Now Reading:

8 Hal yang Harus Diperhatikan saat Pertama Kali Berlibur ke Hong Kong


Hong Kong -Hong Kong adalah salah satu kota yang paling sering dikunjungi oleh para traveler. Karena memiliki banyak atraksi yang menarik, budaya yang unik, dan kuliner yang lezat. Namun, jika baru pertama kali berencana untuk traveling ke Hong Kong, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut ini:

1. Persiapan dokumen perjalanan

Sebelum berangkat ke Hong Kong, pastikan kamu memiliki semua dokumen perjalanan yang diperlukan. Hal ini termasuk paspor, dan tiket pesawat. Untuk kunjungan dibawah 30 hari, Hong Kong bisa dikunjungi WNI dengan bebas visa. Periksa juga apakah ada persyaratan kesehatan yang harus dipenuhi seperti sertifikat vaksinasi atau tes PCR negatif.

hong kong

Foto ilustrasi: Pexels

2. Persiapan budget

Hong Kong termasuk kota yang cukup mahal, oleh karena itu, pastikan sudah mempersiapkan budget yang cukup untuk perjalanan. Termasuk akomodasi, transportasi, makanan, dan tiket masuk ke tempat wisata.

3. Pemilihan waktu yang tepat

Musim terbaik untuk pergi ke Hong Kong adalah antara bulan Oktober hingga Desember. Pada waktu tersebut, cuaca cukup sejuk dan nyaman untuk beraktivitas di luar ruangan. Sedangkan bulan-bulan musim panas dapat terasa sangat panas dan lembab.

TRENDING:  Merekam Pesona Temple Street, Hong Kong

4. Transportasi

Hong Kong memiliki sistem transportasi yang sangat baik dan efisien, bisa memilih untuk naik MTR (Mass Transit Railway), bus atau taksi. Sebaiknya, persiapkan aplikasi peta atau panduan transportasi untuk memudahkanmu dalam bergerak.

hong kong

Foto ilustrasi: Pexels

5. Koneksi internet

Pastikan memiliki akses internet selama berada di Hong Kong. Sebab akan membutuhkan internet untuk mencari informasi, memesan tiket, dan menavigasi jalan di kota yang padat ini.

 

6. Bahasa

Bahasa resmi di Hong Kong adalah Kantonis, meskipun bisa menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi di tempat wisata dan restoran. Namun, ada baiknya pelajari beberapa kosakata dasar dalam bahasa Kantonis, karena hal tersebut bisa memudahkan dalam berinteraksi dengan penduduk setempat.

7. Penginapan

Pilih penginapan yang strategis dan dekat dengan tempat wisata yang ingin kamu kunjungi. Hong Kong memiliki banyak pilihan penginapan, mulai dari hotel bintang lima hingga hostel yang lebih terjangkau. Pastikan kamu melakukan booking penginapan sejak jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

hong kong

Foto ilustrasi: Jimmy Chan/Pexels

8. Hidangan halal

Menemukan kuliner halal di Hong Kong dapat menjadi tantangan bagi wisatawan muslim, karena mayoritas penduduk Hong Kong adalah non-Muslim dan kebanyakan makanan di Hong Kong tidak halal. Namun, ada beberapa cara untuk menemukan makanan halal di Hong Kong, antara lain:

  1. Mencari Restoran Halal. Cari restoran yang menyediakan makanan halal di Hong Kong, beberapa sumber online seperti aplikasi dan situs web, seperti HalalTrip dan HalalGo dapat membantu menemukan restoran halal yang terdekat dengan lokasimu. Kamu juga bisa mencari tahu restoran halal dari pihak hotel atau bertanya kepada penduduk lokal.

  2. Mencari Restoran Vegetarian. Pilihan selanjutnya adalah mencari restoran vegetarian, karena restoran vegetarian tidak menggunakan daging, sehingga kemungkinan besar akan memiliki lebih banyak pilihan makanan yang ramah muslim. Pastikan bertanya kepada pelayan restoran untuk memastikan bahwa makanan yang kamu pesan benar-benar vegetarian dan tidak mengandung bahan-bahan yang tidak halal.

  3. Mencari Restoran Seafood. Hong Kong dikenal dengan masakan seafood-nya yang lezat. Kamu bisa mencari restoran seafood dan meminta mereka untuk menyiapkan makananmu dengan bahan-bahan yang halal.

  4. Memastikan Makanan Halal. Pastikan memeriksa dengan teliti bahan-bahan yang terdapat dalam makanan yang kamu pesan, terutama untuk produk olahan daging seperti ham, bacon, atau sosis. Jangan ragu untuk bertanya kepada pelayan atau koki tentang bahan-bahan yang digunakan dalam makanan.

  5. Mencari Makanan Ringan di Supermarket. Ada banyak makanan ringan yang halal di supermarket, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, keripik sayuran, atau biskuit. Pastikan kamu memeriksa label bahan-bahan sebelum membeli produk.

TRENDING:  Pelayaran Icon of the Seas Dimulai, Diresmikan oleh Lionel Messi

Demikianlah beberapa hal yang harus diperhatikan untuk traveling pertama kali ke Hong Kong. Dengan persiapan yang matang, kamu akan lebih mudah menikmati liburanmu di kota yang dinamis ini.

 

POPULAR

Share This Articles
Input your search keywords and press Enter.