Now Reading:

10 Tempat Wisata di Hong Kong Favorit Shanty


Tempat wisata Hong Kong – Hong Kong berpeluang besar untuk jadi salah satu tempat liburan favorit turis Indonesia. Pasalnya, negara yang biasanya populer dengan tempat berburu kuliner dan rumah dari hutan beton yang dipenuhi pencakar langit ini ternyata menawarkan tempat wisata lebih dari apa yang dibayangkan.

Ini ditegaskan juga oleh Shanty, selebriti Indonesia yang sempat tinggal di Hong Kong selama 12 tahun. Hong Kong memiliki tempat istimewa di hati Shanty dan kini ia sangat bersemangat untuk berbagi cerita petualangannya di sana.

Berikut ini adalah beberapa aktivitas dan tempat favorit Shanty di Hong Kong:

Seru-seruan di Alam Bebas

Sebagai orang yang suka beraktivitas di luar ruangan, Shanty menemukan bahwa Hong Kong memiliki banyak destinasi yang cocok untuk para pendaki dan keluarga yang memiliki anak kecil.

1. West Kowloon Promenade

West Kowloon promenade adalah area luar ruangan yang sangat cocok untuk kegiatan bersepeda dan lari, dengan ruang terbuka hijau di mana pengunjung dapat bersantai, bermain, piknik di halaman rumput, menikmati kawasan pejalan kaki tepi laut yang panjang yang sempurna untuk melihat matahari terbenam.

hong kong shanty

Photo credit: Hong Kong Tourism Board (HKTB)

2. Sunset Peak

Soal tempat hiking favoritnya, Shanty langsung menunjuk ke Sunset Peak. Ini adalah puncak tertinggi ketiga di Hong Kong dan mudah diakses oleh pejalan kaki. Dinamakan Sunset Peak karena gunung setinggi 869-meter ini menyajikan salah satu pemandangan matahari terbit terbaik di kota.

“Saya ingat di awal Desember, kami berangkat dari rumah jam 2 pagi sehingga kami bisa tiba di jalan setapak pada jam 4 pagi. Kami tahu kalau di sana akan dingin, tapi saya tidak membayangkan akan sedingin itu,” ujar Shanty. “Kami mendaki dan itu adalah salah satu trek yang menantang. Tapi begitu sampai di puncak, sunsetnya luar biasa, sangat indah,” tambahnya.

TRENDING:  Hong Kong, Rumah Seni Digital Dunia

3. Sai Kung

Untuk akhir pekan atau hari libur, Shanty merekomendasikan Sai Kung. Sejak abad ke-14, Sai Kung telah menjadi rumah bagi para nelayan dan memiliki berbagai macam hidangan laut segar. Saat mengunjungi Sai Kung, kita akan disambut dengan hamparan air laut yang biru jernih dan pantai yang tenang. Sai Kung juga merupakan rumah dari situs warisan UNESCO Hong Kong.

“Kami tinggal di sana selama kunjungan kami dan menjelajahi Sai Kung. Saya mendapatkan lisensi menyelam di salah satu sekolah menyelam di sana, melakukan stand up paddling, kayak, wake surfing dan mendaki jalur pendakian MacLehose dan makan makanan laut di Sai Kung,” jelasnya.

4. Yim Tsim Sai

“Saya suka memulai perjalanan saya dengan naik kano selama 15 menit ke dermaga Desa Yim Tsim Tsai. Kita bisa mendaki di sekitar area tersebut. Ada banyak situs bersejarah yang menarik di sepanjang jalan, seperti rumah-rumah tua Hakka, museum peralatan rumah tangga dan keramik, ladang garam, dan Kapel St. Joseph,” terang Shanty. Karena populasi penduduknya sedikit, Yim Tsim Tsai adalah salah satu destinasi tersembunyi.

 

Atraksi Wisata Keluarga

5. Water World Ocean Park

Water World Ocean Park adalah destinasi terbaru yang Shanty suka kunjungi bersama anak-anaknya. “Saya suka kolam ombak! Ini adalah taman air yang menakjubkan dengan banyak wahana. Tips – belilah splash pass agar tidak perlu megantre!” ujar Shanty.

Baru dibuka setahun yang lalu, Water World Ocean Park memiliki 27 atraksi seru di lima zona bertema dengan konsep unik karena merupakan satu-satunya taman air di Asia yang menggabungkan pemandangan laut dan pemandangan alam bukit yang menakjubkan.

hong kong shanty

Photo credit: Hong Kong Tourism Board (HKTB)

6. The Peak

“Lokasinya persis di belakang tempat saya tinggal. Saya sangat sering mendaki ke sana. Peak Tower adalah tempat di mana Anda dapat melihat pemandangan 360 derajat Hong Kong dari atas. Ada banyak restoran dan toko di galeri Peak yang baru saja direnovasi, pemandangannya luar biasa,” jelas Shanty.

TRENDING:  Membedah Surga Kuliner Yau Ma Tei Bersama Chef Vicky Lau

Tahun ini Peak Tram generasi ke-6 beroperasi pada bulan Agustus. Turis juga dapat mengunjungi Monopoly Theme Park pertama di dunia dan beberapa patung lilin selebriti terbaru di Madame Tussauds.

hong kong shanty

Photo credit: Shanty

 

Belanja dan Bersantap

7. Central Market

Central Market adalah pasar modern pertama di Hong Kong yang sudah ada sejak 1842. Setelah direvitalisasi, pasar ini menjadi tujuan gaya hidup dan rekreasi, toko-toko di sana hadir dengan konsep yang menampilkan merek lokal dan produk gaya hidup.

“Salah satu toko favorit saya adalah Slowood”, jelas Shanty. Slowood adalah salah satu toko yang menyediakan bahan makanan organik bebas plastik dan tanpa limbah serta produk perawatan pribadi untuk mendorong orang menerapkan gaya hidup ramah lingkungan. 

8. Tai Kwun

“Saya juga suka nongkrong di Tai Kwun. Salah satu tempat ngopi favorit saya. Dulunya tempat ini adalah bekas penjara yang telah dilestarikan sebagai bangunan bersejarah dan sekarang menjadi rumah untuk pameran gaya hidup dan seni. Sangat cocok untuk jadi tempat menghabiskan akhir pekan karena restoran di sana sudah buka dari sarapan pagi hingga makan malam,” Jelas Shanty.

hong kong shanty

Photo credit: Hong Kong Tourism Board

Seni dan Budaya

9. Xiqu Center

Xiqu Center dibangun untuk mempromosikan dan melestarikan opera Kanton dan aneka bentuk teater tradisional Tiongkok. Selain menampilkan pertunjukan kontemporer tradisional berkualitas tinggi, Xiqu Center juga menyelenggarakan kegiatan edukasi dan keluarga terkait opera Tiongkok untuk semua penonton.

TRENDING:  Rahasia Kuliner Chef Danny Yip, Pemilik "The Chairman", Hong Kong

Tahun lalu, Shanty mendapat kesempatan diundang sebagai pembicara TEDxTinhau Women dan membawakan single terbarunya “Love is Déjà vu” di depan ribuan orang di Xiqu Centre.

“Saya sangat senang semua orang berdiri, dan ikut menari menikmati lagunya. Xiqu Center adalah gedung teater dengan suara dan pencahayaan yang luar biasa. Dapat tampil di Xiqu Center adalah salah satu pengalaman paling tak terlupakan di karir saya,” jelasnya.

hong kong shanty

Photo credit: Shanty

Pengalaman Menginap

10. WM Hotel

Selama kunjungannya ke Sai Kung, Shanty merekomendasikan WM Hotel Sai Kung sebagai lokasi terbaik untuk menginap sambil menjelajahi kawasan bersejarah. “Hotel ini memiliki kolam renang di puncak gedung, pemandangan pantai yang indah, dan terletak sangat dekat dengan dermaga. Restoran seafood dan pantai semuanya dapat dicapai dengan berjalan kaki,” terangnya.

Terletak di garis pantai Sai Kung, “taman belakang Hong Kong”, WM Hotel Sai Kung menawarkan suasana yang tenang dan santai. Dikelilingi oleh tanaman hijau dan tepi laut, dengan daerah perkotaan di dekatnya.

 

POPULAR

Share This Articles