Now Reading:

Belajar Cintai Hiu di “Shark Awareness Day” Jakarta Aquarium Safari

Klook.com

Jakarta Aquarium Safari – Selama ini kita mungkin keliru menganggap hiu sebagai predator laut yang ganas dan menakutkan. Setidaknya ini dibuktikan pada puncak perayaan “Shark Awareness Day” yang diadakan di Jakarta Aquarium Safari (JAQS) pada Minggu, 14 Juli 2024.

Hari Peduli Hiu yang mengangkat tema “Why do we have to love and protect sharks?” ini diramaikan dengan acara storytelling dan talkshow bersama Ismail Alaydrus dari Konservasi Indonesia sebagai tokoh ahli di bidang hiu dan pari.

Menurutnya, hiu sebetulnya makhluk yang sangat sensitif dan cenderung menjauhi manusia. Berbeda dengan yang digambarkan pada film-film yang selama ini kita saksikan. Hiu hanya memburu ikan-ikan yang berukuran kecil yang sudah tua dan kondisinya sakit. Sensor pada hiu membuatnya mampu menilai mana ikan yang sudah tua dan sakit serta ikan-ikan yang sehat.

TRENDING:  Qatar Airways Bermitra dengan United for Wildlife Cegah Perdagangan Satwa Liar

World Wildlife Fund (WWF) juga menguatkan keberadaan hiu di Indonesia yang mencapai 218 spesies atau sekitar 20 persen dari populasi hiu dunia dan jumlahnya terus menurun. Berkurangnya jumlah hiu membuat ekosistem laut juga terancam, karena hiu adalah predator tertinggi di laut.

jakarta aquarium safari

Foto: Yudasmoro Minasiani

Itu sebabnya Jakarta Aquarium Safari menegaskan keterlibatannya dalam program peduli hiu ini.

“Konservasi satwa memerlukan kontribusi dari banyak pihak, seperti lembaga konservasi pemerintah dan swasta seperti Jakarta Aquarium Safari,” terang Abdul Wahid Hasdar, Deputy Manager Life & Science Department Jakarta Aquarium & Safari.

TRENDING:  Dusit Tea Garden dan Dusit Farm, Wisata Baru Berbasis Sustainable di Jepang

“Itulah alasan kami mengundang banyak pihak serta pengunjung untuk sama-sama merayakan acara yang dikemas menarik dan informatif,” tambahnya.

Aktivitas Menarik

Selain peduli hiu, JAQS juga mengadakan berbagai kegiatan konservasi seperti pelepasan penyu dan penanaman mangrove di Kepulauan Seribu. Di Jakarta Aquarium Safari, pengunjung juga bisa merasakan pengalaman Animal Encounter dan berfoto bersama ular, burung macaw, bamboo shark, kecoa Madagaskar, crocodile skink, bintang laut dan masih banyak lagi.

Pengunjung juga bisa mencoba memberi makan ikan pari, binturong, dan pinguin humboldt di Pingoo Restaurant. Selain itu ada juga pertunjukan Mermaid Show dengan tema “Guardian of the River” dan “Pearl of the South Sea”.

TRENDING:  Prince Harry Luncurkan Gerakan Travel Ramah Lingkungan di Selandia Baru

Pengalaman yang lebih intim juga bisa dirasakan dengan mencoba Aquatrekking dan Funtasy Diving serta makan romantis dalam Anemone Dining Experience yang berada di bawah air dikelilingi ikan.

 

POPULAR

Share This Articles
Klook.com