Now Reading:

Berbagai Makanan Khas Korea Selatan, Cita Rasa Unik Asia yang Wajib Dicoba


Mampir ke negara yang begitu tersohor dengan serial drama dan grup musiknya, Korea Selatan, pastinya tak akan lengkap jika tidak menjajal aneka kulinernya. Memang benar, makanan korea memiliki cita rasa otentik dan khas Asia. Nah, ini dia beberapa kuliner khas Korea Selatan yang wajib dicoba:

Perpaduan Rasa Pedas, Gurih, dan Asam Kimchi

Kuliner tradisional Korea Selatan ini terbuat dari lobak dan sawi putih yang diberi tambahan bumbu pedas lalu difermentasikan. Paduan rasa asin, gurih, pedas, dan asam membuat kimchi selalu ada di meja makan. Tidak hanya bisa langsung dikonsumsi, kimchi juga bisa dicampur dengan masakan khas korea lainnya.

Foto: Pixabay


Tteokbokki, Kue Beras Khas Korea Selatan

Makanan korea selanjutnya adalah tteokbokki, kue beras dengan bentuk panjang berwarna putih pucat. Kuliner ini dibuat dengan tambahan saus gochujang khas Korea, sangat tepat dinikmati hangat ketika cuaca Korea Selatan sedang dingin. Tteokbokki bisa dikonsumsi dengan tambahan fish cake atau telur rebus serta termasuk kuliner halal.

Foto: IG @tum_yumyum


Kimbap, Sushi dari Korea Selatan

Sekilas, kimbap memang mirip dengan sushi khas Jepang. Kuliner ini terbuat dari nasi dengan tambahan bahan lainnya, seperti sayuran, daging, dan telur. Lalu, di bagian luarnya dilapisi dengan rumput laut untuk menambah cita rasanya. Jangan khawatir, kimbap termasuk kuliner halal!

Foto: Pixabay


Bibimbap, Nasi Campur di Mangkuk

Kalau kimbap disajikan dengan bentuk mirip sushi, bibimbap disajikan di dalam mangkuk. Bagian dasar mangkuk berisi nasi yang ditutup dengan sayuran, telur, maupun daging di atasnya sebagai topping. Cara mengkonsumsi makanan korea halal ini adalah diaduk hingga rata baru dinikmati. Sangat unik!

Foto: Pixabay


Gurih Manis Jajangmyeon

Kuliner khas Korea Selatan satu ini dibuat dari mi berukuran besar dengan tambahan daging sapi, sayuran, dan saus kedelai yang lezat. Meski begitu, terkadang Jajangmyeon juga dihidangkan dengan tambahan seafood atau daging babi. Jadi, bagi penikmat kuliner halal, pastikan bertanya terlebih dahulu topping daging yang digunakan

Foto: Pixabay


Chimaek, Ayam Goreng Berbalut Tepung

Kalau diartikan, chimaek adalah kombinasi dari chicken atau ayam dan maek atau bir. Ya, makanan korea berupa ayam goreng berbalut tepung ini memang dihidangkan dengan segelas bir sebagai teman. Namun, bagi penikmat kuliner halal, tidak perlu mengonsumsi birnya. Cukup nikmati saja rasa pedas, manis, dan gurih ayam gorengnya.

Foto: IG @kchimaek


Samgyetang, Sup Ayam dengan Ginseng

Musim panas biasanya identik dengan makanan dingin dan segar. Namun, di Korea Selatan, semangkuk samgyetang justru dinikmati saat musim panas. Samgyetang adalah kuliner berupa sup ayam dengan tambahan ginseng dan berbagai tanaman herbal lainnya, seperti kacang cemara, kastanye, jahe, buah jujube yang dikeringkan, dangsam, dan danggwi atau gugija. Rasanya gurih dan sangat enak.

Foto: Pixabay


Pasti tidak sabar rasanya ingin segera menjajal semua makanan Korea tadi. Sayangnya, liburan tak bisa dilakukan karena saat ini pandemi sedang tinggi. Namun, jangan khawatir, tetap ada kesempatan untuk mencoba semuanya saat keadaan telah kembali baik-baik saja. Simpan dulu daftarnya untuk referensi saat berkunjung nanti!

TRENDING:  Wisata Korea Ramah Muslim di "Muslim Friendly Korea Festival"
Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles