Now Reading:

Resmi Diluncurkan: Pusaka Rasa Nusantara, Buku Pelestari Kuliner Indonesia

Klook.com

Pusaka Rasa Nusantara – @America di Pacific Place Mall, Jakarta Selatan, menjadi saksi peluncuran resmi buku “Pusaka Rasa Nusantara” oleh Proyek Pusaka Rasa Nusantara, sebuah inisiatif yang didukung oleh Pemerintah Amerika Serikat melalui program Ambassadors Fund for Cultural Preservation.

Ambassadors Fund for Cultural Preservation (AFCP) merupakan program hibah internasional dari Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat yang bertujuan untuk melestarikan situs arkeologi, bangunan bersejarah, koleksi museum, serta berbagai bentuk ekspresi budaya, termasuk bahasa dan karya seni. Amerika dan Indonesia, dua negara yang kaya akan tradisi budaya yang beragam, kini bersinergi dalam sebuah proyek unik yang untuk pertama kalinya dalam sejarah AFCP, berfokus pada pelestarian warisan kuliner dan tradisi makanan. Melalui riset mendalam, eksplorasi lapangan, serta dokumentasi dalam bentuk buku dan video, proyek ini berhasil menyatukan sejarah kuliner yang sarat nilai budaya dan berkontribusi terhadap keberlangsungan lingkungan.

pusaka rasa nusantara

Peluncuran buku “Pusaka Rasa Nusantara” di @america, Rabu, 31 Juli 2024 (Foto: Yudasmoro Minasiani)

Penelitian yang Mendalam

“Pusaka Rasa Nusantara” adalah hasil dari proyek selama lebih dari dua tahun, dari 2021 hingga 2024. Tim Pusaka Rasa Nusantara melakukan penelitian mendalam, ekspedisi ke berbagai daerah di Indonesia, mencatat resep-resep tradisional, mewawancarai budayawan, serta berdiskusi dengan pemerintah dan media lokal untuk mendokumentasikan kekayaan kuliner Indonesia.

Buku ini terdiri dari empat jilid yang merangkum perjalanan panjang proyek ini. Dari sejarah dan budaya gastronomi lokal di seluruh Indonesia, bahan-bahan makanan unik dari setiap daerah, teknik memasak dengan kearifan lokal, hingga resep-resep tradisional yang berhasil didokumentasikan selama proyek berlangsung.

“Riset kami menemukan banyak hal menarik di balik resep-resep tradisional makanan Indonesia. Itu sebabnya ini penting untuk diketahui oleh generasi yang lebih muda,” terang Meilati Batubara, Team Leader dan Pusaka Rasa Nusantara.

pusaka rasa nusantara

Aktivitas tim Pusaka Rasa Nusantara (Foto: Dok. Pusaka Rasa Nusantara)

Meilati juga menyampaikan fakta bahwa banyak dari resep-resep tradisional ini yang kemudian hilang begitu saja karena tidak diwariskan dan tidak ada yang tertarik mempelajarinya. “Yang muda tidak mau belajar, yang tua juga tidak mewariskannya. Jadi ketika mereka sudah tidak ada, resepnya juga ikut hilang,” tambah Meilati.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk perwakilan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, perwakilan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, jajaran pembina dan pengurus Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, serta seniman dan pegiat budaya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memandang proyek ini sebagai langkah penting dalam upaya pelestarian budaya di Indonesia, mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam mewujudkan proyek ini.

Peluncuran buku ini bukan hanya perayaan keberhasilan proyek Pusaka Rasa Nusantara, tetapi juga menjadi momentum penting untuk membangun jembatan budaya antara berbagai pihak, serta memperkaya dan mempromosikan kekayaan kuliner Indonesia kepada dunia. Peluncuran ini menandai puncak dari proyek Pusaka Rasa Nusantara, sekaligus awal dari upaya terus menerus dalam melestarikan dan memperkenalkan budaya kuliner Indonesia ke panggung internasional.

POPULAR

Share This Articles
Klook.com