Now Reading:

Dewan Architects, Menjawab Tantangan Arsitektur di Era “Sustainable”


Menjawab tantangan rancang bangun bukan perkara mudah. Arsitektur mengalami banyak perubahan dalam beberapa dekade. Bangunan tak sekadar hunian, tapi juga soal estetika, karakter dan hubungan dengan alam sekitarnya. Setidaknya inilah yang dilakukan olah Dewan Architects, sebuah firma arsitektur, teknik dan konstruksi yang berbasis di Uni Emirat Arab dan kini memiliki beberapa perwakilan di Eropa, Timur Tengah dan Asia.

Memutuskan untuk lebih peka terhadap lingkungan, Dewan Architects meyakini bahwa keberlanjutan saat ini adalah pedoman dari sebuah desain inti yang dibarengi dengan pertimbangan fungsi dan prinsip bentuk. Memang tidak mudah, namun beberapa proyek yang sudah diwujudkan oleh firma ini memperlihatkan hasilnya.

TRENDING:  Bertema Desa Tradisional, ini Keunggulan Andaz Bali

Solforest Ecopark. (Foto: Dewan Architects)


Di Asia, kiprah firma ini bisa dilihat di Solforest Ecopark yang berada di Hanoi, Vietnam. Bangunannya terinspirasi dari alam Vietnam yang hijau dan kehidupan komunitas warga sekitar yang dinamis. Desainnya memperkenalkan taman-taman vertikal bergaya modern yang mengadopsi konsep tanaman organik.

TRENDING:  Merayakan Senja, Saatnya Menikmati Afternoon Tea

Sementara Haiphong Tower mengambil konsep bangunan dengan gaya sederhana yang memadukan unsur-unsur detil yang kompleks dengan ruang-ruang yang multi-guna. Vung Tau Hotel, salah satu karya firma ini di Vietnam juga memadukan kemewahan interior dan lanskap eksterior yang menawarkan pengalaman menginap di hotel bintang enam.


Mamsha Al Saadiyat. (Foto: Dewan Architects)


Di Dubai, portofolio Dewan bisa disaksikan di Mamsha Al Saadiyat yang desainnya terispirasi dari Pantai Saadiyat dan seni serta budaya setempat. Kompleks ini memadukan konsep publik dan pribadi dengan menghadirkan taman, ruang pejalan kaki dan alun-alun yang nyaman. Sementara karya terkininya, yaitu The Adress Fountain Views menghadirkan hotel, resor dan hunian mewah dalam satu distrik yang mana semuanya menjanjikan pemandangan Burj Khalifa yang ikonik tanpa terhalang gedung apapun.

TRENDING:  5 Hotel Iglo dengan Sensasi Unik Selama Musim Dingin

Saat ini Dewan Architects juga berkomitmen untuk terus berinovasi dan mengembangkan konsep arsitektur berkelanjutan yang melibatkan lingkungan sekitar, para teknisi yang terlibat, aktivitas CSR dan berbagai ceramah mengenai arsitektur berkelanjutan.

Facebook Comments Box
Share This Articles