Now Reading:

Selebrasi Kuliner Nusantara di PA.SO.LA Jakarta


Rasanya kita harus mengucapkan terima kasih pada PA.SO.LA. Restoran yang berlokasi di lantai 6 The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place ini menegaskan kekayaan kuliner Indonesia melalui menu-menu atraktifnya yang bertajuk “Unraveling Indonesia”. Dari namanya saja sudah bisa terbayang bagaimana kekayaan boga Indonesia akan diurai dalam berbagai sajian menu. Unraveling Indonesia sendiri bisa dinikmati dalam bentuk sajian a la carte untuk makan siang dan makan malam serta sajian prasmanan.

Jauh diatas soal rasa, Executive Chef Sean Macdougall membawa PA.SO.LA untuk melandaskan kreasi menunya pada penghargaannya untuk keragaman Indonesia yang terdiri dari 17.500 pulau, populasi 270 juta dengan 1.300 etnis dan lebih dari 700 bahasa daerah yang digunakan.

Bahan makanan Indonesia sebagai inspirasi menu-menu di PA.SO.LA Jakarta (Foto: PA.SO.LA Jakarta)

Tujuan kami adalah untuk mengungkap berbagai lapisan makanan Indonesia. Rasa, bahan baku, bumbu, tekstur, teknik, dan seluk-beluk masakan indah ini yang tidak ada habisnya.


Executive Chef Sean Macdougall
Executive Chef Sean Mcdougall

Merayakan Kekayaan Kuliner Indonesia

Unraveling Indonesia menghadirkan menu a la carte makan siang dan makan malam, seperti Bumbu Rujak Donut, Soto Sumsum, Whole Barramundi Saus Andaliman, Asam Padeh Bowl dan Sizzling Plate Balado Flavour-aged Kiwami Wagyu Sirloin dan Harvey Black Label Wet Aged Sirloin. Pengunjung juga dapat menikmati PA.SO.LA Cemilan Platter, yaitu pilihan makanan ringan khas Indonesia sehari-hari untuk bersiap menyantap makanan yang akan datang selanjutnya.

TRENDING:  5 Sajian Manis Ala Timur Tengah Buat Buka Puasa

Para tamu yang memilih lunch buffet dapat menikmati Buntut Station dengan empat cara persiapan yang berbeda, Indonesian Carving Station dengan berbagai menu favorit seperti Ikan Bakar Bumbu Rujak, Sei-style Smoked Peppered Beef Brisket dan Ayam Rica-Rica; dan troli sambal serta kerupuk di mana sambal segar disiapkan di sisi meja.

Salah satu yang menjadi favorit adalah Bumbu Rujak Beef Brisket Doughnut. Dari namanya, menu ini memadukan makanan kasual ala Barat yaitu doughnut dengan sentuhan bumbu rujak yang kental dengan rasa lokal. Presentasinya sederhana, namun bumbu rujak terasa begitu kuat sehingga mengingatkan kita akan resep rumahan yang begitu nyaman di lidah.

Bumbu Rujak Beef Brisket Doughnut. (Foto: Yudasmoro)


Selanjutnya menu Soto Sumsum juga layak untuk dicicipi. Disajikan dengan memadukan puff pastry yang dipanggang dengan soto Betawi dan tulang sumsum lengkap dengan lemaknya yang khas, menu ini menghadirkan keasyikan tersendiri saat menyantapnya. Bagaimana tidak, dari tampilannya saja begitu instagenik dengan presentasi mirip zuppa soup dan potongan tulang besar di tengahnya. Menikmati soto Betawi yang ada di balik puff pastry memang nikmat, namun perhatian akan terfokus pada “misi mencari sumsum” yang ada di dalam tulang. 

Soto Sumsum (Foto: Yudasmoro)


Menyegarkan Diri dengan Cocktail Archipelago

Tim bartender PA.SO.LA juga telah merancang menu koktail baru, yaitu Cocktail Archipelago yang merupakan koktail klasik dengan sentuhan modern dan dibuat menggunakan kekayaan bahan-bahan dari seluruh Indonesia. Beberapa favorit termasuk: Andali-Man yang dibuat dengan reposado tequila, Andaliman pepper infused vermouth, sirup elderflower, dan kulit lemon; dan The Pelawan yang terdiri dari Pelawan Mushroom infused rye whisky, sweet vermouth, maraschino liqueur, Angostura bitters dan diakhiri dengan sentuhan bubble yang berisi asap dari penyedap rasanya.

The Pelawan Cocktail (Foto: Yudasmoro)

“Tim bar kami berfokus untuk mengidentifikasi bahan-bahan endemik Indonesia yang tidak umum digunakan dalam pembuatan koktail, dan menggunakannya untuk memperbarui beberapa bahan klasik. Koktail yang dihasilkan unik dan familiar di saat yang bersamaan,” kata Melih Eker, Director of Food & Beverage saat sesi Media Gathering pada Rabu, 3 November 2021 di PA.SO.LA Jakarta.

Cocktail Cart (Foto: PA.SO.LA Jakarta)


The Pelawan sendiri memberikan sensasi berbeda dari koktail pada umumnya. Ada sentuhan rasa manis, namun diperkaya dengan aroma jamur yang sedikit tak lazim namun justru memberikan kejutan. Meskipuun highlight-nya berupa ramuan jamur pelawan yang tergolong langka dan dianggap sebagai truffle-nya Indonesia, namun yang tak kalah memikat adalah presentasi cerdas berupa bubble berukuran besar yang ditambahkan di atas koktail.

TRENDING:  6 Skill Wajib untuk Beraksi ala Masterchef

Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi, tamu dapat menghubungi (021) 2550 1993, email ke pasola.jakarta@ritzcarlton.com, atau kunjungi www.ritzcarltonpacificplace.com.

Facebook Comments Box

POPULAR

Share This Articles