Now Reading:

John T.G Nielsen: Makan Sehat Saja Tak Cukup, Hidup Harus Seimbang


John T.G Nielsen – Tak banyak resor di Bali yang berkomitmen untuk berfokus pada kesehatan dan kebugaran holistik sebagai pengalaman menginapnya, seperti Fivelements Retreats Ubud.

John T.G Nielsen, General Manager dan Penasihat Nutrisi Fivelements Retreats Bali berbagi kisahnya dalam merefelksikan gaya hidup sehat.

Menerapkan konsep holistik pada resor yang dipimpinnya, John meyakini bahwa memiliki gaya hidup seimbang akan meningkatkan banyak aspek kehidupan seseorang. Makan dengan baik dan sehat dengan keseimbangan makanan utuh dan persentase sayuran yang lebih tinggi serta minum alkohol dalam jumlah terbatas akan memberikan manfaat jangka panjang yang sangat baik bagi kesehatan dan kesejahteraan pribadi.

 

“Biarkan makanan menjadi obatmu dan biarkan obatmu menjadi makanan”

Hippocrates

Menurut John, apa yang diucapkan Hippocrates mengungkap banyak hal tentang bagaimana pola makan yang seimbang dan sehat dapat memberikan banyak efek positif pada kehidupan kita. 

john t g nielsen

Foto: Dok. Fivelements Retreat

“Mengubah pola makan anda dengan asupan makanan yang sarat antioksidan (teh hijau, coklat hitam, plum) dan polifenol (beri, zaitun, kacang-kacangan) dan mengurangi makanan olahan dapat memainkan peran positif dalam memulai perjalanan, namun sama pentingnya adalah kemampuan utama untuk bergerak dan latihan yang teratur,” jelas John.

Ya, selain makanan sehat, bergerak juga perlu dilakukan. Jadi, makan sehat saja tak cukup.

TRENDING:  RAKxa Tawarkan Medical Retreat dengan Program YOUR DNA

Pola Makan Hidup

“Ms Julie Bach, pendiri Wellness Four Cancer  https://w4cancer.com/  menjelaskan bahwa hanya dengan aktif selama minimal 22 menit per hari “anda menekan sel kanker” yang menyebabkan banyak kerugian dan kerusakan,” terang John.

Makanan hidup,  atau sering disebut makanan nabati, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. John berbagi kisah tentang seorang chef senior di Fivelements Retreats Bali yang punya kisah pribadi ketika istrinya terdiagnosa kanker payudara. Chef ini mulai memberikan diet yang utamanya makanan nabati dengan hanya sedikit ikan dan daging putih

Dalam periode enam bulan ia melihat banyak perubahan positif, dan setelah 12 bulan dokter memberi tahu pasangan itu bahwa istrinya telah memenangkan pertarungan. “Hari ini istrinya melanjutkan dietnya dan sudah sembuh total,” terang John.

Pola makan nabati mencakup buah-buahan, seperti blueberry, stroberi, kangkung dan bayam, almond dan kenari, minyak zaitun, tomat, dan biji-bijian.

“Tidak perlu menjadi seorang vegan, selain jika memang preferensi pribadi, namun memiliki rasio 75% nabati dan 25% ikan atau daging berkualitas tinggi akan sangat membantu Anda.”

Ikan seperti salmon dan sarden telah menunjukkan banyak manfaat untuk membantu kesehatan secara umum. “Ketika membeli makanan, carilah makanan yang bersumber lokal yang mendukung perekonomian lokal, dan sering kali ditanam dengan penuh cinta dan dedikasi. Dalam banyak kasus juga di tanam dengan menggunakan filosofi organik,” kata John.

john t g nielsen

Foto: Dok. Fivelements Retreat

“Usahakan untuk menghindari makanan tinggi gula dan makanan olahan yang mengandung karbohidrat olahan, seperti kue kering, gorengan, dan daging olahan,” lanjutnya.

TRENDING:  Meditasi dengan Menatap Lilin, Apa Manfaatnya?

Selain Makanan Sehat, Olahraga itu Wajib

Ada banyak sekali penelitian yang menunjukkan efek positif dari olahraga teratur dan apa yang dapat dicegahnya, termasuk diabetes tipe dua dan obesitas. Kabar baiknya, tidak ada kata terlambat untuk mulai dan ada banyak cara untuk memulai prosesnya.

Pepatah lama yang mengatakan “makan seperti raja atau ratu saat sarapan, seperti pangeran atau putri saat makan siang siang, dan makan malam seperti orang miskin”, tetap relevan untuk diterapkan.

“Kita semua cenderung duduk setelah makan malam, alih-alih ajak anjing atau pasangan anda jalan-jalan selama 30 menit di sekitar taman dan metabolisme anda akan bekerja,” kata John.

john t g nielsen

Foto: Dok. Fivelements Retreat

Aktivitas rutin atau olahraga teratur dapat mencegah atau menunda banyak masalah kesehatan. “Setidaknya 150 menit seminggu (misalnya, 30 menit sehari, 5 hari seminggu) dengan aktivitas  sedang seperti jalan cepat atau jika Anda lebih menyukai aktivitas dengan intensitas lebih berat seperti hiking, jogging atau berenang. Bergabunglah dengan studio yoga atau gym dan ikuti kelas dimana anda akan bertemu teman-teman yang berpikiran sama,” terang John.

TRENDING:  Bakar Lemak dengan Pilates di Akhir Pekan ini, Pencerahan dari OCTAVE Institute

“Menemukan keseimbanagan yang baik akan memberi Anda banyak manfaat dan kegembiraan. Anda akan melihat perubahan bertahap dan sering kali merasa lebih baik tentang diri Anda sendiri. Anda masih bisa minum kopi bersama teman-teman, tapi mungkin mengurangi kue lezat atau croissant almond, dan makan apel sebagai gantinya!. Berjalanlah ke kafe atau bahkan mencoba bersepeda. Seperti semua hal dalam hidup, ini adalah keseimbangan dan memulai prosesnya adalah cara terbaik untuk maju,” saran John.

John T.G Nielsen juga menyarankan untuk menengok laman World Wellness Weekend yang rutin diperingati tiap September. “Anda akan segera mendapatkan banyak hal positif,” terangnya.

“Kesehatan tidak dimaksudkan sebagai sebuah tugas, tetapi sesuatu yang menyenangkan dan bertahan lama,” tutup John.

POPULAR

Share This Articles
Input your search keywords and press Enter.