Parley.

belmond

Aksi Parley for the Oceans di lautan (Foto: Dok. Parley for the Oceans)

Belmond dan Parley juga akan mendukung proyek konservasi, restorasi, dan sains warga yang penting untuk melindungi terumbu karang. Inisiatif lain termasuk memperluas zona perlindungan dan area peneluran penyu laut, mengurangi dampak sargassum invasif, serta mengambil tindakan melawan polusi plastik melalui pembersihan pantai. Materi dan program pendidikan akan dikembangkan untuk melibatkan tamu hotel dalam program eksplorasi dan pendidikan laut.

TRENDING:  Hotel Legendaris Sari Pacific Jakarta Kini Bergabung dengan Autograph Collection Hotel

Masa Depan yang Berkelanjutan

“Setiap proyek dan kemitraan di Parley dimulai dengan kecintaan pada lautan dan keinginan mempererat hubungan dengan alam,” kata Cyrill Gutsch, Pendiri Parley for the Oceans. Aliansi dengan Belmond bukan sekadar ‘eko-wisata,’ tetapi mendefinisikan ulang perjalanan mewah yang berakar pada tujuan dan keterhubungan dengan tempat.

TRENDING:  Novotel Gandeng WWF, Jaga Keseimbangan Laut Dunia

Dengan pendekatan ‘Think Global, Act Local’, Belmond sangat antusias memulai kolaborasi ini di Maroma. Program Penjaga Laut akan memberdayakan tim, tamu, dan komunitas lokal untuk melestarikan ekosistem berharga ini. Melalui kemitraan ini, Maroma akan menjadi penjaga garis pantai, menulis babak baru dalam komitmen berkelanjutan terhadap lingkungan.

 

 

POPULAR

Share This Articles
Klook.com