Now Reading:

Ini 4 Makanan Jepang untuk Setiap Musim, Wajib Coba!


Jepang mempunyai empat musim yang khas, yakni musim panas, semi, gugur, dan dingin. Setiap musim diwarnai karakteristik yang tertanam dalam keseharian masyarakat Jepang, termasuk bidang kuliner. Iklim yang berubah-ubah membuat bahan makanan tertentu hanya dapat dinikmati dalam waktu singkat.

Nah, apa saja makanan Jepang yang menjadi simbol untuk setiap musim? Ketahui lebih lanjut lewat ulasan berikut!

1. Unagi, Santapan Gurih dan Berkhasiat di Musim Panas

Hari-hari yang panas di Jepang, terutama di akhir bulan Juli, memang paling cocok ditemani dengan unagi. Hidangan ini merupakan belut air tawar yang biasanya dimasak dengan cara kabayaki alias dibakar dengan olesan bumbu gurih. Makan unagi sudah menjadi bagian dari budaya Jepang sejak zaman dahulu kala. Terlebih, kuliner ini dipercaya memiliki khasiat untuk stamina dan membantu tubuh melawan suhu musim panas.

Unagi (Foto: IG @yuponta.2017)


2. Sakuramochi, Kudapan Manis Khas Musim Semi

Musim semi memang selalu identik dengan sakura. Tak heran, ada banyak hidangan berkonsep bunga ini saat musim semi tiba. Sebut saja sakuramochi, kudapan yang terbuat dari adonan tepung beras, berisi pasta kacang merah atau anko, dan dibalut dengan daun sakura yang sudah diasinkan. Perpaduan rasa manis dan asin setiap kali menggigit sakuramochi akan membawa sensasi musim semi di lidah Anda.

Sakuramochi (Foto: IG @sacresucre24)

3. Kuri Manju, Camilan Empuk Ala Musim Gugur

Selanjutnya, Anda wajib mencoba kuri manju, camilan yang berkaitan erat dengan musim gugur. Kudapan ini menjadikan kuri atau kastanya sebagai poin utama. Kastanya diolah sampai berbentuk pasta, lalu dibalut dengan adonan pastri.

TRENDING:  Mengenal Hokusai, si Pelukis 'Ombak Besar Kanagawa'

Kuri manju biasa dimasak dengan cara dikukus, dipanggang, atau bahkan digoreng. Rasa manis dan gurih kuri menyatu dengan kelembutan pastri, membuat Anda tidak ingin berhenti dalam satu gigitan saja!

Kari manju (Foto: IG @cotta-corecle)


4. Nabemono, Hangatkan Suasana di Musim Dingin

Ketika musim dingin tiba, makanan Jepang yang klasik ini tidak boleh sampai dilewatkan. Nabemono, atau yang juga disebut sebagai nabe, secara harfiah merupakan “hot pot” alias hidangan dari berbagai bahan yang langsung direbus dalam panci tanpa memindahkannya ke piring. Beragam komposisi di dalamnya membuat kuah nabemono kaya akan cita rasa.

TRENDING:  5 Sepatu Sneakers Paling Populer di Jepang

Mengapa kuliner ini sangat populer di Jepang? Selain mampu menghangatkan tubuh kala musim dingin, nabe merepresentasikan suasana bahagia dan mampu membuat seseorang merasa relaks sembari menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman-teman.

Ada bermacam-macam nabe yang bisa Anda santap. Misalnya, yosenabe yang resepnya berbeda-beda di setiap daerah, oden atau nabe berkuah kecap dan dashi, serta sukiyaki nan kaya akan daging.

Nabemono (Foto: IG @comerjapones)

Itulah 4 makanan Jepang untuk setiap musim yang unik dan wajib dicoba. Tampak menggugah selera, bukan? Di antara pilihan kuliner lezat di atas, manakah yang ingin Anda cicipi terlebih dahulu? Tuliskan jawabannya di kolom komentar!

TRENDING:  Siap Sambut Tamu, ini Kemewahan ROKU Kyoto

Featured Image by Juan Emilio López Gallardo from Pixabay

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles