Now Reading:

Forest Bathing di Kuala Lumpur dan Sekitarnya, ini 7 Tempat Rekomendasi Warga Lokal


Forest bathing di Kuala Lumpur – Biasanya, Kuala Lumpur identik dengan destinasi belanja, kulineran dan wisata budaya. namun bukan berarti jantungnya Malaysia ini jauh dari alam yang asri. Beberapa tempat di pusat kota dan sekitarnya bahkan sudah menjadi favorit warga lokal untuk mendekatkan diri dengan alam.

 

Forest Bathing Usai Pandemi

Terutama selepas pandemi, meluangkan waktu untuk berwisata ke tempat-tempat terbuka yang dekat dengan alam memang direkomendasikan. Itu sebabnya bila sedang merencanakan liburan di Kuala Lumpur, jom, kunjungi beberapa lokasi hijau berikut ini untuk forest bathing. Tak begitu jauh dari pusat kota.

Kota Damansara Community Forest

Disingkat menjadi KDCF, tempat ini begitu populer di kalangan warga lokal yang senang dengan alam asri. Secara umum, tempat yang teduh ini memiliki lima jalur trekking membelah hutan dan satu danau besar dekat area pintu masuk. Ini adalah sisa dari bekas proyek Sungai Buluh Forest Reserve yang pada tahun 1980-an sempat dihentikan.

forest bathing kuala lumpur

Foto: M. Marzuki Mohamed (Dok. KDCF)


Taman Rimba Kiara

Saking luasnya tempat terbuka hijau ini, pengunjung bisa meilih tiga area untuk dieksplor.  Kiara Hill Walk menawarkan rute-rute tanjakan yang menantang menuju ke puncak perbukitan. Bagi yang ingin bersantai dengan suasana teduh yang menenangkan, bisa memilih area Taman Rimba Kiara yang juga memiliki danau. Sedangkan area ketiga adlah Taman Rimba Kiara yang berada dekat dengan IMB Building.

TRENDING:  Meditasi dengan Menatap Lilin, Apa Manfaatnya?

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada saat hari kerja untuk menghindari kerumunan orang. Pastikan untuk mengenakan pakaian yang santai dan alas kaki yang nyaman untuk menjelajahi daerah ini sambil melakukan forest bathing.

forest bathing kuala lumpur

Foto: tamanrimbakiara.net


Taman Botani Shah Alam

Taman yang rindang ini memiliki kawasan yang sangat luas namun posisinya tak jauh dari pusat kota. Di akhir pekan, tempat ini biasanya dipadati warga sekitar. Namun meskipun begitu, sebaiknya tidak mengeksplor taman ini terlalu dalam dan jauh mengingat lahannya yang begitu luas dan untuk menghindari risiko tersesat.

TRENDING:  Bakar Lemak dengan Pilates di Akhir Pekan ini, Pencerahan dari OCTAVE Institute
Foto: IG @tamanbotaninegarashahalam

Bukit Gasing Forest Park

Tempat ini tepatnya berada di daerah Petaling Jaya dan merupakan salah satu lokasi tertua yang ada di sini. Ada beberapa jalur trekking dan tempat-tempat sempurna untuk melalukan forest bathing dengan santai. Namun begitu disarankan untuk datang ke tempat ini di hari kerja, karena di akhir pekan, tempat ini juga dipadati warga sekitar yang ingin menghirup udara segar alami.

Taman Rimba Bukit Kerinchi

Tempat ini secara lokasi memang berada di Kuala Lumpur, tapi sebetulnya bersebelahan dengan Bukit Gasing Forest Park. Jadi, jalan-jalan disini bisa jadi kamu juga akan meneruskan forest bathing hingga ke Petaling Jaya.

forest bathing kuala lumpur

Foto: IG @komarjohari


Setia Alam Eco Park

Tempat ini juga menyediakan beberapa jalur trekking yang menyenangkan untuk forest bathing. Uniknya, menjelajahi lebih jauh lokasi ini akan terhubung juga dengan Taman Botani Shah Alam. 

TRENDING:  Trendi dan Instagenik! 7 Penginapan Berkonsep Ramah Lingkungan Dekat Kuala Lumpur

Forest Research Institute Malaysia

Lahan seluas 600 hektar ini juga menawarkan berbagai jalur untuk trekking mulai dari yang paling mudah hingga yang berat. Menariknya, tempat ini juga terhubung dengan Kepong Botanical Garden yang juga menarik untuk dijelajahi sambil forest bathing.

 

 

POPULAR

Share This Articles