Now Reading:

Chef Tantra: Mau Sehat? Beralih ke Plant-Based Food


Akomodasi tak sekadar tempat untuk bermalam. Di Fivelements Retreat, pengalaman menginap diubah menjadi pengalaman untuk perubahan hidup yang lebih sehat. Melalui konsep wellness yang diterapkan dalam banyak elemen, resor yang dipimpin oleh General Manager John Nielsen ini adalah rumah bagi siapapun yang ingin menyepi dari rutinitas, membugarkan diri, sekaligus mendekatkan diri pada pola hidup yang lebih sehat.

Kuliner adalah salah satu wujud konsep wellness yang diterapkan di sini. Untuk itu kami berbincang dengan I Made Tantra Wijaya atau yang dikenal dengan Chef Tantra, perihal makanan berbasis nabati yang menjadi salah satu ikon dari tempat ini.


Chef Tantra dari Fivelements Retreat Ubud. (Foto: Fivelements Retreat)


Apa yang sebenarnya dimaksud dengan plant-based? Apa bedanya dengan vegetarian dan vegan?

Plant-based food adalah makanan yang 100 persen berbahan dasar tumbuh-tumbuhan seperti kacang-kacangan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan. sedangkan vegetarian sebetulnya sama dengan plant based food, tapi mereka masih  makan dairy  product, dan ada juga yang  makan telor  dan ikan. Tergantung jenis vegetarian yang disukai. Vegan adalah orang yang hanya makan makanan dari tumbuh-tumbuhan saja.

TRENDING:  Café Del Mar Bali Kenalkan Restoran Fine-Dining Terbarunya

 

Apa saja tantangan dalam membuat dan mempromosikan makanan plant-based?

Sebenarnya tidak ada  tantangan  dalam  membuatnya apabila kita sudah punya dasar teknik membuat plant-based food. Dalam hal  mempromosikan plant-based food,  kita harus tahu benefit dari makanan tersebut. Mengapa kita harus makan  plant-based. Jadi apabila  mereka sudah  tahu manfaat dari makanan plant-based yang sangat berguna untuk  menunjang kesehatan,  mereka akan mencoba.

 

Apakah ada prinsip atau pakem tertentu dalam membuat makanan plant-based?

Tidak ada.

 

Di Fivelements Retreat, menu apa yang menjadi kesukaan tamu? Apakah ada menu andalan untuk mencegah Covid-19?

Selera masing-masing orang tidak bisa dipaksakan. Yang dibilang enak oleh si A, belum tentu cocok untuk si B.

Sekarang kita harus membiasakan diri. Janganlah selalu makan apa yang kita suka, tapi makanlah makanan yang berguna untuk kesehatan tubuh kita.

Chef Tantra

Di Fivelements Retreat kita banyak punya menu andalan seperti Vegie Burger,  Chick  Pea  Cassava Flat Bread, Curry Laksa, Nori Roll, Green Juice, Green Smoothie, dan lain sebagainya. Ini semua sebetulnya juga baik untuk mencegah  Covid-19, sebab plant-based food  banyak mengandung antioksidan, vitamin dan mineral, serta  life enzim. Bila tubuh kita cukup dengan antioksidan, kita  akan sehat.  Antioksidan dapat mengeluarkan radikal bebas dalam tubuh. Jadi apabila tubuh kita bebas dari radikal bebas, sudah tentu kita akan sehat.

TRENDING:  5 Destinasi Wisata di Bali Utara, Menenangkan dan Menawan


Fivelements Retreat memiliki banyak program kebugaran dan penyembuhan. Apakah ada menu khusus yang disiapkan sesuai dengan program kebugaran yang dijalankan tamu?

Menu khusus kita tidak punya, tapi untuk tamu yang habis yoga atau yg melakukan colonic therapy, kita sediakan  makanan yang  ringan dan mudah  dicerna  sebelum mulai makan makanan yang lebih padat.

 

Untuk orang yang baru memulai pola makan sehat dengan plant-based, apakah ada saran khusus?

Sebetulnya tidak ada. Hanya saja sebaiknya mulai dulu dengan sedikit-sedikit, dan makin lama setelah terasa  manfaat nya, kita akan merasa  ketagihan. Tergantung juga dengan komitmen  seseorang.  Yang jelas kalau kita ingin kesehatan  yang optimal, ubahlah  pola makan kita ke plant-based food.

 

TRENDING:  Beckaly Franks: Bar adalah Bagian dari DNA Saya

Sebagai seorang chef, apakah menurut Anda makanan plant-based akan menjadi tren?

Seiring berjalannya waktu dan semakin banyak orang yang berpikir tentang kesehatan, saya rasa akan menjadi tren. Terbukti dengan semakin banyaknya restoran yang menyediakan plant-based food.

 

Terakhir, apakah dalam waktu dekat ini ada promo F&B tertentu di Fivelements Retreat?

Dalam waktu dekat ini belum ada, tapi kita selalu membuka kesempatan untuk mengikuti kegiatan plant-based food culinary.

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles