Now Reading:

8 Hal Menggangu yang Tanpa Disadari Sering Dilakukan Saat Traveling ke Luar Negeri


Traveling – Sebuah perjalanan memang seharusnya berfungsi untuk membuka wawasan dan pemikiran. Terlebih kalau traveling ke luar negeri, dimana harus menyesuaikan waktu untuk bisa memahami dan lebih dekat dengan budaya lokal, etiket berperilaku dan pastinya bahasa setempat.

Namun saat berada di negara orang lain, kadang ini diabaikan dan kita cenderung melakukan hal-hal berikut ini yang sebetulnya adalah sikap yang harus dijauhkan.

1. Mengharapkan Semua Orang Mengerti Bahasa Inggris

Meskipun bahasa Inggris adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia, namun bukan berarti semua orang wajib bisa berbahasa Inggris. 

Pasalnya, belum tentu juga di lokasi yang sama orang-orangnya memakai bahasa Inggris sehari-harinya. Jadi, sebaiknya memang punya waktu singkat untuk membiasakan diri belajar bahasa lokal atau pelajari kebudayaan setempat.

2. Mengabaikan Adat Budaya Warga Lokal

Akhir-akhir ini semakin sering terjadi! Etiket sosial sebetulnya punya kedudukan yang tinggi saat traveling. Tapi sayangnya sering kali malah media sosial lebih berkuasa daripada etiket sosial. Artinya, kecenderungan untuk mengabaikan budaya lokal demi mendapatkan benefit tertentu di media sosial.

traveling

Foto: Pexels

3. Berpakaian tak Sesuai

Berpakaian yang sesuai dengan kearifal lokal tak selalu harus mengenakan pakaian tertutup rapat. Di beberapa tempat cukup hanya dengan mengenakan kemeja (berkerah) atau kaus dan celana panjang. Yang penting, perhatikan kondisi dan momen yang sedang berlangsung. Misalnya: jangan memakai pakaian minim saat menyaksikan upacara keagamaan.

TRENDING:  Rekomendasi Raisa: 5 Aktivitas Liburan di Singapura Buat Moms Staycation

4. Mengira Semuanya Tetap Buka

Tidak semua tempat wisata termasuk kafe atau restoran akan buka setiap hari secara penuh. Beberapa lokasi wisata bahkan tutup di hari senin. Beberapa restoran juga tutup setelah jam makan siang dan buka kembali menjelang sore untuk sajian makan malam.

Spanyol dan Italia adalah contoh bahwa mereka punya kebiasaan untuk rehat tengah hari termasuk di sebagian besar restorannya. Jadi, jangan sungkan untuk memastikan informasi jam operasional.

5. Tidak Menghormati Monumen

Bagi sebagian orang, monumen mungkin hanya monumen. Sebuah bangunan dan benda mati yang menjulang atau mencolok. Namun, monumen dimanapun berada tidak akan dibuat tanpa sebuah kisah sejarah dan sebuah penghormatan.

TRENDING:  Coba Ide Liburan Seru, Rekomendasi dari Scoot

Menaiki, mencoret atau menduduki bagian dari sebuah monumen adalah sebuah tindakan yang tidak menghormati dan bahkan bisa dibilang sebagai sebuah kebiadaban dalam perilaku.

traveling

Foto: Pexels

6. Memaksa Bayar dengan Dolar

Dolar adalah mata uang Amerika Serikat meskipun dipakai juga di Singapura dan Australia dengan tingkatan nilai yang berbeda. Banyak turis global yang membawa uang saku dolar dan kemudian menukarkannya pada penukaran mata uang di lokasi tujuan. 

Tapi ada juga yang memaksa bayar dengan dolar dan menyuruh petugas kasir untuk menukarkannya sendiri di penukaran mata uang. Ini perilaku yang menjijikkan karena mata uang adalah simbol negara. Memaksa transaksi dengan mata uang berbeda pada hakekatnya adalah mencoreng kehormatan simbol negara yang dikunjungi.

7. Terlalu Mengkritik Makanan Lokal

Perjalanan ke luar negeri memang akan menantang pengalaman kuliner. Tapi itulah intinya! Kalau tidak mau mencicipi makanan yang berbeda, sebaiknya tinggal di rumah saja dan tidak usah traveling. Jadi, tidak ada gunanya menilai makanan dari budaya yang berbeda dengan pandangan sempit diri sendiri.

TRENDING:  Tempat Wisata di Portugal Hadirkan Nuansa Serba Pink, Tapi Bukan Karena Barbie

8. Terpaku pada Destinasi Turistik

Buat first-timer biasanya memang akan mengunjungi lokasi-lokasi yang populer saja. Misalnya, ke Marina Bay Sands dan patung Merlion di Singapura atau Wat Arun dan Wat Pho di Bangkok. Tidaka da salahnya memang, tapi jangan terpaku pada tempat-tempat itu saja. 

Coba eksplorasi tempat-tempat lain di sekitarnya yang tak kalah menarik dan direkomendasikan warga lokal.

 

POPULAR

Share This Articles
Input your search keywords and press Enter.