Now Reading:

Upcycle, Solusi Ramah Lingkungan yang Kini Trending di Dunia Traveling


Upcycle – Kalau recycle atau daur ulang sudah jadi hal yang biasa, mungkin saatnya untuk mencoba produk upcycle. Lalu, apa sebetulnya yang dimaksud dengan upcycle? Sederhana saja. Bayangkan kalau kaleng cat, botol minum atau kursi dan meja tua diolah kembali menjadi barang yang punya nilai guna lebih tinggi, lebih segar dan tampilan yang unik.

Proses ini disebut dengan upcycling atau tindakan mengolah sesuatu yang sudah tidak berguna untuk dijadikan sesuatu dengan fungsi baru dan lebih berguna. Ibaratnya, kesempatan untuk hidup yang kedua kalinya dengan nilai yang lebih tinggi.

upcycle

Foto ilustrasi: Pexels

Upcycle dan Recycle, Samakah?

Beda! recycle adalah mengambil material yang sudah tidak terpakai – dan umumnya adalah plastik – untunk dilebur dan kemudian diolah menjadi produk baru yang kadang kualitasnya malah tidak bagus. Upcycle tidak melebur materi yang diambil, namun mengubahnya menjadi sesuatu yang jauh lebih berguna dan bernilai lebih. Misalnya, drum bekas yang diubah jadi sofa cantik.

TRENDING:  Six Senses Kenalkan Konsep Sustainabilty Camp di Six Senses Laamu, Maladewa

Meskipun begitu, konsep dasar upcycling sebetulnya sama dengan recycle. Namun proses upcycling lebih menekankan pada penggunaan kembali secara kreatif.

Untuk Perlengkapan Traveling

Biasanya proses ini banyak dilakukan untuk barang-barang perabotan rumah tangga. Tapi akhir-akhir ini upcycling juga mulai diadopsi untuk perlengkapan perjalanan, seperti yang dilakukan oleh EIGER Adventure.

TRENDING:  Desain Sustainable Sebagai Masa Depan Pariwisata Global

Harimula Muharam, GM Product & Sustainability Project Leader EIGER Adventure menjelaskan bahwa sejak 2021, EIGER telah mengukuhkan komitmennya untuk dapat menjadi bagian dari solusi permasalahan lingkungan.

“Melalui proses upcycling, kami memberikan kesempatan kedua kepada produk-produk yang awalnya tidak layak jual, lalu kami desain dan olah kembali menjadi produk baru dengan memberikan nilai tambah kepada produk tersebut, sehingga dapat diterima konsumen,” ujar Harimula melalui siaran pers.

Pada EIGER Upcycling Collection vol.1, terdapat setidaknya 35 produk yang dihasilkan dari ratusan produk tidak layak jual. Rangkaian produk upcycling kedepannya akan dijual secara terbatas mengikuti ketersediaan bahan baku dan eksklusif hanya di EIGER Adventure Official Store di platform Lazada.

TRENDING:  Langkah Hijau Six Senses dengan Proyek Off-Grid di Lingkar Arktik

 

 

POPULAR

Share This Articles
Input your search keywords and press Enter.