Now Reading:

Tip Belajar Surfing untuk Pemula, Bisa Bikin Ketagihan Kejar Ombak!


Sepintas, surfing atau selancar ombak seperti sepi peminat di kalangan turis domestik. Para surfer yang kecanduan mengejar ombak biasanya identik dengan wisatawan asing yang rela menghabiskan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan hanya untuk mencari tempat berselancar yang nyaman.

Namun, sekadar mempelajari surfing sebetulnya adalah hal menarik untuk dicoba. Selama ini surfing selalu ditampilkan sebagai olahraga ekstrem yang pemainnya dikejar gulungan ombak setinggi tribun stadion. Padahal nyatanya, surfing adalah aktivitas yang menyenangkan dan bisa dilakukan oleh orang yang sama sekali baru mengenal surfing.

Berikut adalah tip sederhana untuk bermain surfing dengan aman dan nyaman bagi pemula:

Foto: Mamaka by Ovolo

Papan selancar yang besar

Ada berbagai ukuran papan selancar yang tersedia untuk surfing. Untuk pemula disarankan menggunakan papan yang besar dan lebih panjang. 

Papan berukuran besar untuk pemula juga biasanya memiliki ujung yang melengkung, bukan runcing seperti papan untuk para profesional. Sederhananya, semakin besar ukuran papan selancar, semakin mudah menyeimbangkan diri saat berselancar.

 

Kuasai teknik renang

Hampir seluruh gerakan dalam surfing mengacu pada gerakan berenang, terlebih kalau jatuh ke laut dan tergulung ombak. Di sini, teknik berenang mutlak diperlukan meskipun ombak tidak terlalu besar.

TRENDING:  Jimbaran Puri Ajak Pengrajin Lokal Kenalkan Budaya Bali Lebih Dekat

 

Gunakan pakaian surfing

Banyak para pemula memilih untuk membuka bajunya untuk bermain surfing dengan alasan lebih nyaman saat harus berbasah-basahan di laut. Padahal, bermain surfing dianjurkan memakai pakaian khusus yang umumnya menutupi hampir seluruh tubuh. Terutama kalau bermain surfing di daerah tropis.

Ini berguna untuk melindungi kulit dari sengatan matahari dan cedera dari gesekan-gesekan dengan batu, dasar laut atau benda lain saat jatuh dan tersapu ombak. Biasanya disebut dengan UV surf shirt. Ya, siap main surfing berarti harus siap tergulung ombak!

Foto: Mamaka by Ovolo

Lakukan pemanasan

Jangan menganggap remeh dengan pemanasan saat main surfing. Ini adalah aktivitas yang benar-benar akan menguras tenaga dari awal. Bayangkan saja, menggotong papan surfing bukanlah perkara mudah. Terlebih papan surfing pemula yang ukurannya bisa sepanjang mobil MPV 7 seater.

Gerakan dalam bermain surfing juga membutuhkan kolaborasi seluruh anggota tubuh terutama saat melakukan paddling (mendayung dengan tangan untuk menuju titik ombak).

Gerakan dari rebahan sampai berdiri di papan surfing juga membutuhkan energi tersendiri supaya bisa berdiri dengan tepat waktu saat ombak datang.

Foto: Mamaka by Ovolo

Untuk itu, lakukanlah pemanasan sebaik-baiknya untuk menghindari cedera otot.

TRENDING:  Liburan Sambil Belanja di Ubud Artisan Market

 

Gunakan pemandu berpengalaman

Banyak kursus surfing yang ditawarkan terutama bagi para pemula, seperti salah satunya yang ditawarkan oleh Mamaka by Ovolo di Bali. Selain menyediakan akomodasi yang ekstra nyaman, hotel di kawasan Kuta ini juga berkolaborasi dengan Quiksilver Bali Surf Academy untuk menawarkan paket belajar surfing.

Sebagai mitra, Quiksilver Bali Surf Academy menyediakan paket belajar surfing yang dipandu oleh para instruktur berpengalaman dan bersertifikat ISA (International Surfing Association). Kursus menyenangkan ini juga sudah termasuk dengan UV surf shirt yang nyaman digunakan dan mampu menahan sinar matahari, satu jam bebas menggunakan papan selancar setelah kursus, dan tabir surya, handuk serta air minum.

TRENDING:  Segera Hadir di Ungasan: Minoo Beach Club

Bila hanya ingin menyewa papan surfing saja, Quiksilver Bali Surf Academy juga menyediakan berbagai pilihan papan dengan berbagai ukuran, sesuai dengan kebutuhan. Untuk harga dari paket kursus surfing bisa diunduh di sini.

Foto: Jason Child

Jangan lupa bersenang-senang

Selama ini mungkin surfing sering digambarkan sebagai aktivitas yang menyeramkan, terutama bagi yang tidak bisa berenang. Tapi percayalah, bila dilakukan dengan benar dan dipandu oleh instruktur profesional seperti Quiksilver Bali Surf Academy, surfing bisa jadi aktivitas menyenangkan yang tak terlupakan. Bahkan bisa membuat ketagihan!

 

POPULAR

Share This Articles