Now Reading:

Wisata Sepeda di Singapura? Ini Rutenya


Bersepeda kini menjadi pilihan banyak orang untuk beraktivitas akibat pandemi yang melanda. Bersepeda memiliki manfaat untuk fisik seperti membentuk otot tubuh, mengurangi berat badan, baik untuk kesehatan jantung dan paru, mencegah kanker, dan memperkuat imun tubuh. Bersepeda juga jauh dari kerumunan dan dilakukan di luar ruangan, sehingga membuat olahraga ini relatif aman dari penyebaran COVID-19.

Hobi bersepeda ini menjadi tren di Indonesia, tak terkecuali juga di Singapura. Dikutip dari Channel News Asia, jumlah pesepeda di Singapura bahkan naik 68 persen pada Januari 2021. Bagi yang menekuni hobi sepeda, Singapura dapat menjadi pilihan destinasi saat perbatasan mulai dibuka nanti.

Bersepeda keliling pulau saat ini menjadi tren di kalangan pesepeda Singapura dengan rute sepeda sepanjang 150 kilometer bernama The Round Island Route (RIR). Rute ini juga terhubung dengan Park Connector Network, koridor hijau sepanjang 300 kilometer yang menghubungkan taman dan area alami di Singapura.

Rute Bersepeda Terindah di Singapura

Tempat-tempat berikut menyediakan jalur sepeda, lengkap dengan atraksi yang ada di sekitarnya:

Rower’s Bay Park

Daya tarik dari jalur sepeda ini adalah Seletar Reservoir (waduk), dengan menara paviliun, terasering, dan rawa. Kawasan Seletar Aerospace Park juga menyediakan tempat istirahat, toilet, pengisian daya listrik, dan mesin penjual otomatis yang menjual peralatan sepeda. Di sini juga terdapat stasiun perbaikan sepeda swadaya (self help), apabila ingin memperbaiki atau mengatur kenyamanan sepeda.

Foto: Singapore Tourism Board


Distrik Punggol

Distrik ini terkenal sebagai salah satu distrik yang disukai pesepeda karena memiliki lanskap yang beragam dari perkotaan, tepi sungai, taman ilalang, dan laut. Rute sepeda yang direkomendasikan dimulai dari Punggol Park, Punggol Container Park, Lorong Halus Wetlands, Punggol Promenade Nature Walk, dan berakhir di Waterway Point.

TRENDING:  5 Aktivitas Wellness di Singapura untuk Kembalikan Kebugaran Saat Liburan

Eastern Coastal Loop

Sepanjang rute ini Anda akan menemukan pemandangan bangunan ikonik Singapura seperti Supertree Grove dari  Gardens by the Bay, Marina Bay Sands, Singapore Flyer, Esplanade, dan Patung Merlion.Rute pesepeda yang direkomendasikan pada jalur ini mulai dari East Coast Park, Changi Village Hawker Centre, Marina Barrage, dan Gardens by the Bay.

Southern Ridges Loop

Ini merupakan rute yang bakal mengolah fisik dan menyegarkan pikiran dengan pemandangan dan nuansanya alamnya yang syahdu. Mulailah perjalanan dari Kent Ridge Park, lanjutkan ke Alexandra Arch & Forest Walk, Henderson Waves, Arbora Hilltop Garden & Bistro, dan berakhir di Singapore Cable Car. Demi pengalaman terbaik, sebaiknya bersepeda saat pagi hari.

TRENDING:  Calling All Foodies! Singapore Food Festival Kembali Digelar

Eatern Coastal Loop. Foto: Dok Facebook NParks


Rute Bersepeda Malam

Bersepeda saat malam hari tak kalah seru dengan bersepeda saat pagi atau sore hari.  Jangan khawatir akan keamanan, karena rute sepeda berikut memang terkenal akan rute sepeda malam. Rute sepeda ini dilengkapi berbagai infrastruktur untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pesepeda. Namun tentunya, jangan lupa nyalakan lampu sepeda.


Raffles Marina Lighthouse. Foto: Dok. Wikimedia-Erwin Soo


Eastern Coastal Loop

Daya tarik utama dari jalur sepeda di Eastern Coastal Loop adalah melihat matahari tenggelam di Pantai Pasir Ris. Bonus lain dari rute sepeda ini adalah melihat landasan pacu Bandara Changi yang tepat berada di sebelah jalur sepeda! Jalur sepeda ini terdapat di Coastal Park Connector. Anda juga dapat melihat pemandangan air yang tenang dari Bedok Reservoir di jalur ini.

Distrik Civic

Bagi pesepeda yang juga pencinta arsitektur dan sejarah, jangan lewatkan rute Distrik Civic. Distrik ini punya banyak bangunan bersejarah yang tampak semakin indah dan megah saat malam tiba, ketika lampu gedung yang dinyalakan. Perjalana dimulai dari Monumen City Hall dan Cavenagh Bridge, menuju berbagai gedung seperti National Museum Singapore, Chjimes, Supreme Court, Victoria Theatre & Victoria Concert Hall.

TRENDING:  5 Gerai di Singapura Buat Pecinta Gaya Vintage

CHIJMES malam hari. Foto: Dok. Wikimedia-William Cho

Raffles Marina Lighthouse

Jalur sepeda ini cocok bagi yang bersepeda dengan pasangan, karena akan menemukan suasana romantis  dengan pemandangan langit senja, lampu pelabuhan, dan mercusuar. Mulailah perjalanan dari West Coast Park dan menelusuri jalur sepeda menuju Raffles Marina Lighthouse, mercusuar dengan tinggi 12 meter.

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles