Now Reading:

Ola Lirka: Yoga Itu Menemukan Jati Diri

Karma Group baru saja menunjuk Ola Lirka sebagai duta yoga global yang akan mewakili manajemen perhotelan tersebut di semua propertinya di seluruh dunia dalam rangka menyampaikan sesi yoga. Pada April 2019 lalu Ola baru saja menyelesaikan rangkaian kunjungannya di Karma Kandara Bali. Kami berbincang dengannya seputar kecintaannya terhadap aktivitas yoga ini.

Selamat Ola! Anda baru saja terpilih sebagai Karma Yoga Ambassador. Apa maknanya bagi Anda dan bagaimana Anda akan menyampaikan yoga kepada banyak orang?

Pertama-tama, saya sangat tersanjung dengan ditunjuk sebagai duta yoga global untuk Karma Group. Sejak awal saya terinspirasi oleh kisah Karma Group yang didirikan oleh John Spence. Dan merupakan suatu kehormatan bagi saya kini menjadi bagian dari keluarga besarnya. Karena saya adalah seorang guru yoga, sudah tentu saya berhasrat ingin membagikan yoga kepada semua orang. Bagi saya, yoga membawa keseimbangan dan kedamaian dan berkat Karma Group kini saya berkesempatan memperkenalkan yoga kepada banyak budaya di seluruh dunia.

Yoga lebih dari sekadar meditasi, latihan pernapasan dan ketenangan diri. Setiap orang dapat menemukan sesuatu untuk diri mereka sendiri dalam yoga.



Bgaimana Anda pertama kali menemukan yoga dan seberapa penting dalam kehidupan Anda selama ini?

Yoga adalah bagian terpenting tidak hanya untuk profesi tapi juga dalam kehidupan pribadi saya karena memberikan keseimbangan di antara tubuh yang sehat dan pikiran yang sehat. Saya menemukan yoga di awal tahun 1990-an saat masih remaja dan saat itu belum mengerti manfaatnya. Setelah itu saya sempat meninggalkan yoga hingga masuk dalam masa tersulit dalam hidup saya di 2014 yang penuh tekanan dalam hidup.

Saya kemudian melihat video pendek tentang yoga di YouTube dan saat itu saya kembali berlatih yoga. Awalnya sekali seminggu lalu dua kali seminggu hingga akhirnya memutuskan untuk masuk dalam studio yoga dan belajar lebih banyak. Sejak itu saya merasa lebih bahagia, (hidup) lebih ringan, nafas lebih panjang dan tubuh tidak kaku.

Ola Lirka, duta yoga global Karma Group

Banyak orang mengira yoga itu sekadar tentang fleksibiltas, melipat tubuh dan menyentuh jari kaki. Namun saya yakin yoga lebih dari itu. Apa makna yoga buat Anda?

Ada tiga aspek dalam yoga: fisik, mental dan spiritual. Latihan fisik (asana) jelas bagian terpenting meskipun yoga lebih dari itu. Asana tidak hanya menempatkan tubuh pada bentuk-bentuk tertentu. Tapi lebih seperti sebuah tarian di antara postur, nafas dan energi yang mengalir di tubuh.

Secara mental, yoga adalah tentang mengakses keadaan pikiran yang lebih dalam, menghubungkan diri dengan batin dan “jalan pulang” ke dalam jiwa. Yoga spiritual membuat kita sadar akan diri sendiri dan menghubungkan kita dengan roh kita sendiri.

 

Banyak orang yang ingin ikut yoga bersama Anda. Apa alasannya?

Saat ini banyak orang datang ke tempat yoga demi mendapatkan kebugaran fisik. Ini fakta! Tapi mereka akan menyadari bahwa yoga lebih dari sekadar olah tubuh. Ada juga yang datang karena stres dan untuk menemukan ruang kebebasan dalam dirinya untuk melepas tekanan. Ada yang mencari makna yang lebih dalam. Sedang dalam perjalanan untuk menemukan jati diri mereka!



Facebook Comments
Share This Articles