Now Reading:

8 Pantai di Singapura, Tak Kalah Cantik untuk Dikunjungi


Walaupun Singapura adalah sebuah negara kecil dengan garis pantai jauh lebih pendek daripada Indonesia, ternyata Negeri Singa ini juga punya beberapa pantai yang unik dan menarik untuk dikunjungi saat berlibur ke sana. Mulai dari pantai berpasir putih dengan pemandangan kapal tanker di kejauhan hingga pantai terpencil di sebuah pulau di perairan Singapura bisa menawarkan destinasi alternatif yang lebih segar bagi wisatawan yang datang. Berikut ini 8 pantai menarik yang bisa dikunjungi selama liburan di Singapura:

Tanjong Beach, Sentosa

Foto: Singapore Tourism Board


Berada di ujung Selatan Singapura, terdapat tiga pantai yang bisa dikunjungi di Sentosa Island–sebuah pulau reklamasi yang menawarkan bermacam atraksi menarik untuk wisatawan. Tanjong Beach sendiri menawarkan suasana pantai tropis dengan pantai pasir putih yang berada di tepian teluk dengan perairan tenang. Banyak pengunjung datang ke sini bersama keluarga atau membawa anjing peliharaan mereka. 

Lazarus Beach, Lazarus Island

Terdapat delapan pulau kecil yang membentuk “Southern Island of Singapore”, salah satunya adalah Lazarus Island. Oleh karena lokasinya yang sulit dijangkau, pantai Lazarus menjadi salah satu pantai terbaik yang patut dikunjungi di Singapura.

Untuk mencapai Lazarus Island, wisatawan dapat menumpang kapal ferry dari Marina South Pier ke St John’s Island. St John’s Island sendiri terhubung dengan Lazarus Island melalui sebuah jembatan beraspal. Wisatawan juga bisa menyewa yacht pribadi untuk sampai ke pulau ini. Pantai ini tergolong sepi bahkan di akhir pekan. Namun belum ada toko atau restoran apapun di sana. Maka, sebaiknya wisatawan yang berkunjung membawa peralatan dan makanan sendiri jika ingin berlibur di pantai ini.

TRENDING:  Butuh Persiapan Matang, ini 5 Destinasi Impian Setelah Pandemi Corona

Siloso Beach, Sentosa

Foto: Shangri-La Rasa Sentosa


Pantai yang juga berada di Sentosa Island ini terkenal dengan lagunanya yang biasa digunakan wisatawan untuk olahraga air maupun bermain di pantai. Di sini terdapat satu resor yang langsung menghadap ke pantai Siloso, yaitu Shangri-La Rasa Sentosa. 

Bagi wisatawan yang menyukai aktivitas pemicu adrenalin, mereka bisa mencapai Siloso Beach dengan menaiki wahana MegaAdventure’s MegaZip, yakni flying fox sepanjang 450 meter yang akan membawa pengunjung dalam perjalanan seru dari hutan Mt Imbiah menuju Siloso Beach.

Punggol Beach dan Coney Island

Foto: Singapore Tourism Board


Berada di Utara Singapura dengan lokasi sangat dekat dengan perbatasan ke Malaysia, Punggol Beach juga menarik untuk dikunjungi. Tempat ini merupakan situs sejarah yang penting bagi Singapura, di mana pembantaian Sook Ching terjadi di tahun 1942. Namun saat ini, pantai ini menjadi menarik dikunjungi karena relatif sepi dan terlihat cantik dengan bebatuan berwarna hitam yang berserakan di pantai. 

Untuk pengalaman terbaik, wisatawan biasanya menggabungkan kunjungan ke Punggol dengan perjalanan ke Coney Island. Pengunjung bisa menyewa sepeda di dekat Dermaga Punggol untuk menjelajahi Taman Nasional seluas 100 hektar ini. Untuk mengisi perut, wisatawan bisa mampir ke Punggol Settlement, di mana terdapat berbagai restoran dan bar yang menyajikan kuliner seafood yang lezat.

Palawan Beach, Sentosa

Laut dengan perairan tenang ini berada di antara pantai Siloso dan Tanjong. Pengunjung keluarga yang membawa anak kecil pasti akan menyukai pantai ini karena pantai ini menjadi akses masuk ke wahana HydroDash. HydroDash sendiri adalah sebuah wahana air yang dapat dikunjungi oleh keluarga dan anak-anak berusia lima tahun ke atas.

TRENDING:  Georgia, Surga Baru di Eropa Timur

Selain itu, pengunjung juga bisa berjalan melewati jembatan gantung yang akan mengantar mereka ke titik paling Selatan di Daratan Asia. Di sini, dua menara pandang akan menawarkan panorama langsung ke arah Laut Cina Selatan. Untuk bersantap, pengunjung bisa mampir ke FOC Sentosa, sebuah restoran dengan suasana Barcelona yang menyajikan paella dan tapas serta tentu saja pemandangan langsung menghadap ke laguna.

Changi Beach

Foto: Singapore Tourism Board


Pantai Changi merupakan salah satu pengembangan pantai tertua yang ada di Singapura. Berlokasi di ujung Timur Singapura, Pantai Changi menjadi tempat yang cocok bagi wisatawan yang ingin menyaksikan matahari terbit. 

Meskipun tidak sepopuler Pantai East Coast yang berada tak jauh dari pantai Changi, pantai ini memiliki garis pantai panjang yang membentang dari Changi point hingga Terminal Ferry Changi. Lokasinya yang berada tepat di depan Bandara Changi juga membuat pantai ini menjadi favorit para pecinta aviasi untuk bisa melihat dan memotret pesawat yang sedang terbang rendah. 

East Coast Beach

Membentang lebih dari 15 km, East Coast Park memiliki sebuah pantai reklamasi yang juga digemari wisatawan. Di sini, pengunjung bisa beraktivitas olahraga air seperti wakeboarding, windsurfing, bersepeda, dan kegiatan lainnya. Para pengunjung juga bisa menemukan banyak toko yang menyewakan beragam kendaraan mulai dari sepeda tandem hingga go-kart kayuh. 

TRENDING:  Ini Kata Selebgram Indonesia Soal Liburan ke Australia

Pengunjung juga bisa berkemah di sini atau menikmati fasilitas glamping. Untuk mengisi perut, wisatawan dapat mencicipi chili crab di Jumbo Seafood atau menikmati salad di PS Cafe. East Coast Lagoon Food Village juga menyediakan beragam makanan yang bisa dipilih oleh pengunjung, sambil bersantai menyesap Tiger Beer. 

Pulau Ubin

Foto: Singapore Tourism Board


Hanya dengan menumpang perahu 15 menit dari Terminal Ferry Changi Point, wisatawan juga dapat mengunjungi cagar alam Pulau Ubin. Tempat ini menjadi spot sempurna bagi wisatawan yang bosan akan penatnya kehidupan kota. Pengunjung bisa menyewa sepeda untuk berkeliling pulau yang memiliki luas 1020 hektar ini. 

Saat ini, pantai Mamam menjadi satu-satunya pantai resmi yang bisa dikunjungi di pulau Ubin. Pantai Mamam juga sering dijadikan tempat berkemah dengan fasilitas pendukung yang cukup lengkap. Di sini, wisatawan juga bisa menikmati kuliner di restoran Season Live Seafood. 

 

 

POPULAR

Share This Articles