Now Reading:

Meditasi dengan Menatap Lilin, Apa Manfaatnya?


Ada banyak anggapan yang mengatakan bahwa meditasi selalu membutuhkan ruang khusus yang dirancang sedemikian rupa untuk mendatangkan ketenangan. Meditasi harus di sisi pantai dengan deburan ombak yang menggelora. Tidak selamanya benar! Ada meditasi yang hanya cukup dengan menatap cahaya lilin saja. Dikenal dengan nama meditasi Trataka.

Trataka melibatkan mata yang berfokus pada satu titik dengan penuh perhatian namun dalam jiwa yang santai. Sebagian orang memilih Trataka dengan fokus pada matahari terbit atau terbenam. Namun dengan menggunakan lilin artinya bisa mempermudah siapapun untuk melakukan meditasi sesuai waktu dan tempat yang diinginkan. Trataka sangat sesuai bagi orang yang susah menenangkan pikiran saat mata terpejam.

Pada dasarnya meditasi sendiri adalah melatih fokus pikiran sehingga akan memiliki pandangan yang jernih tentang masa kini dengan tetap merasakan ketenangan. Umumnya meditasi dilakukan sambil duduk dengan tenang selama 15 hingga 20 menit.

Trataka menawarkan beberapa manfaat untuk kesehatan jiwa dan tubuh, seperti:

TRENDING:  3 Jurus Kebugaran Ala Kagi Maldives Spa Island

1. Meredam rasa gelisah

Layaknya meditasi pada umumnya, meditasi menatap lilin pada umumnya bertujuan untuk menarik perhatian dari suasana kegaduhan rutinitas sehari-hari. Lilin berfungsi sebagai alat untuk membantu fokus pikiran dan membuang jauh-jauh segala rasa cemas dalam beberapa saat.

Photo by Engin Akyurt from Pexels

2. Meningkatkan konsentrasi dan disiplin

Meditasi bukan berarti duduk dan berdiam diri. Secara tak sadar dibutuhkan kedisipilinan untuk bisa melatihnya dengan rutin. Berlatih meditasi juga butuh konsentrasi yang tinggi selain ketekunan untuk menjalaninya. Tanpa dua hal tersebut, memusatkan pikiran pada satu hal amatlah sulit.

3. Mengambil keputusan jadi lebih baik

Meditasi menatap lilin akan membuat jiwa serasa tenggelam dalam suasana yang nyaman dan menghilangkan beban pikiran. Karena kondisi inilah maka para pelaku meditasi ini juga akan merasakan jiwa dan pikiran yang lebih jernih untuk mengambil keputusan.

4. Tidur lebih nyenyak, insomnia hilang

Pernah merasakan susah tidur dan seperti ada sesuatu yang selalu terpikirkan di kepala saat malam tiba? Tidur adalah momen dimana tubuh kita memulai proses pemulihan setelah seharian beraktivitas. Melewatkan waktu tidur di malam hari tentunya berdampak buruk untuk kesehatan.

TRENDING:  Rehat di Rumah Sehat, VERDE TWO

Dengan rutin bermeditasi menatap cahaya lilin, stres dan beban pikiran akan berkurang dan bahkan hilang. Luangkan saja beberapa menit untuk bermeditasi trataka sebelum naik ke ranjang di malam hari.

Bagaimana Cara Memulainya?

Meditasi menatap cahaya lilin dilakukan dengan durasi satu hingga tiga menit dengan menatap cahaya lilin tanpa berkedip sekalipun dan tanpa terganggu pikiran lain yang berlalu-lalang di kepala. Untuk itu, sebagai langkah awal bisa memilih ruangan tertentu yang bebas dari segala keramaian dan membuat nyaman untuk berkonsentrasi.

Buatlah suasana senyaman mungkin dan letakkan lilin sejajar dengan pandangan mata. Bila mata mulai berair saat menatap lilin, jangan dihentikan dan berkedip. Tetaplah berkonsentrasi, namun bila mata terasa tak sanggup lagi untuk terus menatap, tutuplah mata dan teruskan imaji lilin yang menyala dalam pikiran.

TRENDING:  Pentingnya "Self-Care" untuk Kebugaran Jiwa

Untuk menghindari mata yang tegang dan mungki meradang, jangan terus-terusan menatap lilin sampai lebih dari 10 menit untuk mengindari kerusakan pada mata dan memang 10 menit adalah waktu yang sangat cukup untuk melakukan meditasi ini. Pastikan untuk menggunakan lilin yang menggunakan bahan organik, seperti lilin lebah atau lilin kedelai untuk menghindari racun dari lilin biasa.

Photo by Elina Fairytale from Pexels

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles