Now Reading:

John Nielsen: Hotel Kami Lebih Holistik


Mungkin tidak banyak resor di Bali yang memutuskan untuk tetap beroperasi di masa pandemi. Namun Fivelements Retreat di Ubud mengambil langkah berbeda. Di bawah komando General Manager John Nielsen, resor terpencil berbasis wellness ini memutuskan untuk tetap beroperasi. Tentu saja bukan keputusan yang mudah!

Kami berbincang dengan John Nielsen dari soal tantangan di masa pandemi hingga filosofi wellness yang dikembangkan di Fivelements Retreat.

Sebelum bergabung di Fivelements Retreat, Anda pernah bergabung di beberapa hotel terkenal. Menurut Anda, apa yang membuat Fivelements Retreat begitu istimewa dibanding lainnya?
Ini adalah kombinasi dari lokasi sakral yang istimewa dan masyarakat Bali itu sendiri. Para penggagas hotel ini telah menyiapkan konsep khusus yang terkait dengan Tri Hita Karana atau tiga alasan untuk kemakmuran. Prinsip dan panduan yang ada dikembangkan di sini memberi saya arah yang jelas dan selaras dengan tradisi Bali.

Alih-alih hanya menjadi hotel, kami beroperasi dengan filosofi lebih dalam lebih holistik sesuai dengan apa yang dianut dan diyakini oleh para staf di sini. Beberapa staf kami berasal dari desa sekitar, dimana kami juga mendapatkan beberapa produk, tekstil dan termasuk beberapa diantaranya yang merupakan keturunan para pakar penyembuhan tradisional Bali.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Fivelements Retreats (@fivelementsretreats)

Industri wellness sangat diminati saat ini. Menurut Anda, apa yang dibutuhkan sebuah akomodasi untuk bisa dikatakan sebagai akomodasi wellness?
Kata “wellness” sendiri perlu dilihat sebagai istilah holistik yang artinya sebuah hotel bila ingin menggunakan kata “wellness” untuk sarana pemasarannya, maka ia harus menggunakan pendekatan holistik. Di Fivelements Retreat, fokus kami adalah merancang strategi, produk dan layanan kebugaran yang punya dampak maksimal.

TRENDING:  Koast, Suaka Baru Para Foodie di Bali

Kami punya pendekatan integratif untuk penyembuhan dengan bahan organik dan kesehatan holistik yang memastikan bahwa fisik, emosional dan spiritual tamu kami terpenuhi dengan baik sesuai dengan kebutuhan mereka.

 

Apa pendapat Anda tentang tren industri wellness di Indonesia? Apakah saat ini wellness sudah menjadi tren gaya hidup?
Menurut laporan Euromonitor pada 2019 industri wellness di Indonesia berkembang sangat pesat dikarenakan faktor pertumbuhan populasi, urbanisasi dan peningkatan pendapatan. Negara ini punya begitu banyak destinasi yang luar biuasa yang ditawarkan dan generasi terkini jelas mencari tren kesehatan dan menjadikan kebugaran sebagai gaya hidup sehat mereka.

Pandemi telah menyoroti kebutuhan masyarakat untuk bugar dan sehat, tak hanya fisik tapi juga mental. Sehingga sangat menarik untuk melihat perkembangan industri ini di tahun-tahun mendatang.

 

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Fivelements Retreats (@fivelementsretreats)

Industri hospitality sangat terpukul dengan adanya pandemi. Sebagai General Manager, bagaimana Anda melihat peluang untuk keluar dari masa sulit ini?
Sejak awal kami mengambil keputusan untuk tetap buka meskipun jumlah pengunjung turun drastis. Namun dengan 90 persen staf kami adalah warga desa sekitar, rasanya tetap buka adalah salah satu cara terbaik untuk mendukung masyarakat setempat.

Kami juga merancang paket khusus yang secara eksklusif dibuat untuk orang-orang yang mencari retret kesehatan di masa seperti ini, atau mereka yang ingin mengasingkan diri – dengan protokol kesehatan yang ketat, tentunya. Kami juga bergabung dengan perusahaan perjalanan terkemuka, Regenerative Travel dan resor di seluruh dunia yang berpikiran sama dengan kami dengan menawarkan paket “book now, travel later.”

Saya percaya ada banyak peluang pada retret yang berbasis wellness seperti kami, karena orang akan terus mencari akomodasi butik dengan sentuhan pribadi.

TRENDING:  Liburan Sambil Belanja di Ubud Artisan Market

 

Fivelements Retreat Bali telah memenangkan banyak penghargaan di Haute Grandeur Global Excellence Awards 2020. Dengan pencapaian ini, apa rencana Anda selanjutnya untuk Fivelements Retreat Bali?
Memenangkan penghargaan adalah penghargaan besar pertama dan terpenting bagi tim kami dalam memberikan pengalaman transformasional yang berkesan dan bermakna bagi para tamu kami. Pengakuan ini juga membantu meningkatkan reputasi dan kredibilitas merek kami dan memberi kami kesempatan untuk mengembangkannya di tempat lain seperti yang telah kami lakukan di Hong Kong dengan pembukaan Fivelements Habitat, suaka kesehatan ala perkotaan. Kami memiliki sejumlah peluang dan sedang dalam diskusi aktif dengan mitra potensial untuk membawa Fivelements ke tempat baru.

 

Program kesehatan seperti apa yang ditawarkan oleh Fivelements Retreat Bali saat ini?
Fivelemets Retrat memadukan penyembuhan tradisional dengan konsep inovatif dan terapi yang terinspirasi dari Bali yang mendorong para tamu untuk menyembuhkan pikiran, tubuh dan jiwa mereka. Kami melakukan banyak pendekatan termasuk dengan program peremajaan yang dipersonalisasi, retret detoks, penyembuhan holistik dan petualangan kuliner nabati.

Para tamu di Fivelements Retreat biasanya melakukan yoga pagi setiap hari di Mandala Agung kami yang menakjubkan, berolahraga di gym butik baru kami atau hanya bersantai di tepi kolam renang setelah perawatan tradisional di pemandian Riverstone yang ikonik, dan memanjakan diri dengan berbagai pilihan program penyembuhan, dan menikmati makanan nabati bergizi di Sakti Dining Room.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Fivelements Retreats (@fivelementsretreats)

Selain itu, jika hampir bulan purnama, para tamu juga dapat berpartisipasi dalam Agni Hotra atau upacara suci pemberkatan api untuk mempersembahkan pikiran negatif dan emosi yang tidak diinginkan ke dalam api untuk memberi ruang bagi niat baru yang positif.

Program kami dapat disesuaikan untuk individu dan kelompok, dan kami baru-baru ini meluncurkan Executive Retreats baru kami yang ditargetkan untuk membantu tim menemukan bagaimana mereka dapat bekerja bersama secara efisien sambil belajar tentang budaya dan makanan, serta mengalami cara berbeda dimana kinerja berasal dari penguasaan tubuh, energi dan pikiran untuk hasil dan inspirasi yang lebih baik.

 

TRENDING:  Chef Tantra: Mau Sehat? Beralih ke Plant-Based Food

Jika ada kesempatan untuk membuka Fivelements Retreat di Indonesia selain di Bali, daerah atau wilayah mana yang menurut Anda paling cocok?
Bali akan selalu menjadi rumah spiritual dari merek Fivelements dan semangat Bali akan bertahan pada pendekatan Fivelements, baik itu terapi, atau bahkan arsitektur. Saya percaya daerah Flores memiliki beberapa peluang bagus. Sementara pembangunan di Flores telah dimulai secara bertahap, aksesibilitas tetap menjadi sedikit tantangan sehingga mungkin bandara internasional akan membantu.

Namun, pertumbuhan dan perkembangan ekonomi harus dikelola dengan sangat hati-hati untuk memastikan kelestarian kawasan yang indah dengan satwa liar yang menakjubkan, danau vulkanik alami, dan budaya lokal yang membuatnya begitu istimewa.

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles